riley718Avatar border
TS
riley718
REKOMENDASI GUNUNG YANG DAPAT KALIAN DAKI BAGI PEMULA DI PULAU JAWA

Tren pendakian gunung sedang booming dalam beberapa tahun kebelakang ini. Hal ini dikarenakan pada tahun 2012 terdapat film yang sangat fenomena mengenai pendakian itu sendiri. Pendakian gunung secara awam yaitu kegiatan untuk menjelajahi suatu gunung. Kegiatan pendakian telah dilakukan dalam waktu sangat lama mungkin berabad hingga beribu tahun lamanya. Melakukan pendakian ini diperlukan banyak persiapan. Mulai dari persiapan fisik, pengetahuan, keahlian dll untuk bisa berada di gunung.

Sebelum adanya film 5 cm di tahun 2012 kegiatan pendakian hanyalah digunakan untuk orang-orang yang biasa melakukan kegiatan alam. Hal ini dikarenakan orang-orang yang biasa melakukan kegiatan alam bisa dibilang "babat alas" atau membuka jalur pendakian di beberapa gunung. Oleh karena itu, berkegiatan pendakian di alam bebas khususnya gunung hanyalah untuk orang-orang berpengalaman saja.

Namun, sekarang seorang pemula pun dapat melakukan kegiatan pendakian karena telah terdapat jalur pendakian dan persewaan alat outdoor pun makin banyak.



Berikut ada beberapa gunung untuk para pemula yang dapat kalian tuju :

1. Gunung Papandayan

Gunung yang berada di kota Garut, Jawa Barat ini telah cukup terkenal dibeberapa kalangan pendaki baik pemula maupun pengalaman. Gunung papandayan ini memiliki ketinggian yaitu 2265 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut). Gunung ini merupakan gunung yang favorit untuk didaki oleh para pemula. Medan gunung papandayan terbilang cukup landai serta memiliki fasilitas yang lengkap yaitu toilet dan warung makan di beberapa area. Selain itu, gunung papandayan memiliki waktu tempuh sekitar 4 sampai 5 jam. Gunung papandayan juga memiliki banyak kawah seperti kawah mas, kawah manuk, kawah baru dan kawah nangklak. Oleh karena ini, banyak yang belum pernah mendaki sangat disarankan untuk memulai dari gunung papandayan terlebih dahulu.

2. Gunung Ijen atau Kawah Ijen

Jika kalian pernah dengar fenomena "api biru abadi" yang berada di Banyuwangi Jawa Timur. Kalian tidak salah dengar. Yap "api biru abadi" ini berada di gunung ijen atau yang familiar yaitu kawah ijen. Gunung ijen memiliki ketinggian yaitu2443 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut). Sekaligus gunung ini memiliki waktu tempuh 2,5 sampai 3 jam. Bagi yang baru pemula  kalian harus berhati-hati karena di beberapa titik memiliki tanjakan yang curam serta medan berpasir.

3. Gunung Andong
 
Gunung Andong berada di Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini termasuk gunung favorit bagi para pemula khususnya yang berada di Jawa tengah. Seperti yang kalian







 tahu bahwa gunung-gunung yang di Jawa Tengah memiliki gunung yang terkenal yaitu gunung Merapi, Merbabu, Slamet dll. Gunung Andong sendiri memiliki ketinggian 1726 MDPL (Meter Diatas Pemukaan Laut) dan waktu tempuhnya sendiri yaitu 1,5 jam sampai 2 jam.

Sumber : 1



UriNami
toinxx08
anton2019827
anton2019827 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.9K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan