Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

degurechaftAvatar border
TS
degurechaft
Terdidik atau Terpelajar. Pilih yang Mana?


Hai
emoticon-Blue Guy Peace

Di negara yang sedang berkembang ini, semua hal bisa terjadi di masyarakat. Mulai dari yang membuang sampah sembarangan hingga tindakan kriminal. Lantas mengapa semua itu bisa terjadi? Apakah kurang terpelajar atau malah kurang didikan?

Mari kita uraikan dulu sebelumnya apa itu Terdidik dan apa itu Terpelajar. Mereka adalah dua hal yang berbeda.
Terdidikdalam arti luas dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, serta pengalaman.
Sedangkan Terpelajar biasanya merupakan sebutan bagi seseorang yang sudah mendapat gelar dan pelajaran entah itu di bangku sekolah atau universitas.

Jadi disini bisa kita persingkat bahwa terdidik itu merupakan seseorang yang bisa menempatkan dirinya dengan baik dalam segala situasi yang terjadi, sedangkan terpelajar merupakan seseorang yang telah atau cukup dalam mendapatkan pelajaran dalam hal ini adalah akademis.

Spoiler for Masyarakat:


Lalu mari kita sangkut pautkan kedalam masyarakat, contohnya membuang sampah tadi. Orang itu mungkin terpelajar tapi yang jelas dia bukanlah orang terdidik dalam konteks membuang sampah sembarangan. Kenapa? karena orang yang terdidik tau yang seharusnya dia lakukan dan juga terpikir akan efek dari tindakannya.

Bukan hanya dalam membuang sampah sembarangan. Masih banyak juga kejadian yang menurut ane miris terjadi di lingkungan masyarakat kita, contohnya sesuatu yang bernama "Viral"ya itu salah satu virus yang saat ini merebak ke masyarakat. Lantas apa penyebabnya? Tentu saja kurang didikan karena orang yang terdidik tidak akan mau mengikuti hal yang seperti demikian. Bukan karena kurang terpelajar? Tidak bre, tidak ada pelajaran yang mengajarkan hal yang bernama "Viral". 

Gimana menurut kalian gan/sis? Miris bukanemoticon-Hammer (S)

Kadang ane berpikir pas lagi ngeliat berita atau postingan mengenai hal tersebut, kenapa mereka mau menghabiskan waktu untuk hal yang seperti demikian? padahal kan lebih baik mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat entah itu meningkatkan softskill sendiri atau mencari cara untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan cara yang lebih baikemoticon-Big Grin.

Di negara berkembang ini, masyarakatnya juga sedang berkembang. Tetapi banyak yang masih menyalahgunakan efek dari perkembangan sekarang, salah satunya juga pemakaian gadget yang sangat perlu bimbingan atau didikan. Kalau dari pelajaran gimana? tidak kawan, tidak ada pelajaran yang mengajari segala hal tentang gadget,  jika ada pun ga semua orang bakal mau baca. Contohnya ane punya teman yang sering bingung soal gadget, selain bertanya dengan ane, dia ga mau browsing lebih lanjut tentang apa yang dia inginkan karena katanya ga minat baca. Wahh keren sekaliemoticon-Ngakak (S).
Spoiler for Bimbingan:


Kita ibaratnya masih seperti anak kecil yang perlu banyak didikan untuk bisa menjadi orang yang lebih baik kedepannya. Untuk itu, mari kita pikir bersama akar dari segala permasalahan yang ada di masyarakat agar kita bisa menjadi orang yang lebih bijak dalam menghadapi permasalahan tersebut.


Gimana gan/sis? pilih Terdidikatau Terpelajar?
Mari kita diskusikan bersamaemoticon-Cendol Gan


Sekian
~



yugeel
yugeel memberi reputasi
1
877
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan