Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KukuhferlandaAvatar border
TS
Kukuhferlanda
4 Solusi Ala Rizal Ramli Untuk Tekan Laju Covid-19

Sumber gambar : Bisnis.com


Bisnis, JAKARTA- Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli menilai proyeksi pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati itu hanya ilusi yang sulit dipercaya.
 
“Diramalkan sampai 4,5 persen. Kalau ngibul jangan keterlaluanlah. Paling tumbuh 3 persen. Dan pertumbuhan 3 persen itu tidak cukup, karena pengangguran akan lebih banyak. Kita harus tumbuh 7 persen supaya tenaga kerja baru mendapat pekerjaan,” kata Rizal Ramli dalam keterangan pers, Jumat (9/7/2021).

Angka itu dinilainya merupakan proyeksi pertumbuhan moderat. Sementara, apabila keadaan memburuk, pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua akan mencapai 3,7 persen. Perekonomian Indonesia sepanjang 2021 itu diproyeksikan akan seperti kurva W. Setelah anjlok akan mengalami kenaikan sedikit, lalu anjlok lagi dan bisa jadi lebih dalam. Rizal Ramli juga menyayangkan strategi pemerintah yang tidak jelas. Dia pun memaparkan empat solusi untuk menekan lajunya Covid-19.

Pertama, pemerintah perlu mengambil langkah lebih tegas, yakni, lockdown selama satu bulan. Sepanjang masa pemberlakuan lockdown, pemerintah harus menjamin makanan dan obat-obatan bagi rakyat. Itu yang terjadi di negara-negara lain yang berhasil mengendalikan Covid-19.

Kedua, pemerintah juga perlu meningkatkan vaksinasi sebanyak tiga kali dari yang saat ini telah dilakukan.

Ketiga, mengalihfungsikan gedung DPR dan DPRD sebagai tempat perawatan warga yang terinfeksi Covid-19, mengingat ruang perawatan di semua rumah sakit sangat terbatas. Kalau-pun menggunakan hotel untuk isolasi mandiri pasien, biayanya juga sangat mahal.
Daripada gedung dipakai anggota Dewan yang suka tidur dan menjadi yes-man, lebih baik digunakan untuk ruang perawatan pasien Covid-19. Kalau anggota dewan ingin rapat,kan bisa menggunakan aplikasi teleconfrence, seperti Zoom atau Google Meet.

Dan terakhir, kepemimpinan yang tegas dan terarah menjadi salah satu faktor penting dalam perang melawan Covid-19. Ini bisa dilihat dengan membandingkan situasi Amerika Serikat di era Donald Trump dan di era Joe Biden saat ini.

Ketika Trump berkuasa kasus Covid-19 sangat memprihatinkan. Tetapi setelah Biden berkuasa, dalam waktu lima bulan AS bisa menang melawan Covid-19. Kualitas pemimpin memang menentukan.




Diubah oleh Kukuhferlanda 09-07-2021 07:50
0
1.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan