dancrutzAvatar border
TS
dancrutz
Kuliner Pagi dan Malam

Budaya kuliner memang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Dari mulai menu, rasa, waktu makan hingga perseteruan tanpa akhir kubu bubur diaduk dengan tidak diaduk. Sering nggak teman-teman pas ujan terlintas “enak nih makan mie”, atau pas jam sarapan bilang “ah masa pagi-pagi makan nasi padang”. Waktu makan juga mempengaruhi kenikmatan kita untuk menyantap menu yang ada. Nah, kali ini gw akan bahas menu makanan yang enak dimakan waktu pagi untuk sarapan dan juga nikmat untuk santap malam.

1.       Bubur Ayam



Dari jaman gw kecil bubur ayam ya untuk sarapan. Ga butuh waktu lama untuk cari tukang bubur di pagi hari. Tapi, sekarang bubur ayam juga sudah jadi hidangan yang cukup banyak dipilih untuk makan malam. Penjual bubur malam sekarang ini mudah ditemui dibeberapa tempat. Bedanya dengan tukang bubur naik haji pagi hari adalah kalo pagi lebih banyak keliling kampung sedangkan tukang bubur malam biasanya menetap di satu tempat aja. Di dekat rumah gw malah ada tukang bubur yang buka dari pagi sampe malam.


2.       Nasi goreng



Sarapan nasi goreng sudah lumrah disini. Menu simple, mudah dan cepat dalam penyajiannya, sangat cocok buat sarapan apalagi untuk anak sekolah. Demikian juga menjadikan nasi goreng sebagai menu makan malam sudah sangatlah umum. Bahkan penjual nasi goreng biasanya mulai beroperasi dari sore hingga larut malam.

3.       Nasi uduk


Penjual nasi uduk dilingkungan sekitar kita hanya buka di pagi hari untuk melayani kebutuhan sarapan orang-orang. Menu standar adalah nasi, orek tempe, bihun goreng dan aneka gorengan. Tidak jarang juga ditambah semur tahu, jengkol dan kentang juga telur balado. Penjual biasanya juga menjual lontong sayur sebagai side menu di warungnya. Untuk malam hari sudah banyak ditemui penjual nasi uduk dengan menu yang hampir sama dengan nasi uduk pagi. Tidak jarang pilihan lauknya ditambah ayam goreng, balado ikan dan lainnya. Nasi uduk juga mudah ditemui di penjual pecel/penyetan sebagai pilihan menu nasi.

4.       Sate Ayam


Jam operasi tukang sate umumnya malam hari. Tapi pernah nggak sarapan sate ayam pagi-pagi? Gw sering dan nikmat hehe. Di Jakarta belum pernah ketemu ada penjual sate di jam-jam sarapan. Gw sarapan sate ayam kalo pulang ke Magelang, kebetulan di belakang rumah nenek ada pabrik sate. Jadi, pagi-pagi pas penjualnya mau berangkat untuk jualan ke pasar dicegat dulu satenya di rumah. Sate ayam pakai lontong disiram bumbu kacang, nyamnyam deh pokoknya.

5.       Soto


Beberapa daerah khususnya di Jawa Tengah soto adalah menu sarapan. Porsi yang tidak terlalu besar dan kuah bening cocok untuk menu sarapan ringan dan menyegarkan. Menyantap soto di malam hari juga tidaklah salah. Kuah yang hangat dapat menjadi pilihan untuk yang butuh kehangatan di malam hari.

Yap, menu-menu di atas yang menurut gw umum dijumpai baik di pagi hari maupun di malam hari. Tentunya balik lagi ke selera masing-masing dan kebiasaan temen-temen juga. Tapi sebagai orang Indonesia yang cinta akan negeri ini “apapun minumannya, makannya tetap nasi”.
 
Spoiler for sumber:



tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan