Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Utang Waskita Karya (WSKT) numpuk, Wakil Menteri BUMN beberkan penyebabnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa saat ini salah satu BUMN karya yang perlu diselamatkan adalah PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Tercatat, per Desember 2020 Waskita Karya memiliki total utang sebesar Rp 89 triliun.

Pinjaman bank Waskita sebesar Rp 57 triliun yang terbagi di induk maupun anak perusahaan. Selain itu terdapat utang usaha dan utang lainnya sebesar Rp 19 triliun.


Tiko mengatakan, opsi penyelamatan yang perlu dilakukan ini lantaran WSKT merupakan BUMN Karya yang banyak melakukan investasi ke 13 proyek jalan tol. Misalnya saja pada tahun 2015 banyak jalan tol yang tidak berjalan kemudian diselesaikan oleh WSKT. Misalnya saja tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 kilometer.

“Karena ini investasi, maka setelah selesai idealnya dijual. Namun karena adanya pandemi Covid-19 maka belum dapat kita jual semua,” ujar dia dalam acara Business Talk, acara kolaborasi Kontan.co.id dan Kompas TV yang disiarkan secara live, Selasa (9/6).

Baca Juga: Utang Waskita Karya (WSKT) menumpuk, pengamat BUMN sebut ada dua opsi penyelamatan

Namun, Tiko mengatakan sebelum adanya pandemi Covid-19, WSKT telah menjual dua ruas toll diantaranya ruas Tol Solo-Ngawi yang dioperasikan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) dan ruas Tol Ngawi-Kertosono- Kediri.

Tiko berharap divestasi yang dilakukan tersebut dapat dilakukan dengan pembeli-pembeli yang memang cocok dengan harga yang baik. “Saat ini kita sedang berproses juga diantaranya dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Taspen dan juga dengan INA-SWF,” tutupnya.

https://investasi.kontan.co.id/news/...an-penyebabnya
0
1.5K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan