masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tips Melatih Kreativitas dan Percaya Diri Anak dengan Cara Unik dan Menyenangkan
Kreativitas dapat diajarkan pada anak sedini mungkin, pastinya dengan cara yang unik dan menyenangkan


Mendidik anak-anak untuk disiplin dan kreatif tentu bukan perkara yang mudah GanSis.
Orang tua harus sabar dalam mengajarkan hal-hal yang baru dengan cara yang asik agar si anak tidak bosan, dan mau mengikuti perintah kita karena mereka merasa nyaman dengan apa yang kita ajarkan.

Tentu sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang tua saat melihat anaknya mampu melakukan dan mempelajari hal-hal baru, entah itu menghapal nama-nama hewan, membuat sebuah kerajinan tangan sederhana dari barang bekas, atau mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Beberapa kemampuan tersebut di atas tentu tidak datang atau dikuasai begitu saja ya GanSis, kita harus mengajarkannya dengan telaten agar mereka bisa menguasainya.

Ilmu dalam mengajari atau mendidik anak pastinya setiap orang tua memiliki cara yang berbeda GanSis, hal ini dikarenakan setiap anak juga memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga suatu treatment pembelajaran tidak semuanya dapat diterapkan pada seorang anak.




Nah kali ini ane akan berbagi beberapa tips melatih kreativitas anak dengan cara-cara sederhana yang biasa ane lakukan.
Agan dan Sista dapat menyimak dan menerapkannya jika memang tips dari ane ini cocok dengan karakter anak Agan dan Sista.

Apa saja tips-nya?
Cek di bawah!


1. Bermain Sambil Belajar

Tips yang pertama untuk mendidik anak agar kreatif adalah menerapkan sistem belajar sambil bermain GanSis.
Cara mendidik anak dengan cara ini sangat efisien dan terbukti bermanfaat bagi anak-anak, mereka akan lebih mudah memahami hal-hal baru dari permainan yang diberikan karena mereka menjalankannya dengan perasaan senang.

Adapun beberapa permainan yang dapat diberikan pada anak untuk melatih kreatifitasnya yaitu permainan menebak gambar hewan, menebak suara hewan, menggambar benda sekitar, dan beberapa jenis permainan yang membuat anak aktif berimajinasi.


2. Test Hapalan dengan Cara Tebak-tebakan

Mungkin sebagian anak sangat kesulitan untuk menghapal atau mengingat suatu pelajaran yang telah diberikan, nah untuk mengulas hapalan biasanya ane menggunakan sistem belajar tebak-tebakan GanSis.
Dengan cara ini anak akan terpacu untuk berpikir dan mengingat jawaban atas pertanyaan yang diberikan, apa lagi jika tebak-tebakan dilakukan secara bergantian oleh beberapa anak, maka semangat untuk menjawab lebih dulu juga menjadi pemicu anak lebih berani menjawab dan aktif berpikir.


3. Mengajarkan Percaya Diri dan Berani

Percaya diri dan berani adalah dua hal yang harus dimiliki oleh seorang anak agar mereka dapat melakukan kreativitas tanpa batas GanSis.
Jika anak kurang rasa percaya diri maka akan menjadi hambatan bagi mereka untuk berkreativitas, rasa takut untuk mencoba hal-hal baru inilah yang menjadi masalah besar.

Disinilah peran orang tua untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak benar-benar dibutuhkan, adapaun cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak yaitu dengan meyakinkan bahwa mereka bisa, kalau salah jangan langsung ditegur kesalahannya, ingatkan dengan lembut dan dibenarkan sebagaimana mestinya.


4. Meningkatkan Minat Baca

Meningkatkan minat baca pada anak juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kreativitaspada anak GanSis.
Ane memberikan buku-buku bacaan dengan gambar-gambar yang lucu dan beragam sehingga anak mau untuk membaca dan lama kelamaan menjadikan membaca buku sebagai hobi positif yang memiliki manfaat besar.

Dari membaca buku anak-anak akan semakin banyak tau hal yang baru, mereka juga akan kreatif dan paham bagaimana menyelesaikan masalah atau soal dengan cara cepat dan mudah.




Itulah tadi GanSis beberapa cara ane dalam meningkatkan kreativitas dan rasa disiplin pada anak.
Pastinya ane selalu berusaha membuat anak-anak selalu bahagia dalam belajar agar mereka dapat menangkap apa yang ane ajarkan GanSis.

Oke, mudah-mudahan tips dari ane ini bermanfaat dan dapat menambah referensi bagi Agan dan Sista dalam mendidik anak.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
Dokumen pribadi

anton2019827
rojabmaulana
Baarish
Baarish dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.7K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan