Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

finansialku.comAvatar border
TS
finansialku.com
Jangan Asal Pakai, Perhatikan dulu 5 Risiko PayLater Ini!



Sebelum kamu mengaktifkan paylater, sebaiknya kamu pahami dulu risiko paylater berikut ini agar tidak terjerumus dan menyesal.

Yuk simak pembahasan secara lengkap dalam artikel Finansialku kali ini.

5 Risiko Penggunaan PayLater

Di era teknologi seperti saat ini, kita bisa berbelanja online dengan berbagai pilihan metode pembayaran yang memudahkan. Salah satu metode pembayaran yang sering kita temukan adalah paylater atau bayar kemudian.

Dengan paylater, kamu bisa membeli barang sekarang dan bayar belakangan. Namun, jika kamu tidak bisa mengelola uang dengan baik, kamu bisa mengalami jeratan utang atau cicilan yang melilit karena memakai fitur ini.

Mengutip dari Kompas.com, Audit and Assurance Partner Grant Thornton Indonesia Alexander Andrianto Tjahjadi mengatakan, kita perlu memahami paylater terlebih dahulu agar bisa terhindar dari cicilan yang melilit.


Quote:


Jika kamu mau menggunakan paylater, simak dulu 5 risiko paylater berikut ini.

#1 Perilaku Konsumtif Berlebihan

Risiko paylater yang pertama, penggunaan fitur ini bisa memberikan dorongan impulsif secara tidak sadar. Jika seperti itu, sering kali kamu membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.


 

#2 Ada Biaya yang Tidak Disadari

Ada biaya yang langsung aktif saat kamu menggunakan paylater, seperti biaya subcription, biaya cicilan dan biaya lainnya yang dapat berbeda dari tiap aplikasi. Biaya-biaya tersebut bisa memberatkan kamu saat tiba waktunya membayar tagihan.

#3 Pengaturan Keuangan Terganggu

Risiko paylater berikutnya adalah pengaturan keuangan kamu bisa terganggu. Mudahnya membeli barang lewat fitur ini dari berbagai aplikasi sering kali dapat mengganggu pengaturan keuangan pribadi dengan banyaknya cicilan yang datang.

Dana yang kamu sisihkan untuk membayar paylater juga bisa terpakai untuk keperluan tak terduga sewaktu-waktu, sehingga menimbulkan risiko tidak mampu bayar yang tinggi.


 

#4 Penunggakan Bisa Ganggu Skor Kredit

Risiko paylater selanjutnya, jika kamu menunggak bayar paylater, maka tagihan itu akan membuat catatan reputasi kredit kamu menjadi buruk.

Hal tersebut bisa berisiko ditolaknya pengajuan kredit lain yang sifatnya lebih penting, misalnya kredit properti atau kendaraan.


#5 Peretasan Identitas

Terakhir, ada pula risiko peretasan karena transaksi digital. Walaupun setiap aplikasi sudah menyiapkan keamanan yang tinggi, risiko tersebut  masih ada.

Dimana para kriminal meretas database di akun transaksi kamu dan menggunakannya untuk hal yang tak bertanggung jawab.


Artikel ini telah terbit di situs website Finansialku.com : Jangan Asal Pakai, Perhatikan Dulu 5 Resiko PayLater Ini!Nantikan informasi serta berita-berita lainnya. 


orgbekasi67
orgbekasi67 memberi reputasi
1
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan