Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mengenal Perilaku Hoarding Disorder, Kelainan Aneh Mengumpulkan Barang Tak Berguna
Pernah melihat orang dengan perilaku aneh mengumpulkan barang tak berguna di dalam rumah?
Kenali hoarding disorder, kelainan aneh yang menjijikkan


Tumpukan barang bekas dan terpakai menurut banyak orang adalah sampah, dimana keberadaannya sangat menggangu dan membuat tidak nyaman entah itu karena penampakan ataupun baunya yang menyengat, apa lagi jika tumpukan barang tersebut berada di sebuah kamar atau ruangan rumah, rasa gatal tangan-tangan yang benci dengan sampah pasti ingin sesegera mungkin mengambil sapu dan membakar sampah tersebut agar hilang dari pandangan mata.

Tapi aktivitas tersebut hanya berlaku bagi orang normal GanSis, tidak untuk pengidap perilaku hoarding disorder.

Hoarding disorder adalah perilaku seseorang yang "hobi" menyimpan barang-barang tak berguna, seperti kantong makanan, minuman, botol plastik, atau barang-barang bekas lainnya dengan menimbun di dalam sebuah kamar atau rumah hingga penuh sesak.

Orang dengan perilaku hoarding disorder akan memiliki perasaan sayang terhadap barang-barang tersebut dan meyakini bahwa barang-barang itu akan berguna di kemudian hari, meskipun faktanya barang tersebut adalah sampah yang tidak memiliki manfaat apapun.




Seseorang yang memiliki perilaku hoarding disorder akan menyembunyikan bahwa mereka memiliki kebiasaan menyimpan barang tak beguna terhadap orang lain, hal itu dilakukan karena mereka takut barang-barang tersebut akan disentuh orang atau dibuang karena dianggap sampah.

Dapat dikatakan perilaku ini adalah kelainan langka GanSis, entah karena memang yang mengalaminya sedikit atau karena memang perilaku ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Sebenarnya pelaku hoarding disorder ini tidak sepenuhnya mereka tidak menyadari bahwa apa yang dilakukan oleh mereka adalah bentuk kelainan GanSis, ada beberapa orang dengan kelainan hoarding disorder yang menyadari bahwa mereka memiliki kelainan namun mereka enggan untuk datang ke psikiater atau dokter.


sumber gambar

Penderita hoarding disorder ini tidak mengalami kelainan secara tiba-tiba atau tanpa alasan GanSis, di bawah ini beberapa alasan kenapa seseorang dapat mengalami kelainan hoarding disorder atau hobi mengumpulkan barang tak terpakai.


• Ditinggalkan Orang Tersayang
Kejadian traumatis seperti ditinggalkan orang terkasih juga dapat menjadi penyebab kelainan hoarding disorder GanSis. Mereka akan merasakan bahwa kehidupannya tidak lagi berguna sehingga akan acuh dan enggan membuang barang-barang yang tak terpakai, adapun alasannya bisa jadi karena barang tersebut memiliki kenangan tersendiri dengan orang yang telah meninggalkannya atau memang barang tersebut sangat sayang untuk dibuang.

• Kebiasaan Hidup Keluarga
Hidup dan besar di rumah yang tidak memperdulikan kebersihan juga dapat menjadi alasan seseorang mengalami hoarding disorder GanSis.
Mereka menganggap apa yang dilakukannya adalah normal dan tidak menyalahi aturan.

• Kurang Perhatian
Hidup kurang perhatian dari orang lain ternyata juga dapat menjadi alasan hoarding disorder GanSis. Orang yang kurang mendapatkan perhatian akan cenderung abai terhadap diri mereka sendiri, bahkan termasuk abai terhadap kebersihan tempat tinggalnya.
Biasanya mereka akan berpikir untuk apa bersih-bersih toh hidup cuma sendiri.
Jadi untuk para jomlo harap waspada dan hati-hati ya, karena kelainan ini bisa saja terjadi pada diri anda.




Tapi tenang GanSis, kelainan ini dapat disembuhkan jika ada niat pada diri sendiri untuk sembuh dan kembali normal.
Psikoterapi adalah cara untuk menyembuhkan perilaku hoarding disorder GanSis, dengan terapi dibawah pengawasan terapis profesional orang yang mengalami hoarding disorder akan dibantu untuk memutuskan atau belajar meninggalkan kebiasaan anehnya secara perlahan-lahan.

Pemahaman dari terapis akan kelainan yang diderita oleh pengidap perilaku hoarding disorder juga akan diberikan agar mereka tidak kembali mengulang kebiasaan yang sama setelah sembuh.


sumber gambar

Seperti itulah tadi GanSis sekilas pembahasan tentang kelainan perilaku hoarding disorder.
Semoga thread kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Agan dan Sista semua.

Ingat GanSis, saat melihat orang dengan perilaku hoarding disorder jangan dijauhi ya. Rangkul dia dan arahkan untuk datang ke psikiater atau ke terapis agar mereka sembuh dari kebiasaan aneh mereka.

Oke, terima kasih telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi
1, 2, 3
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan