Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TriponNewsAvatar border
TS
TriponNews
Hal Penting ini Perlu diketahui Sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula
Keindahan samudra awan dengan matahari terbitnya membuat banyak orang tertarik mendaki gunung Batur. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda, mulai dari yang pemula sampai yang profesional.

Gunung Batur adalah gunung tertinggi kedua di Bali yang terletak di kawasan Bangli, Bali – Indonesia. Dari tahun ke tahun, Gunung Batur selalu menjadi pilihan terbaik bagi para pendaki. Karena dari puncak Gunung Batur Anda dapat menyaksikan indahnya matahari terbit dengan samudra awan di gunung berapi terdekat, Gunung Agung dan Gunung Abang.

Untuk menikmati Matahari Terbit ( Sunrise ) yang menakjubkan, Anda harus mempersiapkan diri untuk bangun pagi ( dini hari ) demi perjalanan terbaik ke Gunung Batur. Berjalan dalam kegelapan di bawah pepohonan menuju puncak Gunung Batur. Di puncaknya Anda akan dimanjakan dengan matahari terbit yang menakjubkan.

Ketahui 6 hal penting ini sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula
Mendaki gunung Batur bagi pemula sangatlah mudah kalau sudah mengetahui sedikit informasi tentang hal penting ini. Anda bisa mempersiapkan diri sebelum mendaki Gunung Batur, termasuk apa yang harus dibawa dan bagaimana cara mempersiapkannya.

1) Ketahui Tingkat Kesulitan dalam Mendaki Gunung Batur

Seberapa sulitkah mendaki gunung Batur? Ini pertanyaan utama para pendaki. Jika Anda aktif setiap hari dan memiliki level cardio yang lumayan, tentunya Anda tidak akan menemui kesulitan dalam situasi ini.


Baca juga : Mendaki Gunung Batur Menjadi Wisata favorit wisatawan Domestik, Ini alasanya

Bagi sebagian orang, pendakian Gunung Batur membutuhkan waktu sekitar dua jam. Namun jika waktu istirahat Anda lebih sedikit, pendakian akan lebih cepat. Dan yang perlu Anda ketahui yaitu mendaki gunung berapi dengan ketinggian 1.717 meter atau 5.633 kaki di atas permukaan laut.

2). Berapa Lama atau berapa jam mendaki gunung Batur

Mengenai berapa jam mendagi gunung Batur biasaya 1 jam 40 menit sampai 3 jam tergantung kondisi para pendaki. Di samping itu, tergantung jalur pendakian yang mana akan anda ambil. Gunung Batur memiliki 4 jalur utama dalam melakukan pendakian gunung batur bagi pemula maupun profesional.
Setiap jalur pendakian memiliki tingkat kesulitan dan karakter medan yang berbeda-beda. Mulai dari yang terdekat dan gampang sampai yang terpanjang dengan karakter medan berpasir. Maka ketahui dulu medan tersebut


3). Mengetahui Jalur Pendakian yang Sesuai

Untuk melakukan pendakian gunung Batur terdapat 4 jalur pendakian yang bisa anda gunakan atau pilih sebagai start point pendakian ke puncak Gunung Batur. Ada baiknya anda mengetahui jalur mana saja, sebelum anda memutuskan untuk memilih start point pendakian gunung batur. Di bawah ini adalah beberapa pilihan tentang jalur-jalur pendakian tersebut.

4) Apa yang harus dipakai saat mendaki Gunung Batur

Suhu dan iklim di Gunung Batur pada malam hari sangat dingin, sekitar 18 derajat Celcius. Tentu saja, juga berubah seiring peningkatan. Untuk itu, saya sarankan untuk membawa sweater atau hoodie untuk saat-saat yang lebih sejuk saat mendaki.

Baca juga : Aktivitas Seru Mendaki Gunung Batur dengan Mobil Jeep 4WD, Patut dicoba

Cuaca dingin akan terjadi di awal pendakian dan di puncak. Selama pendakian itu memungkinkan, Anda akan melepasnya. Dan gunakan baju dan baju nyaman yang biasa Anda gunakan untuk olahraga.


5) Hal yang dibawa dan dibutuhkan untuk Mendaki Gunung Batur

Bawalah ransel dan bawa perlengkapan anti air, air ekstra, dan beberapa snack, tiang, lampu depan dan kamera. Jika menggunakan jasa Pemandu, biasanya semua kebutuhan pendakian sudah tersedia.

Pemandu Anda akan memberi Anda lampu depan atau senter saat pendakian. Selain itu, pemandu Anda akan memberi Anda 1 botol air mineral, tapi menurut saya lebih baik di beri tambahan juga.

6) Gunakan Pemandu dalam Mendaki


Menggunakan layanan pemandu lokal dalam pendakian gunung Batur akan memberikan rasa aman bagi anda. Kemungkinan tersesat tidak akan ada, karena setiap jalur pendakian memiliki beberapa persimpangan yang memungkinkan anda tersesat.

Artikel Utama : 6 Hal Penting ini Perlu diketahui Sebelum Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula

0
489
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan