Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kudo212Avatar border
TS
kudo212
BEM Unpad Desak Rektor UI Jamin Kebebasan Berekspresi di Kampus


BEM Kema Universitas Padjadjaran (Unpad) akhirnya angkat suara terkait polemik unggahan dari BEM Universitas Indonesia (UI) yang menyebut Presiden Joko Widodo 'The King of Lip Service' pada tanggal 26 Juni lalu.

Ketua BEM Kema Unpad Rizky Maulana Muhammad mengatakan, pihak rektorat UI melakukan pemanggilan pada pada pengurus BEM UI setelah unggahan poster ramai diperbincangkan. Tak hanya itu, akun media sosial sejumlah pengurus dari BEM UI pun diretas.

Rizky menilai tindakan itu sudah melanggar kebebasan berekspresi dan kebebasan akademik yang dijamin di dalam konstitusi dan Undang-Undang. Maka dari itu, BEM Kema Unpad menyatakan tiga poin pernyataan sikap yang diunggah melalui akun Instagram @bem.unpad.


"Terdapat serangan digital berupa peretasan terhadap akun sosial media dari beberapa pengurus BEM UI. Oleh karena dirasa sudah melanggar kebebasan berekspresi dan kebebasan akademik," kata dia.


Poin pertama, sebagaimana dilihat dari unggahan BEM Kema Unpad yakni mengecam segala pembungkaman atas kebebasan demokrasi dan akademik. Kedua, BEM Kema Unpad mendesak agar Rektor UI Arief Kuncoro agar menjamin kebebasan berekspresi di kampus UI.


"Mendesak birokrat Universitas Indonesia yaitu Prof. Arief Kuncoro sebagai Rektor UI beserta jajarannya untuk menjamin kebebasan berekspresi di kampus Universitas Indonesia," bunyi unggahan tersebut.

Ketiga, BEM Unpad mengajak pada seluruh masyarakat Indonesia agar turut bersolidaritas atas kasus yang menimpa BEM UI. Unggahan itu kemudian diakhiri dengan tagar #KamiBersamaBEMUI.

"Mengajak khususnya kepada Kema Unpad serta seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut bersolidaritas dengan BEM UI dalam mengawal kasus ini serta kasus-kasus kebebasan berekspresi lainnya di Indonesia," lanjut unggahan tersebut.


BEM Unpad Desak Rektor UI Jamin Kebebasan Berekspresi di Kampus | kumparan.com

solidaritas kami dari seluruh nusantara, tunggu saja di istana

t1s
t1s memberi reputasi
1
1.3K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan