DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
8 Poin Penting Saat Merawat Debay Hingga Balita


Gan Sis punya adik yang masih kecil? Atau mungkin baru punya dede bayi?


sumber gambar


Kaskus DeYudi69 -Ane pengen sedikit berbagi pengalaman nih. Apa aja yang bisa kita lakukan saat merawat debay (dede bayi) atau anak kecil.

1. Saat masih bayi antara umur 0 sampai 6 bulan, jangan dikasi maem bubur, usahakan hanya diberi ASI saja, kalau pun ada susu formula sebaiknya kalo ASI ibunya bagus kasih minum ASI saja setiap 2 jam sekali, kalo debaynya lagi bubuk bangunin trus kasi ASI.

Kalau pun terpaksa harus dikasi minum susu formula yang bisa saja terjadi karena ASI ibunya nggak mau keluar, usahakan memilih susu formula yang sesuai dengan umur debay-nya, ya.

Oh, iya, satu lagi nih. Biasanya pas dede bayinya baru lahir kan nangis si debaynya, trus kan dia laper tuh, usahakan kasih ke ibuknya buat minum ASI yang pertama kali, karena ASI yang pertama kali itu baik buat daya tahan si debay, yang mana ASI pertama banyak mengandung kolostrum.

2. Pastikan rutin mengajaknya ke Posyandu, supaya mendapat imunisasi, vitamin, obat cacing, juga kita jadi tahu tumbuh kembang adik atau anak kita. Biasanya dari baru lahir kalo nggak salah udah dapet suntikan imunisasi secara langsung ke debaynya.

3. Debay yang baru lahir biasanya ngegemesin banget Gan-Sis, rasanya pengen gendong terus, imut dan lucu dah pokoknya. Nah, Gan Sis harus telaten buat ngeganti popoknya, rajin jemur di sinar matahari pagi, sama mandiin pake air hangat, biar debaynya nggak kedinginan.

4. Debay rewel itu wajar, biasanya karena debaynya lagi laper, atau abis pipis & pup. Tapi nggak jarang juga karena badannya demam, jadi segera bawa ke bidan atau dokter terdekat supaya dapat penanganan yang tepat.

Nah, dari pengalaman ane, debay juga bisa rewel karena mukaknya atau anggota badannya yang lain kena kuku tangan atau kuku jari kaki si debay itu sendiri, Gan Sis. Jadi saran ane tetep pakein debaynya sarung tangan juga sarung kaki atau boleh juga potong kukunya pake pemotong kuku yang kecil. Hati-hati biar nggak luka, kalo ane sih biasanya sebelum motong kuku adik ane, pasti jari-jarinya ane basahin dulu pake kapas yang direndam di air hangat kuku, supaya kukunya jadi lebih lunak dan nggak sakit waktu dipotong.

Ada rambut yang masuk ke mulut debay juga bisa bikin si debaynya jadi rewel. Nah kalo yang ini sih biasanya rambut dari si pengasuh bayi. Jadi kalo rambut Gan Sis panjang sebaiknya diikat atau dirapikan dulu. Kasian kan debaynya kalo jadi rewel and nangis terus, bayi yang nangis terus juga bisa bikin perutnya sakit.

5. Seiring bertambahnya usia, biasanya usia 9 sampai 12 bulan, si debay udah bisa duduk, tumbuh gigi, dan mulai merangkak. Di sini kita nggak boleh lengah nih Gan-Sis, bukan hanya makin ngegemesin dan makin lagi imut juga lucu-lucunya aja. Tapi juga bisa berbahaya buat si debay. Jauhkan semua benda tajam seperti gunting dan pisau dari jangkauan si debay. Apalagi kalu sudah mulai bisa jalan, biasanya si debay bakalan nggak diem-diem, harus kita ikutin kemana aja dia jalan wkwkkw, supaya nggak jatuh atau pun jadi kejedot tembok.

7. Abis bisa jalan, biasanya bakalan belajar buat bicara, setiap balita beda-beda sih, ada yang bisa bicaranya duluan sebelum bisa jalan, ada juga yang sebaliknya. Walau pun belum jelas, tapi kebanyakan kata pertama yang keluar dari debay itu papa, mama, ayah, bunda dll. Nah, udah jadi tugas kita buat ngajarin bahasa ibu yang baik dan benar, juga menjaga cara kita berbicara di depan anak kecil, karena biasanya anak kecil itu peniru yang handal 😅.

8. Kira-kira usia 3 sampai 5 tahun balita udah mulai berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Tugas kita juga buat menanamkan nilai-nilai positif ke si balita. Ajarin berhitung, menyanyi, mengenal huruf dan angka, atau ajarin menggambar dan mewarnai. Tujuannya supaya tumbuh kembang si anak jadi lebih baik lagi.

Spoiler for Belajar berhitung :


Spoiler for Belajar bernyanyi:


Sudah sewajarnya dunia anak kecil itu kalo nggak belajar ya bermain. Jadi kita nggak boleh merasa capek atau lelah bahkan sampai membentak dan memukul anak kecil karena dia mau bermain sama ortunya, atau kakaknya.

Mereka para debay, balita, dan anak-anak adalah tunas bangsa penerus kita.
Dan akhir kata, ane mohon maaf kalau seandainya dalam thread ane kali ini ada salah kata ya. Gan-Sis juga boleh banget kalo mau berbagi pengalaman melalui kolom komentar. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi

ghafiyyan
cheria021
anton2019827
anton2019827 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.1K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan