sepakbolandaAvatar border
TS
sepakbolanda
Belanda, Jauh di Mata Dekat di Ingatan

Sebagai Warga Negara Indonesia di Belanda, Eka Tanjung ingin berbagi pengalam. Selama 30an tahun berdomisili di Negeri Kumpeni ini, menemukan banyak persinggungan antara Indonesia dengan Belanda. Memang 350 tahun 'relasi' antar kedua bangsa, tidak mungkin terhapuskan begitu saja. Beberapa fakta yang membuat Belanda spesial buat Indonesia: 


1. Masyarakat Belanda mengenal banyak jenis makanan Indonesia. (Nasi Rames, Gado-gado, Pisang Goreng, Nasi Goreng, Bami Goreng, Ayam Rica-rica, Babi Panggang, Rendang, Semur dan lainnya.)

2. Banyak orang Belanda yang punya saudara keturunan Indonesia, atau menikah dengan orang Indonesia.

3. Di Belanda terdapat puluhan ribu orang Indo-Belanda (Tante Lien,  Rudy van Halen dan lain-lain. 

4. Di Belanda terdapat puluhan ribu orang Maluku dan keturunan mereka. Seperti Simon Tahamata dan Giovanni van Bronckhorst, Seginho van Dijk dll.

5. Di Belanda terdapat belasan ribu orang Jawa-Suriname dan keturunan mereka.
6. Di Belanda banyak jejak masa kolonial yang mengingatkan langsung kepada Indonesia. Gedung VOC, Kapal-kapal, Artefak dari kerajaan di Nusantara yang tersimpan di museum-museum Belanda.

7. Di Belanda terdapat tiga ribuan warung dan rumah makan Indonesia. Di kota besar seperti Amsterdam dan Den Haag hampir tiap jalan ada restoran Indonesia atau Jawa.

8. Ada 59 kota Belanda yang punya kampung Indonesia (Indische buurt) Di sana terdapat nama jalan-jalan yang mengingatkan kita kepada Indonesia. Palembangstraat, Balistraat, Batikstraat, Bandoengstraat. Straat artinya Jalan. RA Kartinistraat saja ada.
9. Dalam Bahasa Belanda terdapat ribuan kata-kata yang berasal dari Indonesia. Contohnya: Pinter, Amok, Aduh, Senang dll. Sebaliknya dalam bahasa Indonesia juga terdapat banyak kata serapan dari bahasa Belanda. Korting, Gratis, Voorschot, Handoek, Peci dll.

10. Jadi masih banyak lagi deh.. Jadi kami siap berbagi. emoticon-thumbsupemoticon-Wowcantik
0
5.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan