Rain171Avatar border
TS
Rain171
Untung main saham Dan Cerita Pengalama Dari Awal Investasi Saham
Hallow Agan sista!
Ane mau cerita nihhh
Tentang Pengalaman Ane Memulai Trading.
Semoga bisa menjadi Inspirasi untuk kalian semua.

Nah. Sebelum saya terjun ke trading saham tentunya saya tidak memahami arti sebuah trading dan investasi. Namun hal tersebut bukan menjadi hambatan saya untuk terus belajar.

Mulai dari mengikuti KSPM atau Kelompok studi pasar modal di kampus hingga belajar di Internet mengenai trading.

Sebelum mencari sekuritas saya mengamati dan mengambil list beberapa sekuritas yang menurut saya mempunyai biaya yang murah untuk membeli dan menjual saham.

Hal ini menjadi pertimbangan saya dalam memilih sekuritas.

Perusahaan sekuritas yakni perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek,atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal.

Perusahaan sekuritas sebagai perantara bagi para investor dan perusahaan yang ingin melakukan jual beli saham.

Nah. Dari situ saya banyak mengenal sekuritas mulai dari Indo Premier Sekuritas, BNI sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, Mandiri Sekuritas. Indo Premier Sekuritas adalah yang di Promosikan di Kampusku dan menjadi rekanan di kampusku pada saat itu.

Aku mendaftar IPOT/Indo Premier dengan biaya sekitar Rp. 100.000 Kalau tidak salah untuk pengisian Rekening dana Nasabah. Saya memilih Sekuritas tersebut karena saran dari temanku yang katanya mudahnya akses melalui HP.





Namun sayangnya saya waktu itu tidak aktif untuk mengisi RDN dan Belum memulai transaksi saham sampai akhirnya akun saya sudah hilang. Jadi rugi setoran sebesar 100.000 dong ya. Wkwkwkwk

Selang beberapa lama saya belajar kembali seputar investasi. Yakni belajar mengenai analisis teknikal dan fundamental Serta belajar dari pengalaman pengalaman pribadi kawan kawan saya di komunitas, lingkungan dan juga masyarakat.

Analisis fundamental saham dipergunakan agar untung dalam jangka panjang. menggunakan laporan keuangan sebagai basis untuk menilai atau valuasi saham. Saya belajar cara menghitung dan mengamatinya setiap waktu.



Selain itu saya juga belajar mengenai Analisa teknikal yakni analisa berdasarkan pada data2 mengenai harga historis yang terjadi pada pasar saham.

Lambat laun saya melihat bahwa investasi saham menggiurkan dalam segi keuntungan. Saya mencoba untuk menggeluti bidang saham lagi dengan mendaftarkan diri lagi di sebuah sekuritas namun kali ini saya memilih RHB sekuritas dengan biaya yang relatif murah dan gratis biaya pendaftaran langsung penyetoran dana di RDN sendiri.

Kali iti saya investasi Pertama dengan pembelian saham Unilever yang Semakin meningkat pesat sejak tahun 2014 hingga 2017. Saya jual dengan keuntungan yang lumayan besar meskipun pembelian hanya beberapa lot saja.

Sejak saat itu saya semakin yakin bahwa keputusan untuk investasi saya adalah keputusan yang tepat.

Dan untungnya lagi, setelah saya jual ternyata saham UNVR anjlok hingga sekarang. Memang perlu dibutuhkan ketelitian untuk mengamati pasar saham dengan cermat. Sekarang saya memiliki saham telkom dan antam yang alhamdulillah harganya naik.

Saya akan mencoba untuk Trading untuk mendapatkan kesempatan keuntungan yang berlipat lipat.

Semoga usaha dan kerja keras dalam belajar tidak menghianati hasil.



Oke sekian dulu thread dari saya seputar pengalaman saya mengawali investasi saham. Semoga saya bisa menulis mengenai saham di thread berikutnya untuk teknik analisa dan lain sebagainya.

Forum Forex klik


sumber Informasi 1.sumber 2. Sumber 3klik

Gambar 1, 2, 3
Diubah oleh Rain171 11-06-2021 03:49
0
275
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan