phiafAvatar border
TS
phiaf
Investasi Sederhana Versi Orang Tua Ane, Ada yang Senasib?
Disclaimer dulu ya, ane bukan ahli ekonomi dan kurang ngerti istilah-istilah finansial, jadi investasi yang ane bahas di thread ini mungkin bisa jadi kurang sesuai sama prinsip masing-masing orang, kalo ada yang kurang sreg boleh ditulis aja di komen ya biar ane juga bisa belajar hehe.

Oke lanjut, kita mau bahas apa tadi.. oh iya investasi, akhir-akhir ini emang investasi lagi anget banget di circle pertemanan ane, investasinya canggih-canggih deh dari mainan saham sampe cryptocurrency. Zuzur ane rada gelagepan ngikutin perkembangan jaman jadi untuk saat ini kayaknya belum mulai ikutan, tapi siapa sih yang gak tertarik kalo udah pake embel-embel investasi? Investasi menurut sederhana ane itu kan, kalo gak salah ya:


"Menanam modal atau dana dengan harapan mendapatkan keuntungan (return) di masa mendatang."



Betul kan?

Ternyata setelah diresapi lagi, jauh sebelum trend saham-sahaman ini, ternyata orang tua kita udah menerapkan investasi lho di kehidupan, walaupun bentuknya jauuuuh lebih sederhana dibanding dengan pengertian investasi finansial masa kini. Karena Insya Allah sebentar lagi ane mau memulai keluarga kecil ane, jadi sekalian ane share dimari ya apa aja bentuk investasi yang orang tua ane lakukan sebagai pengingat ane di masa depan:

Pendidikan
Ayah Ibu ane termasuk orang tua yang berusaha untuk memasukkan anak-anaknya di sekolah yang layak, sekolah yang dimaksud bukan yang standar internasional, tapi sekolah negeri yang cukup unggulan di kota ane. Tujuannya supaya ane dan kakak ane bisa lebih mudah untuk masuk PTN idaman. Harapannya sederhana, dengan ane bersekolah di tempat yang baik maka lebih besar kesempatan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, keuntungannya jadi orang tua ane bisa lebih tenang di masa mendatang tanpa pusing-pusing mikirin nasib anak-anaknya. Hasilnya? Alhamdulillah walaupun untuk saat ini ane juga belom bisa dibilang sukses-sukses amat, setidaknya ane bisa hidup dengan penghasilan sendiri, walaupun perjalanan untuk bisa sekaya Raffi Ahmad masih sangat panjaaaaang.

Tempat Tinggal
Ane masih inget waktu ane masih SMP, Ayah Ibu ane udah berniat tinggal di kampung di masa pensiun, semenjak saat itu Ayah Ibu ane selalu nyisihin uang untuk beli sawah di pinggiran bogor sepetak demi sepetak. Awalnya cuma bisa dibangun saung, terus nambah lahan buat bikin kolam, nambah lagi bikin mushola kecil, terus sampe sekarang akhirnya jadi rumah masa tua yang gak terlalu besar, tapi cukup buat Ayah ane bercocok tanam.
Ayah dan Ibu ane bilang dengan penghasilan yang sama, mungkin mereka cuma bisa dapet rumah yang cukup lah di pinggiran Jakarta, tapi di kampung ini Ayah ane jadi bisa punya sawah yang bisa digarap dan hasilnya bisa dijual lagi. Hasilnya gak seberapa, tapi keuntungan yang orang tua ane rasakan lebih ke rasa nyaman hidup di kampung kali ya.

Hubungan Bermasyarakat
Semenjak mulai hidup di kampung, orang tua ane jadi lebih sering menyempatkan diri buat gabung di komunitas RT RW, Ibu ane bikin PAUD sederhana buat anak-anak di sekitar rumah dengan nyisihin uang bulanan dan sumbangan dari temen-temen Ayah ane, hasilnya sekarang anak-anak didik Ibu ane udah mulai besar dan masih sering dateng ke rumah buat bantu-bantu nyiapin acara, ada juga anak murid yang rutin ngebersihin tanaman peliharaan Ibu ane atau bantuin Ayah ane di sawah, warga sekitar juga alhamdulillah hubungannya baik dan siap sedia membantu, ane juga jadi ikut seneng karena orang tua ane termasuk pendatang di kampung ini tapi dikelilingi orang-orang yang baik dan lebih dekat dari keluarga sendiri.

Kira-kira begitulah investasi yang orang tua ane lakukan, menurut ane investasi itu ada banyak bentuknya tergantung apa keuntungan yang diharapkan masing-masing orang. Bagi orang tua ane, yang ingin dicapai di masa tua adalah anak-anak yang mandiri alias gak masih bergantung hidup sama orang tua, tempat tinggal yang nyaman dan gak pusing sama cicilan atau pajak bangunan yang besar, dan hubungan yang baik dengan orang sekitar, jadi fokus spending di tiga hal itu dan alhamdulillah mereka cukup bahagia dengan outcomenya. Sebenernya masih banyak hal kecil yang diinvestasikan orang tua ane, tapi kalo semuanya ditulis dimarih besok-besok ane jadi keabisan topik dong wkwk jadi ane sudahi dulu thread kali ini, sampai ketemu di thread lainnya ya GanSis.

Thank you for mampir, byeee!
toinxx08
pakisal212
anton2019827
anton2019827 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan