Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

palapanusaAvatar border
TS
palapanusa
Kebudayaan Tambora, Pompei dari Timur yang Hilang Akibat Letusan Dahsyat.




Hello GanSis selamat akhir pekan, nah kali ini ane pengen nyampein info tepatnya dari negara kira Indonesia, dan semoga thread ane kali ini bermanfaat bagi GanSis yang baca ya dan juga bermanfaat buat ane sebagai TS thread ini. Mungkin GanSis sudah tidak asing dengan Gunung Tambora. Gunung Tambora yang merupakan gunung aktif yang di abad-19 terjadi letusan dahsyat yang letusannya ini merubah iklim dunia kala itu. Namun GanSis tahu tidak bahwa letusan Tambora ini bukan hanya mengubah iklim saja. Namun letusan gunung Tambora ini juga menghancurkan peradaban yang saat itu ada di sekitar area letusan yang tercatat dalam sejarah letusan terdahsyat di zamannya.


Sumber Gambar

GanSis Tambora merupakan sebuah desa dan kebudayaan yang hilang akibat letusan Gunung Tambora yang ada di pulau Sumbawa yang terkubur oleh abu vulkanik dan aliran piroklastik akibat dari letusan gunung Tambora di tahun 1815. Desa Tambora dalam sejarah tercatat memiliki 10.000 penduduk, para peniliti mencoba menggali kembali situ Tambora ini dan menemukan beberapa benda yang menunjukkan dulunya ada sebuah kebudayaan yang hilang akibat letusan gunung Tambora. Di tempat eskafasi penggalian situs kebudayaan Tambora ditemukan jambangan keramik, mangkuk, perunggu, botol gelas, rumah serta penduduk desa yang terkubur oleh abu letusan gunung Tambora, penduduk yang terkubur oleh abu vulkanik ini disebut para peneliti mirip dengan yang ada di pompei dan peneliti percaya disinalah terkubur situs kebudayaan Tambora yang hilang.

Nah GanSis peneliti yang meneliti situs kebudayaan Tambora ini yakin bahwa dahulu sebelum terjadi letusan gunung yang dahsyat situs Tambora pernah dikunjungi para pengelana barat, dan dipercaya kebudayaan Tambora dahulu telah berdagang dengan orang yang ada di Indochina, sebagai bukti yang konkrit para peneliti dikatakan menemukan tembikar yang sama dan sering ditemukan di Vietnam, serta bahasa mereka yang dipercaya menggunakan sebuah bahasa Papua dan bukan bahasa Austronesia.

Pada tahun 2004, tim dari Amerika dan Direktorat Vulkanologi Indonesia memulai penggalian di Gunung Tambora. Selama enam minggu, Tim penggalian menemukan bukti pertama kebudayaan yang hilang dan lenyap akibat letusan Tambora 1815. Situs kebudayaan ditemukan 25 kilometer dari barat kaldera gunung Tambora, yang letak situs ini jauh didalam hutan, dan 5 kilometer dari garis pantai yang saat itu Tim penggalian harus melakukan pemotongan deposit batu apung vulkanik abu setebal 3 meter.


Sumber Gambar

Tim peneliti juga menggunakan radar penembus tanah untuk menemukan rumah kecil yang terkubur disitus ini. Para peneliti juga menggali rumah yang mereka temukan dan menemukan kerangka manusia dewasa, mangkuk perunggu serta pot keramik, perkakas dan artefak lainnya. Peneliti yang meneukan situs ini memprediksi artefak yang ditemukan memiliki kemiripan dengan artefak yang ada di Vietnam dan Kamboja. Pengujian karbonasi dilakukan untuk memastikan tahun artefak tersebut terkubur yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menguji abu yang dibentuk oleh magma panas saat gunung Tambora meletus. Bahkan para peneliti menyebut bahwa situs kebudayaan Tambora yang ditemukan ini sebagai "Pompei dari Timur", dengan alasan ditemukan mayat yang sudah membatu akibat abu vulkanik letusan gunung Tambora.

Berdasarkan artefak yang ditemukan yang sebagian besar berupa perunggu, dan tembikar yang sama seperti yang ditemukan di Vietnam dan Kamboja para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang dari situs kebudayaan Tambora ini tidak miskin. Bukti ini juga diperkuat oleh beberapa catatan penjajah saat itu sebagai penghasil madu, kuda, kayu secang yang berfungsi sebagai pewarna merah dan cendana yang digunakan sebagai dupa dan obat-obatan serta merupakan daerah produktif pertanian di zaman Hindia Belanda.

Nah GanSis itu tadi sepenggal cerita mengenai sisi lain meletusnya Gunung Tambora yang kita tahu hanya saar meletus gunung ini mengubah iklim dunia hingga Napoleon gagal melakukan invasinya. Semoga dari sepenggal thread ane ini bisa menambah wawasan dan khazanah kita tentang bertapa kayanya dan hebatnya negeri kita saat itu, dan saatnya GanSis dan ane khususnya sebagai generasi muda mulai menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi yang sudah diturunkan oleh nenek moyang kita dahulu, ditengah derasnya arus modernisasi yang terjadi saat ini.

Baik ane TS mau ucapin terimakasih GanSis yang sudah mampir ke thread ane ini, sebelum berakhir jika berkenan GanSis bisa mampir ke thread ane yang lain Disini

Terimakasih Buat GanSis yang sudah mampir sampai jumpa di thread ane yang lain.


emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


Spoiler for SUMBER DAN REFERENSI:


Diubah oleh palapanusa 03-07-2021 06:11
emineminna
cheatbiadap
anton2019827
anton2019827 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan