Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Selain Bisa Memaku dan Memalu, Ini 4 Hal yang Harus Dimiliki Oleh Tukang Bangunan

Memaku dan memalu semua orang juga bisa. Tapi inilah 4 hal yang harus dimiliki oleh seorang tukang bangunan, cek selengkapnya!



Assalamualaikum dan selamat pagi agan dan sista dimana pun berada. Gimana kerjanya hari ini lancar? Semoga lancar ya. Soalnya setiap pekerjaan akan bisa lancar apabila si pekerja nya memiliki salah satu hal wajib yaitu adanya skill atau kemampuan.

Jelas gak bisa dong kalau kerja hanya sekedar kerja. Kayak kata buya hamka, bahwa "kalau manusia kerja hanya sekedar kerja, kerbau di sawah juga kerja. Kalau hidup hanya sekedar hidup, kera di hutan juga hidup". Nah apa pelajaran yang bisa diambil?

Salah satunya memang ada terkandung nasehat untuk kerja, hidup, dan ibadah beriringan. Tapi ada lagi nilainya yaitu kerja harus punya skill atau kemampuan. Karena kalau suatu pekerjaan ditangan yang bukan ahlinya maka akan bahaya dan sia-sia.

Salah satunya tukang bangunan. Menjadi seorang tukang bangunan bukan hanya soal pekerjaan memaku dan memalu saja ya. Tetapi ada banyak hal yang harus dimiliki oleh seorang tukang bangunan ini.

Sebelum kita to the point, ane jelasin dulu kalau tulisan ini bersumber dari ketika rumah ane lagi direnovasi, jadi ane sambil observasi, eh muncul ide ini hehe. Oke gak usah lama-lama lagi, inilah 4 hal yang harus dimiliki oleh seorang tukang bangunan. Let's talk about it.

1. Desain bangunan
Quote:

Keterampilan ini biasanya hanya dimiliki oleh seorang desainer dan arsitek saja. Namun tidak menutup kemungkinan kalau seorang tukang bangunan juga bisa. Alih-alih menambah skill, juga bisa menambah penghasilan dari desain bangunan sesuai permintaan user.

Seperti bapak ane gan sis. Beliau selain tukang, juga bisa desain interior dan eksterior rumah sesuai permintaan orang yang mau nyewa tenaganya. Padahal gak ada belajar dibangku kuliah. Tapi belajar dari pengalaman. Alhasil sampai sekarang dikenal sebagai insinyur walaupun hanya julukan dan bukan gelar yang ada ijazahnya hehe.

2. Fisik kuat
Quote:

Yang kedua ini bisa dikatakan hampir semua tukang bangunan harus dan sudah punya. Kekuatan fisik. Sudah seharusnya menjadi seorang tukang di bidang pembangunan rumah atau gedung untuk memiliki kekuatan fisik yang mumpuni.

Sebagai contoh, ada tukang yang bikin plavon di rumah kakak ane. Kebetulan ane menginap dirumahnya, dan sambil ngobrol sambil observasi ke tukang bangunan ini. Yang ane lihat adalah dia ini, si tukang bangunan ini fisiknya kuat banget. Berjam-jam berdiri, berkutat dengan bangunan, dan sambil angkat-angkat barang berat.

3. Tahan kantuk
Quote:

Yang ketiga ini juga sudah pasti dimiliki dan seharusnya dimiliki oleh tukang bangunan ya gan sis. Soalnya gak bakal kelar bangunannya kalau dikit-dikit ngantuk, dikit-dikit tidur hehe. Oleh sebab itu mereka seperti sudah kodratnya untuk tahan ngantuk.

Contohnya masih seperti tukang yang lagi kerja di rumah kakak ane ini. Dia ini habis kerja seharian, berat-beratan, malam ni bukannya lekas tidur tapi malah begadang. Ternyata dia bukan sengaja untuk begadang. Tapi memang tahan banget untuk tidak ngantuk. Mungkin ada hormon yang mempengaruhinya ya gan sis.

4. Perhitungan bagus
Quote:

Nah yang terakhir ini menurut ane juga sifatnya gak semua orang punya perhitungan bagus. Tapi kalau tukang bangunan yang ulung dan jam terbang tinggi gak usah diragukan perhitungannya. Kalau arsitek mungkin jarang sih menurut ane yang punya perhitungan bagus.

Kayak tukang bangunan yang ada di desa ane ni sedikit yang punya perhitungan bagus. Yang perhitungannya bagus nih pernah ane lihat dia memaku papan ke kayu-kayu yang ada buat dinding itu gak pakai meteran buat ngukur, eh hasilnya lurus aja. Memang perhitungannya udah teruji dari pengalaman.

Oke segitu dulu untuk thread ane, ini thread entertainment yang bersumber dari observasi ane terhadap tukang bangunan ya gan. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Gak berniat untuk menyinggung atau menghina pihak manapun. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya ya.


Referensi: Opini & pengalaman pribadi
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
jagotorpedo
ujellyjello
edelweis111
edelweis111 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
2.4K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan