irfanmunandarAvatar border
TS
irfanmunandar
4 Tanda Kamu Sedang Menyakiti Perasaan Diri Sendiri. Kamu Di Posisi Mana?

4 Tanda Kamu Sedang Menyakiti Perasaan Diri Sendiri

Menyakiti perasaan diri sendiri sering tidak kita ketahui, padahal hal tersebut sering kita lakukan pada saat kita berada di posisi emosional tertentu. Bahkan ada lo yang sampai menyakiti tubuh mereka dengan cara menyayat tangan nya atau membenturkan kepalanya di tembok dan itu dilakukan secara sadar. Nah maka dari itu yuk kenali tanda-tanda kamu sedang menyakiti perasaanmu sendiri.

1. Malu Dengan Diri Sendiri & Selalu Membandingkan Dengan Orang Lain

Rasa malu terjadi saat seseorang merasa buruk dengan dirinya sendiri. Rasa malu disebabkan karena adanya faktor-faktor tertentu misalnya karena mereka membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain yang lebih ++ dari mereka. Perasaan malu dapat membuat orang-orang melakukan tindakan-tindakan yang menyakiti diri sendiri serta berisiko, misalnya penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan. Rasa malu juga dapat menyebabkan masalah fisik serta emosional, termasuk nyeri tubuh, depresi, keberhargaan diri yang rendah, kecemasan. Akan tetapi, Anda bisa benar-benar menghindari jalur ini dengan berusaha melepas rasa malu dan menghargai diri serta kontribusinya terhadap dunia. Ingatlah, Anda jauh lebih berarti daripada sebuah hal yang mungkin pernah Anda lakukan, katakan, atau rasakan.

2. Memprioritaskan Kebahagian Orang Lain Daripada Diri Sendiri

Kita pasti memiliki ambisi tersendiri untuk membuat orang lain bahagia. Tapi sebelum kita peduli sama kebahagiaan orang lain, kita tidak boleh melupakan kebahagiaan kita sendiri. Karena kebahagiaan kita sendiri juga sama pentingnya dengan kebahgiaan orang lain

3. Selalu Menolak Bantuan Orang Lain

Meskipun terdengar cukup sederhana, menerima bantuan dari orang lain terkadang menjadi sesuatu yang sangat menantang bagi kita. Hal ini sulit dilakukan, terutama bagi orang-orang yang merasa bahwa dirinya selalu mampu mengatasi semua masalah. Dengan menolak bantuan yang diberikan, kita justru mengabaikan kenyataan bahwa kita merupakan makhluk sosial yang perlu bekerja sama dengan orang lain untuk dapat berkembang dan bertahan hidup. Akan tetapi, selalu ada kemungkinan untuk mengubah pandangan tersebut dan menjadi lebih terbuka untuk menerima bantuan di masa mendatang.

4. Berlarut-larut Tenggelam Di Masa Lalu

Semua orang pasti pernah merasakan pengalaman pahit dalam hidupnya. Ada yang sifatnya ringan, sedang, hingga berat yang bisa berdampak pada trauma yang berkepanjangan. Bangkit dari itu semua memang tak mudah dan memerlukan waktu yang cukup lama, namun semua hal pasti ada makna yang tersirat di dalamnya. Nah untuk itu jangan menyerah, lewati hari-harimu dengan hal yang kamu sukai hingga kamu bisa melupakan semua itu.



Sumber Gambar : 1, 2, 3, 4, 5
SpecialCOM
anton2019827
iblast867583
iblast867583 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
3.5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan