feliiaAvatar border
TS
feliia
Diet Agan Gagal Terus.? Mungkin Ini Penyebabnya
Halloo agan dan sista semua, semoga semua dalam keadaan sehat yah.





Menjaga berat badan adalah hal yang harus dipertahankan oleh sebagian orang, untuk menjaga penampilan sesuai tuntutan profesi, agar tetap sehat atau lain sebagainya. Usaha dan komitmenpun harus kita terapkan, minum minuman herbal, rajin olahraga, membatasi makan makanan yang kita sukai, kita sudah melakukanya. Tapi bagaimana jika usaha tersebut tidak membuahkan hasil? Mungkin ada yang salah dengan cara dietmu, atau agan dan sista menyepelekan hal hal kecil yang bisa jadi hal tersebutlah penyebab diet gan sist gagal.

Kira kira apa saja hal kecil yang menjadi penyebab diet agan gagal, mari kita simak..


1. Kurang minum air mineral

Pernahkan agan berpikir bahwa banyak minum air mineral dapat membuat tubuh jadi gemuk.? Ini sama sekali tidak benar ya, faktanya air mineral merupakan unsur penting untuk pembakaran kalori. Jadi jika dikonsumsi dengan porsi tepat justru akan meningkatkan laju metabolisme tubuh dan ini juga masuk dalam kategori untuk menurunkan berat badan.


2. Makan tidak teratur

Mungkin gan sist pernah berpikir kalau melewatkan makan utama dapat mempercepat penurunan berat badan, sayangnya hal ini berbanding balik dengan faktanya. Metode diet seperti ini adalah cara diet yang tidak sehat. Orang yang melewatkan makan utama akan cenderung mengonsumsi banyak makanan ringan disela sela makan utama. Penelitian membuktikan bahwa orang yang teratur makan pagi, siang dan sore lebih dapat menjaga berat badan yang ideal. Makan tepat pada jamnya namun dengan porsi sedang itu lebih baik dari pada makan dengan porsi banyak untuk berjam jam. Jadi membiarkan perut dalam keadaan kosong sampai berlarut larut sangat tidak sehat ya gan sist, apalagi saat agan sedang melakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak tenaga. Karena saat perut kita kosong dan merasa lapar namun kita mengabaikanya, angin akan mudah masuk dan perut akan terisi dengan gas.


3. Tidak mengatur asupan nutrisi

Mengatur asupan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan untuk gan sist yang sedang melakukan diet, atau sekedar menjaga berat badan. Kebanyakan dari mereka saat melakukan diet akan mengurangi makanan yang mengandung kabrohidrat tinggi, hal ini perlu diperhatikan. Pengurangan karbohidrat harus diimbangi dengan asupan protein dan serat. Apalagi sebagian orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok, jika agan ingin mengurangi nasi atau karbo mungkin makanan mengenyangkan lainya bisa menjadi menu pilihan seperti telur rebus, ubi rebus, daging rendah lemak, kacang hijau serta buah dan sayur lainya.

Mengurangi jumlah karbohidrat juga perlu disesuaikan dengan pola aktifitas yang akan gan sist jalani, serta dilakukan secara perlahan dalam hitungan migguan hingga bulanan. Sebaiknya tidak mengurangi karbohidrat dalam jumlah banyak ketika agan menjalani aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga, dikhawatirkan akan mengurangi metabolisme tubuh dan membuat tubuh jadi lemas. Karena jika daya tahan tubuh kita tidak kuat, maka tubuh akan drop.

4. Stress

Saat stress, nafsu makan kita bisa saja menurun atau bahkan justru naik. Selain itu keinginan kita untuk beraktifitas juga menurun, maka dari itu stres juga memicu diet gan aist gagal.


5. Makan dengan porsi yang salah

Saat sedang menjalani diet, sebenarnya kita boleh saja makan dalam porsi banyak. Jika hendak melakukan aktivitas berat yang intens, namun sebaliknya jika sedang melalukan aktifitas ringan sebaiknya makan dalam porsi sedang saja. Karena dikhawatirkan akan terjadi penumpukan lemak dan karbohidrat di dalam tubuh saat kita tidak mengeluarkan tenaga.


6. Malas bergerak


Kecanggihan tekhnologi sekarang yang menghadirkan mesin mesin pembantu pekerjaan manusia, seper remote control, mesin cuci, atau mesin - mesin canggih yang membantu pekerjaan manusia lainya. Hal ini dapat memicu kita malas bergerak, atau tidak aktiv bergerak. Tentu saja hal ini memicu resiko obesitas dan susah menurunkan berat badan, pembakaran kalori didalam tubuh kita ditentukan seberapa banyak kita bergerak. Jadi semakin sedikit kita bergerak, maka sedikit pula kalori yang terbakar. Jadi nggak heran jika orang yang malas bergerak kebanyakan mereka mengalami kesusahan untuk menurunkan berat badan.


7. Banyak makan makanan yang dimatangkan dengan cara digoreng

Saat gan sist sedang melakukan diet, atau sekedar menjaga berat badan alangkah baiknya jika kalian cermat untuk memilih makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus daripada digoreng. Makanan yang direbus atau dikukus memiliki kandungan nutrisi yang lebih utuh serta terhindar dari lemak yang tinggi. Sedangkan makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung kalori, lemak yang tinggi, serta mengurangi kandungan nutrisi didalamnya. Tentu ini akan menjadi hambatan untuk menurunkan berat badan, jika agan terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng, mulailah perlahan menguranginya, apalagi gorengan. Gorengan mengandung lemak yang tinggi, kalori dan garam, apalagi jika minyak yang digunakan sampai berkali kali. Namun apalah daya, gorengan itu nikmat


8.Tidak komitmen


Biasanya saat orang menjalani diet, pada minggu - minggu pertama semangat mereka akan menggebu untuk menjalani apa yang harus dihindari dan dilakukan. Namun sayangnya banyak pula yang mengalami turun semangat saat sudah berjalan beberapa minggu, hl ini pula yang menjadi hambata gan sist untuk diet. Berbagai macam usaha yang gan sist jalani sebaiknya harus didasari dengan komitmen yang tinggi untuk mempertahankan apa yang sudah berjalan. Apalagi usaha untuk menahan hobi makan dan ngemil. Jangan mudah tergoyah hanya karena melihat tampilan makanan yang terlihat menggoda, yang perlu gan sist lakukan adalah mengalihkan pandangan agan dari makanan itu emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


9. Curang dalam makan

Hal ini adalah masalah sepele, tapi jika dilakukan terlalu sering sama saja bisa jadi penghalang diet agan. Yaitu curang dalam makan, maksudnya adalah tidak mempertimbangkan makanan apa saja yang dimakan, yang tidak diperhatikan kandunganya meskipun itu makanan kecil. Bisa jadi makanan kecil itulah yang menjadi penghalang dietmu. Contohnya seperti menambahkan kerupuk atau gorengan saat makan utama serta disandingkan dengan es teh manis, sering makan makanan instan, dan kue manis yang terbuat dari tepung dengan tinggi gula dan lemak.



10. Sayang sayang makanan

Nah, ini kadang poin yang gak bisa dihindari, ngeliat makanan yang masih layak untuk dimakan pasti sayang kalo mau dibuang. Daripada nggak ada yang makan dan jadi basi akhirnya kita makan dengan porsi lebih, namun hal inilah yang juga menjadi penghalang diet agan dan sista. Apalagi jika makanan tersebut adalah makanan yang harus kita hindari saat diet, namun kembali ke opini masing masing aja gan sayang makanan atau sayang dietmu.


11. Kurang tidur

Agan sudah menerapkan segala cara untuk menurunkan berat badan namun belum juga berhasil? Mengatur pola makan, mengelola stress, bahkan sudah berkomitmen juga. Apakah agan sudah memperhatikan jam tidurmu, sebab kurang tidur dapat meningkatkan resiko terkena obesitas dan kesusahan menurunkan berat badan. Pasalnya, kurang tidur akan memicu hormon Ghrelin. Yaitu hormon perangsang nafsu makan, maka nggak heran saat kita begadang sampai larut pagi kita akan mudah merasa lapar. Selain itu kurang tidur juga mengurangi hormon leptin, yaitu hormon pemicu rasa kenyang. Kurang tidur juga menurunkan minat kita untuk beraktivitas, jadi hal ini akan menjadi penghalang yang cukup signifikan jika agan kurang tidur, ya bagaimana tidak saat kurang tidur agan makan terus tapi malas bergerak


Berat badan naik disebabkan kelebihan kalori, kurangnya aktifitas fisik, pola makan yang salah. Oleh karena itu kita tidak cukup jika hanya melakukan 1 hal saja, butuh proses dan beberapa usaha untuk menjalankanya. Daripada dilakukan dengan perasaan yang menggebu gebu lebih baik pelan pelan dan bertahap, karena bisa saja hal ini justru akan menjadi senjata makan tuan jika target tidak terpenuhi. Bahkan untuk mempertahankan berat badan ideal saja memerlukan komitmen, apalagi untuk diet.. Jangan lupa pula untuk olahraga teratur yaa gan sist



sumber tulisan : referensi
Gambar : Pinterest


Quote:
Diubah oleh feliia 27-12-2019 08:39
3
2.9K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan