Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
7 Ide Kreatif Versi Ane Untuk Kemajuan Wisata Banyuwangi


Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar Agan Sista semuanya, semoga selalu sehat dan tetap semangat, semangat dalam menjalani kehidupan ini.

Jumpa kembali di Thread Ane yang kali ini ingin memberikan beberapa ide-ide kreatif untuk perkembangan pariwisata di Banyuwangi. Semoga ide-ide yang Ane tuangkan di sini dapat bermanfaat untuk kebaikan dan kemajuan Banyuwangi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menilai Banyuwangi layak menjadi contoh kabupaten, yang sukses dalam mengembangkan berbagai event kepariwisataan.
Untuk itu Banyuwangi dinilai bisa menjadi contoh kabupaten-kabupaten lain di Indonesia, untuk mengemas suatu event lokal sehingga bisa menarik perhatian publik lebih luas.

Menparekraf Wishnutama saat peluncuran Calender of Event (CoE) bertema Majestic Banyuwangi Festival bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Balairung Soesilo Sudarman, Rabu (8/1/2020) mengapresiasi ide kreativitas Pemkab Banyuwangi itu, untuk menggelar banyak event.

Hal itu memudahkan peran pemerintah pusat untuk mendorong daerah lain agar mereplikasi sukses tersebut. Sebab event pariwisata yang dikemas secara serius, akan memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat termasuk meningkatkan devisa bagi negara.

“Saya sangat mengapresiasi langkah pengembangan pariwisata di Banyuwangi. Sebenarnya itu memudahkan tugas kami untuk meyakinkan daerah-daerah lain, bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif itu bisa membuat masyarakat jauh lebih sejahtera.




Target Kemenparekraf menjadikan pariwisata sebagai penghasil devisa terbesar kedua di Indonesia, "Kalau kami punya kabupaten-kabupaten seperti Banyuwangi, Insya Allah dalam waktu dekat devisa pariwisata bisa nomor satu,” katanya.

Wishnutama juga menceritakan pengalamannya saat baru dilantik menjadi Menparekraf oleh Presiden Joko Widodo. Banyak pertanyaan yang ditujukan kepada dirinya bagaimana dampak pariwisata dan ekonomi kreatif itu kalau digabungkan.

“Selalu yang saya sampaikan satu contoh, jika pariwisata dan ekonomi kreatif bila digabungkan bisa berkolaborasi dengan baik, saling support satu sama lain contohnya Banyuwangi. Memang ini bukti bahwa pariwisata jika didukung dengan kemampuan kita berpikir dan berkreasi bisa memberikan dampak yang luar biasa,” katanya.

Menparekraf juga menjelaskan masih banyak yang mencibir dan memandang sebelah mata terkait penyelenggaraan event. Namun bila dilihat ke belakang penyelenggaran Asian Games 2018 bisa menjadi modal semangat yang membuktikan bahwa Indonesia mampu menggelar event berstandar internasional.

“Jika kami merenung ke belakang, melihat opening Asian Games 2018 yang sebelumnya banyak yang ‘under estimated’. Namun pada saat penyelenggaraan tersebut ternyata memukau mata dunia, seluruh masyarakat Indonesia begitu bangganya, dalam 2-3 jam masyarakat Indonesia bersatu namun habis itu ‘ramai’ lagi dan itu biasa. Tetapi paling tidak kita punya kebanggaan. Dan itu yang dilakukan Banyuwangi selama ini,”





Beberapa pemaparan yang dijelaskan di atas, berikut adalah ide-ide yang bisa Ane kontribusikan untuk masa depan Banyuwangi. Banyak sekali ide-ide untuk memajukan Banyuwangi, terutama sektor pariwisata, mungkin juga ada banyak kesamaan Ide antara orang satu dengan orang yang lainnya, akan tetapi semua itu memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk memajukan Kota Banyuwangi kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Berikut ini adalah tujuh ide yang dapat Ane sumbangkan untuk Kemajuan Banyuwangi.

Ide-ide tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mengadakan event-event yang berskala Nasional maupun Internasional.

2. Memperkenalkan tempat-tempat wisata di laut maupun pegunungan secara luas.

3. Memperkenalkan berbagai macam kebudayaan di Banyuwangi kepada turis lokal maupun turis Manca Negara.

4. Menjaga kenyamanan dan ketertiban pengunjung wisata di Banyuwangi contoh akses jalan yang baik, penginapan yang baik.

5. Mengeksplor lagi wisata-wisata pertanian, dengan membuat daerah wisata kebun buah, kebun bunga, tanaman-tanaman hijau yang menyegarkan pandangan, yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang ke Banyuwangi.

6. Menjaga kebersihan di tempat lokasi wisata dengan memberikan fasilitas MCK yang memadai. Tempat sampah yang selalu ada agar wisatawan tidak membuang sampah dengan sembarangan, dengan berbagai papan pengumuman, buanglah sampah pada tempatnya, Aku malu bila membuang sampah sembarangan dan lain-lain.

7. Menyambut dengan ramah dan sopan kedatangan turis lokal maupun manca negara. Menggratiskan tiket masuk untuk tempat wisata yang belum terkenal.


Itulah beberapa points yang bisa Ane Sumbangkan untuk masa depan Banyuwangi, sehingga Banyuwangi bisa menjadi kota wisata andalan Banyuwangi khususnya dan Andalan Indonesia pada umumnya.

Sekian Thread Ane, semoga bermanfaat sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap bahagia bersama teman-teman dan keluarga tercinta.
Bye ... bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar dan referensi:
klik
Diubah oleh trifatoyah 20-06-2021 22:00
ElviHusna
VitaArkana
yunda.me
yunda.me dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan