husnamutiaAvatar border
TS
husnamutia
Jangan Terbuai, Meskipun Cantik Tetapi Beracun dan Berbahaya



Siapa yang tidak suka melihat sesuatu yang cantik? Setiap manusia normal pasti senang melihatnya. Namun siapa sangka jika dibalik tampilan cantiknya, 5 jenis bunga ini berbahaya bagai manusia dan hewan jika dikonsumsi.

Rasanya istilah cantik beracun tak salah untuk menggambarkan kelima tanaman ini karena jika sampai dikonsumsi bunga ini bisa membahayakan kesehatan bahkan akibat terburuknya bisa menghilangkan nyawa.

Jadi meskipun tampak indah dan memanjakan mata, sebaiknya tanaman-tanaman ini disimpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

1. Jenis Bunga Lily




Siapa yang tak kenal dengan lambang cinta sejati ini. Yap, warnanya yang cantik serta cara menanam dan perawatannya yang mudah membuat bunga ini menjadi pilihan untuk dijadikan hiasan. Ane pun suka sekali dengan jenis bunga ini.

Namun siapa sangka dibalik kecantikannya, daun dan kelopak bunga Lily mengandung racun. Jika dikonsumsi bisa membuat tenggorokan panas dan terbakar.

2. Bunga Ranunculus




Pecinta tanaman hias tentu kenal dengan bunga yang melambangkan pesona dan ketertarikan ini. Benar sekali bunga Ranunculus.

Coba perhatikan, sangat cantik bukan? Selain bentuknya, warnanya pun beragam dan terlihat sangat indah.

Jika melihatnya sekilas, agan sista pasti mengira jika ini merupakan jenis bunga mawar, kerena bentuknya sangat mirip.

Namun, seperti halnya bunga Lily, bunga ini juga sangat beracun jika dikonsumsi yang mengakibatkan gangguan pencernaan.

3. Hydrangea




Bunga ini merupakan bunga populer di kalangan pecinta tanaman hias. Selain warna dan bentuknya yang cantik, bunga ini memiliki beberapa keunikan, yaitu: Bunga ini bisa diatur warnanya tergantung PH tanah. Warna Bunga Hortensia dapat berubah warna (kecuali hydrangea putih). Saat pH tanah berada di 4,5-5,5 (asam) bunganya akan berwarna biru. Dari setiap warna bunganya mempunyai arti yang berbeda.

Bunga ini dianggap beracun karena mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan melepaskan senyawa hidrogen sianida saat tertelan. 

4. Foxglove




Warna yang mencolok serta bentuknya yang seperti lonceng sangat menarik untuk dilihat terlebih anak-anak.

Namun di balik keindahannya ini Kandungan glikosida terdapat pada seluruh bagian dari foxglove. Glikosida dapat menyebabkan beberapa reaksi keracunan seperti mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala hingga delirium. 

5. Bunga Azzalea




Jika pergi ke tukang tanaman hias, tentu kita dengan mudah menemukan bunga ini. Bunga ini biasa dibadrol sekitar dua puluh ribu hingga lima puluh ribu. Namun di balik kecantikan bunganya ternyata bunga ini juga beracun bahkan hampir seluruh bagian dari bunga ini beracun. Tentu saja apabila dikonsumsi, bagian batang, daun, ataupun kelopak bunganya. Efek yang ditimbulkan bisa berupa sesak napas, kelumpuhan, bahkan kematian. Mengerikan ya, gan sis?

6. Jenis Bunga Autumn Crocus




Lihatlah betapa imut dan cantiknya bunga ini. Waktu ane kecil akrab sekali dengan bunga ini. Karena mudah tumbuh dan daunnya kecil-kecil hijau. Biasanya buat masakan-masakan. Beruntunglah waktu kecil dulu gak nyoba-nyoba untuk dimakan. Karena ternyata bunga ini adalah satu satu bunga yang sangat beracun, gan sis. Jika dikonsumsi bunga ini bisa menghilangkan tekanan darah hingga penyakit jantung yang bisa membawa pada kematian.


Bagaimana agan, sista, apa punya jenin bunga-bunga ini di rumah? Jika iya, sebaiknya dijauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan. Lebih baik waspada dari pada menyesal kemudian bukan?

Terima kadih sudah mampir di thread ini dan sampai jumpa di thread lainnya.

Narasi pribadi dari sumber referensi yang terkait yang tekah disebutkan di atas.

Salam Santun
Mutia AH







Diubah oleh husnamutia 04-06-2021 12:49
emineminna
japarina
nirankara
nirankara dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan