satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
5 Minuman Segar Yang Menggunakan Es Serut
5 MINUMAN SEGAR YANG MENGGUNAKAN ES SERUT




Minum es yang dingin mungkin sudah menjadi kebiasaan kita sejak kecil. Bahkan kita sering dimarahi oleh ibu kita gara-gara sering minum es. Alasannya yang sering kita dengar adalah takut nanti kita bisa batuk bila minum es terlalu sering. Bisa dimaklumi kebiasaan kita yang satu itu karena kita hidup di Indonesia dimana negara kita memiliki iklim tropis yang menyebabkan kita lebih suka minum-minuman dingin untuk mengusir hawa panas.

Berbicara mengenai es, banyak cara menyajikan es dalam suatu minuman segar, salah satunya dengan diserut. Di Indonesia banyak sekali varian dari minuman segar yang menggunakan es serut. Es serut lebih dapat dinikmati karena terasa keras namun lembut dimulut. Mungkin salah satu es serut ini pernah anda coba atau bahkan berasal dari daerah tempat tinggal anda. Mari kita bahas satu-persatu:

1. Es Campur

Es campur adalah salah satu minuman khas Indonesia yang cara membuat nya dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalam sirup manis. Bahan yang dijadikan bahan biasanya berasa manis atau masam. Es campur dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan rasa dan bahan yang berbeda. Oleh karena itu daerah asal dari es campur sulit ditentukan.

Beberapa daerah mungkin mempunyai bahan yang tidak dijumpai di daerah lain. Sebagai contoh es campur Medan memakai kacang merah, sagu, biji delima sebagai bahan pembuatannya. Contoh lain adalah es campur Jakarta yang memakai daging kelapa dan tape singkong sebagai bahan pembuatannya.Selain cara pembuatannya mudah, es campur banyak diminati. Oleh karena itu, banyak yang menjual minuman ini. Mulai dari warung, sampai restoran. Sampai hari ini pun, es campur masih banyak peminatnya. Dari kaum muda sampai tua.

2. Es Teler

Es teler adalah 'koktail' buah di Indonesia. Alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya disajikan dengan santan, susu kental manis, daun Pandanus amaryllifolius (biasanya dalam bentuk sirup cocopandan), gula, dan sedikit garam. Hajah Samijem Darmo Wiyono (70) yang merupakan penemu resep es teler pada tahun 1957. Merupakan warga asli asal Kampung Juron, Kecamatan Nguter Sukoharjo, hingga kini semakin eksis dan sukses dalam mengembangkan usaha warung es teler temuannya tersebut.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 7 cabang yang dikelolanya dapat mendatangkan ribuan pelanggan es teler setia dengan tetap menjaga kualitas, rasa dan pelayanan. Bahkan pelanggannya pun banyak dari kalangan artis dan politisi terkenal, seperti Rieke Dyah Pitaloka, Jarwo Kuat, Puan Maharani, Faisal Basri, Gatot Amrih yang juga mantan Bupati Sukoharjo, dan tidak ketinggalan sejumlah kerabat serta Keluarga Cendana (keluarga mantan Presiden Soeharto).

Hajah Samijem mengklaim sebagai penemu ramuan atau bumbu es teler seperti yang dikenal dan ditiru oleh banyak penjual es saat ini. Dikatakan, ide pembuatan es teler tersebut ia dapatkan dari mimpi.
Dan saat ini, mimpinya dari gerobak es yang pernah mangkal di Semarang, kini menjadi kenyataan yakni kedai es teler terkenal di Indonesia yang telah memiliki 7 cabang. Ia juga pernah diundang Ebeth Kadarusman yang juga menjadi salah satu pelanggan setia es telernya, untuk mengikuti siaran di televisi pada tahun 1993.

“Dulu itu saya merantau ke sejumlah kota besar. Mulai dari dagang jamu, makanan hingga minuman di pinggir jalan. Sampai pada akhirnya saya menetap di Jakarta dan menemani bapak saya jualan rokok dan ibu saya menjual es buah. Dari mimpi saya, ide es teler itu muncul dengan ciri khas alpukat, susu dan kelapa muda. Saya mulai merintis dengan gerobak. Tidak menyangka kini sudah saya miliki 7 cabang rumah makan es teler di seluruh Indonesia,” ujar Hajah Samijem, Kamis (23/8), didampingi Triyono, putranya, yang saat ini menjadi penerus usaha es teler Sari Mulya Asli di warung Pusat Megaria Jakarta.

Kisah Hajah Samijem ini menjadi salah satu gambaran kesuksesan dan keberhasilan warga perantau berkat kegigihan dan usahanya di Ibukota. Diketahui masih banyak kisah sukses dari para perantau asal Sukoharjo yang ikut membanggakan dan membangun kampung halamannya di Sukoharjo menjadi lebih maju.

3. Es Kacang Merah

Salah satu hidangan yang menggunakan es serut yaitu es kacang merah. Es kacang merah berasal dari dua kota di Indonesia yaitu Palembang dan Manado. Sajian minuman segar memang banyak namun untuk sajian minuman yang mengandung protein yang sangat tinggi adalah olahan minuman es kacang merah. Kacang merah yang sering kita ketahui hanya diolah untuk dijadikan makanan saja namun sebenarnya juga bisa dijadikan minuman yang dikenal dengan es kacang merah. Dalam pembuatan es kacang merah sangat mudah sekali karena prosesnya tidak membutuhkan waktu lama. Perpaduan antara lembutnya es salju, manisnya topping kental dan manis yang akan menyelimuti es salju yang lembut, dan taburan kacang merah yang empuk dan manis menyatu dalam satu hidangan penutup. Cita rasa dari perpaduan kacang merah rebus, santan dan susu coklat tentunya mempunyai kenikmatan tersendiri.Rasa dingin yang ada di mulut akan seketika menyegarkan tubuh anda pada cuaca yang panas.

4. Es Bubur Kacang hijau

Bubur kacang hijau adalah makanan khas Nusantara yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak sampai mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak. Lalu disajikan dengan tambahan santan. Dalam versi yang lain, beberapa orang menambahkan tepung tapioka ke dalam bubur. Makanan yang satu ini dapat dimakan saat masih hangat maupun dingin dengan cara memasukkan es batu ke dalamnya.

Biasanya es bubur kacang hijau di Surabaya dan Gresik ditambahkan ketan hitam dan susu kental manis coklat. Minuman yang satu ini sangat laku dijual di kota-kota yang memiliki cuaca lebih panas seperti Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Sensasi memakan es bubur kacang hijau dengan es serut yang satu ini sangat berbeda. Lembutnya kacang hijau yang telah dimasak berpadu dengan es serut yang diselimuti susu kental manis coklat.

5. Es Pisang Ijo

Pisang ijo atau es pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

Mungkin anda masih asing dengan minuman yang lebih terkenal berasal dari Makasar ini. Namun saya jamin, sekali anda mencoba es pisang ijo ini, dijamin anda akan ketagihan untuk terus meminumnya. Pisang dipilih untuk minuman yang satu ini karena pisang merupakan buah yang mengandung banyak serat, sehingga walaupun kita berpuasa namun percernaan kita akan tetap sehat. Selian itu, tekstur pisang yang lembut dan rasanya yang manis, membuat kita lebih mudah untuk mencernanya dibandingkan dengan buah yang lainnya.

Jadi, mana yang jadi favorit anda?
Jujur, saat menulis pun saya tidak fokus gara-gara es-es diatas :|
Sama satu lagi, Es yang paling penting
CENDOL gan hihihi


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Es_teler
http://www.resepnasional.com/resep-m...es-pisang-ijo/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pisang_ijo
https://id.wikipedia.org/wiki/Es_campur

Sumber gambar :
https://rasamasa.com/uploads/fileman...cang-ijo-A.jpg
http://www.resepumi.com/wp-content/u...Pisang-Ijo.jpg
http://espisangijoasli.com/wp-conten...cang-Merah.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-lbntA-njGV...00/urlnbdf.jpg
http://www.resepseharihari.com/wp-co...er-spesial.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-tCx9Wkx7dr...r%2BRecipe.jpg
Diubah oleh Kaskus Support 03 24-05-2017 10:52
tien212700
cheria021
cheria021 dan tien212700 memberi reputasi
2
11.8K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan