Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hatimentariAvatar border
TS
hatimentari
Fakta Tentang Air Putih Yang Masih Banyak Orang Belum Tahu
Air putih menjadi salah satu minuman paling menyehatkan di dunia. Kebiasaan mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Mengonsumsi air putih delapan gelas sehari sudah cukup namun, kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Sebagai contoh, jika sedang cuaca panas atau sedang sakit, air putih sangat dibutuhkan lebih dari itu.

Selain itu, adapula manfaat mengonsumsi air putih untuk sehari-hari. Berikut penjelasannya.

1. Mampu bersihkan usus

Pagi hari adalah waktu yang tepat mengonsumsi air putih. Pasalnya, saat bangun tidur dengan perut kosong lalu meminum air putih bisa membantu membersihkan usus. Hal itu merujuk sistem penceraan akan lebih baik dan mudah untuk menyerap nutrisi yang akan masuk dari asupan yang bakal dikonsumsi hari itu.


2. Produksi sel baru pada tubuh

Memiliki kebiasaan minum air putih pagi hari bisa meningkatkan produksi sel-sel darah dan otot yang baru. Tentu hal ini, sangat baik untuk kesehatan tubuh.



3. Turunkan berat badan


Bagi Anda yang sedang diet atau berusaha untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi air putih bisa menjadi solusi yang tepat.

Kamu bisa minum 500 ml air putih pada pagi hari. Minum 500 ml air putih saat perut kosong bisa meningkatkan kinerja metabolisme sebanyak 24 persen pada pagi hari.



4. Kulit Jadi Lebih Cerah

Selain membantu metabolisme tubuh, air putih bisa membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam darah. Hal ini pun bisa berdampak langsung pada kulit Anda. Kulit jadi tampak lebih cerah dan bersinar jika anda rajin minum air putih secara teratur setiap hari.



5. Menjaga kesehatan pencernaan
Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih.



6. Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih yang cukup mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut.

Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.



7. Menjaga tekanan darah

Air adalah bagian terbesar dari darah. Jika Anda kekurangan cairan tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang terdapat di dalam darah.

Kurangnya cairan tubuh juga bisa berdampak pada menurunnya tekanan darah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi air putih dapat menjaga tekanan darah tetap normal.



8. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain menjaga tekanan darah, tercukupinya cairan tubuh juga dapat mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Hal ini karena konsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh, termasuk jantung, dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan terjaga.



9. Meningkatkan Stamina
Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi tidak hanya diperoleh dari makanan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah lemas selama bergerak dan beraktivitas.



Demikianlah hal-hal penting sehubungan air putih, ngomong-ngomong agan-agan sudah minum air putih berapa gelas hari ini?
0
303
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan