Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cangkir059Avatar border
TS
cangkir059
TAHU, ENGGAK? INILAH SEPULUH JAJANAN KHAS BANDUNG YANG LAGI HITS DI TAHUN 2021
Mantap dan murah! Awas ngiler, ya!



Kalau ngomongin makanan, tak akan ada habisnya. Memang, makanan itu hal yang paling utama dicari oleh orang-orang. Oleh karena itu, para ahli makanan berlomba-lomba untuk menciptakan jajanan yang murah, kreatif, dan enak. Jangan diragukan lagi sentra jajanan yang jenisnya baru suka bermunculan atau berawal dari kota Bandung.

Siapa yang tak tahu dengan kota Bandung? Kota Bandung juga sering disebut surga kuliner yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, dari pagi sampai pagi lagi masih banyak tersedia makanan yang bisa memanjakan lidah dan perut. Harus diketahui lagi! Jajanan khas Bandung itu lengkap, ada yang ringan dan berat. Tentu semua itu, sangat cocok untuk pemburu kuliner yang enak-enak dan murah.

Dalam artikel ini, diambil dari berbagai sumber akan memberikan informasi jajanan khas Bandung. Kira-kira apa saja, ya, jajanan khas Bandung yang sedang hitsdi tahun 2021?

1. Cibay



Cibay adalah aci ngambay(aci meleleh). Jajanan ini sedang hits sekali di daerah Jawa Barat. Harus diketahui juga, makanan ini terbuat dari bahan dasar aci yang diisi ayam, sosis, atau bahan lainnya. Kemudian, disajikan seperti lumpia goreng karena biasanya adonan aci itu suka dibungkus dengan kulit lumpia. Jajanan ini juga terasa unik karena ketika dimakan itu terasa renyah di luar, tetapi lumer di dalam dan kalau ditarik dalamnya akan terlihat seperti mozzallela.

2. Cimin



Cimin bisa diartikan aci mini atau aci micin karena dengan unsur kedua itulah pembuatannya. Makanan yang berbentuk aci bulat-bulat kecil lalu dimasukkan ke dalam cetakan dan ditambahkan telur. Setelahnya, dikasih bumbu sesuai selera ini masih menjadi primadona untuk kalangan anak-anak maupun dewasa. Tekstur kenyal dari aci yang didukung oleh telur ini sangat beda dari jajanan lain. Oleh karena itu, jajanan ini menjadi hitsdi tahun 2021.

3. Cilung



Cilung ini agak mirip dengan cilor yang sama-sama terbuat dari aci dan telor. Namun, tetap beda bisa dilihat dari artinya kalau cilung itu aci digulung. Jajanan ini juga dibuat dengan cara aci yang cair dimasukan ke dalam wajan lalu digulung menggunakan stik. Dan jajanan ini pun bisa ditemukan di sekitar sekolahan.

4. Cilok



Siapa yang tak tahu dengan jajanan satu ini? Jajanan yang terbuat dari aci terus dibentuk bulat ini masih menjadi salah satu favorit. Cilok atau aci dicolok di zaman sekarang ini, tidak hanya disajikan dengan sambal kacang saja. Namun, banyak sekali rasanya di zaman sekarang ini. Dan tentunya, isinya pun beragam ada yang daging, keju, telur, sosis, dan bahan lainnya.

5. Cilor



Cilor atau bisa disebut juga aci dan telor. Tak ada yang meragukan lagi kenikmatan jajanan satu ini. Makanan yang terbuat dari aci terus dibentuk bulat-bulat dan dibalut dengan telur ini sangat enak kalau dimasukkan ke dalam saus. Rasa makanan ini sungguh nikmat dan teksturnya kenyal banget. Mungkin, enggak akan ada yang menolak kenikmatan makanan ini.

6. Surabi



Tahu kan, surabi itu apa? Ya, makanan khas dari Bandung yang masih disukai sampai sekarang. Bahkan, surabi di zaman sekarang tak hanya dijual polos saja. Akan tetapi, banyak rasanya dimulai dari yang manis sampai yang asin pun ada. Makanan satu ini, tak hanya dari harganya saja yang murah. Namun, surabi pun sangat cocok untuk dijadikan sarapan ataupun dimakan pada waktu malam-malam.

7. Kue cubit



Kue yang imut ini disebut kue cubit karena prosesnya dicubit waktu pengangkatan kalau sudah matang itu. Dulu, jajanan ini mudah ditemukan di sekitaran sekolahan. Namun, kue cubit di zaman sekarang ini mudah ditemui karena banyak modifikasi dari rasanya. Contohnya saja, kue cubit greenteayang sedang hits sekarang ini. Oleh karena itu, kue cubit jadi naik pamor lagi di tahun 2021 dan banyak yang memburunya.

8. Seblak



Seblak ini sangat cocok bagi Anda yang suka pedas. Sebab, seblak identik dengan pedasnya yang hot. Memang, seblak ini sudah banyak yang menjual di luar kota Bandung. Akan tetapi, seblak asal Bandung itu kata orang-orang masih yang terenak. Dulu pun, seblak hanya dibuat di rumah masing-masing saja untuk cemilan yang terbuat dari bawang, kencur, cabe (yang sudah halus). Kemudian, dioseng-osengdan jangan lupa masukkan kerupuk yang sudah direndam air. Namun sekarang ini, banyak macamnya, yaitu seblak ceker, seblak pasta, seblak tulang, dan masih banyak yang lainnya.

9. Basreng



Basreng singkatan dari baso goreng. Baso yang bisa dibuat baso goreng itu biasanya dari baso ikan. Sekarang ini pun, ada yang basreng basah dan basreng kering. Tentu, dari kedua itu ada perbedaannya. Basreng basah itu teksturnya kenyal di dalam dan agak garing di luar, sedangkan basreng kering itu basonya digoreng hingga benar-benar kering seperti kerupuk. Namun, kedua macam itu masih enak kalau ditambahkan bumbu selera masing-masing.

10. Bandros



Bandros ini terbuat dari tepung dan kelapa parut saja. Namun, bandros ini tak kalah dari makanan yang lainnya. Zaman sekarang, bandros banyak varian rasanya dan itu pun yang menjadikan bandros naik daun lagi. Sekarang, bandros tak hanya varian rasa originalsaja, tetapi juga ada yang menjual bandros asin dan bandros manis. Tentu, ini menjadikan banyak pilihan bagi penikmat bandros untuk bisa dimakan.

Memang, kalau ditulis semua jajanan khas Bandung itu tak akan cukup dalam 1000 kata karena banyak yang enak-enak. Ini gambaran kecil saja jajanan khas Bandung yang sedang hits sekarang ini. Jadi, mana yang paling disukai dari Agan dan Sista? Surabi? Atau yang lainnya?

Sumber: Klik
Gambar: Google

Cangkir Kopi



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
marikemana
cheria021
toinxx08
toinxx08 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.3K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan