afryan015Avatar border
TS
afryan015
Tanda Kiamat? Matahari Terbit Dari Utara?
      

Hay Gan Sekali kali nih ane kasih berita hehe barang kali berguna yak
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Hari kamis 17 Juni 2021, media sosisal digemparkan oleh sebuah video amatir memperlihatkan yang memperlihatkan matahari yang terbit dari sebelah utara, diketahui dari video tersebut, beberapa orang berseragam KORPRI yang sedang berada di sekolah yang diduga adalah seorang guru Madrasah Ailyah Negri (MAN) Binanamu Jeneponto.

Dalam video amatir terdengar dengan jelas suara pria sambil merekam fenomena alam tersebut. Ia merekam menggunakan kamera handphone (HP).


Suara pria dalam rekaman video amatir ini diketahui adalah suara salah satu guru di MAN Jeneponto yang menyaksikan langsung matahari terbit tersebut di ufuk utara. Selaku muslim, pria itu juga menyebut ada peringatan salah satu tanda kiamat.


"Dengan situasi ini, merupakan satu isyarat satu waktu nanti matahari akan terbit dari sebelah barat," kata pria tersebut.


Video tersebut ternyata sudah mendapat tanggapan dari salah satu tokoh masyarakat di Jeneponto, yakni Andi Tahal Fasni Karaeng Sutte, dirinya berpendapa seharusnya video itu tidak perlu disebar luaskan karena itu merupakan kejadian alam biasa, dan menurutnya sipembuat video itu bukan ahli dibidangnya untuk membuat video seperti itu.


"Tidak perlu dibuat lebih meluas, karena itu mungkin itu kejadian alami. Ini proses alam. Nah, kita bukan ahlinya di situ," ujar Andi Tahal.


 


Dan ternyata selain dari tanggapan Tokoh Masyarakat sekitar, Video tersebut sudah mendapat respon juga dari pihak BMKG Makasar, dan pihak BMKG Makasar membenarkan kejadian itu.


Prakirawan BMKG Makassar Agusmin H mengatakan, fenomena matahari terbit dari utara memang benar terjadi. Namun, fenomena tersebut merupakan hal yang lumrah atau normal terjadi pada setiap tahunnya.


“Fenomena tersebut biasanya disebut Gerak Semu Matahari (GSM)," kata Agusmin kepada Suara.com-jejaring Ayojakarta, Jumat 18 Juni 2021.


GSM merupakan suatu fenomena alam dimana kedudukan matahari seperti bergerak/bergeser ke utara dan selatan. Fenomena GSM ini terjadi setiap tahun. Dimana untuk kondisi saat ini matahari sedang bergerak/bergeser ke utara dan puncak kedudukannya di utara yaitu pada tanggal 21 Juni. Hal ini terjadi akibat dari pergerakan bumi yang mengelilingi matahari atau biasa disebut revolusi bumi sehingga posisi dari matahari seakan-akan terlihat terbit di utara. "Tidak usah panik," ujarnya.


Dengan adanya fenomena alam yang sangat langka terjadi atau jarang disadari oleh manusia tersebut diharapkan masyarakat jangan panik, namun tetap berserah diri kepada Tuhan yang maha kuasa.


 


Dan jika kita ingin membandingkan dengan perkataan baginda Nabi kita Muhammad SAW, bahwa tanda tanda kiamat yang berhubungan dengan matahari adalah jika matahari tersebut mulai terbit dari sebelah barat, namun sebelum terjadinya matahari terbit dari barat akan ada tanda tanda seluruh bumi akan digemparkan oleh malam yang terjadi selama tiga hari dan selama itu juga tidak akan terlihat matahari yang terbit, sehingga siang haripun akan gelap gulita, yang membuat kita merasa akan turun hujan yang sangat lebat.


Nah tapi kejadi itu belum terlihat hingga sampai saat ini, kita hanya bisa berdoa saja pada Allah supaya kita siap menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi di hari esok, tetap berprasangka baik pada Allah dan sesama, insyallah semua akan lebih baik.




 


Mungkin cukup segitu dulu info yang bisa saya sampaikan, jika ada hal yang tidak pas atau ada kekeliruan dalam penyusun materi, dan juga jika ada kesalahan teori mohon dimaafkan, karena manusia tak luput dari kesalahan.


TETAP LAKUKAN YANG TERBAIK UNTUK HARI INI SUPAYA HARI ESOK AKAN LEBIH BAIK DARI HARI INI



JANGAN LUPA JUKA BERKENAN UNTUK KASIH
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

fyrea1037
andi.3301
andi.3301 dan fyrea1037 memberi reputasi
2
807
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan