Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mukakinclongAvatar border
TS
mukakinclong
Agan Ingin Menikahi Gadis Aceh? Siapkan Mahar Seberat 10 Mayam Emas

sumber

Mahar adalah maskimpoi yang menjadi syarat pernikahan dalam masyarakat Muslim. Bentuk mahar cukup beragam mulai dari seperangkat alat salat, benda tertentu maupun perhiasan seperti emas.

Di Aceh, untuk bisa meminang seorang gadis, para pemuda minimal harus mampu menyiapkan mahar atau biasa disebut jeulame sebesar 10 mayam emas (30 gram) emas murni atau hingga mencapai 50 gram hingga 60 gram banyaknya.

Adapun mayam merupakan satuan hitungan emas di masyarakat Aceh. Jika ditakar dalam gram, maka satu mayam memiliki seberat 3,33 gram. Bukan nilai yang sedikit untuk harga per mayam. Satu mayam emas dihargai mulai Rp2 juta hingga Rp2,3 juta di Aceh, tergantung harga pasaran.

sumber

Nah, untuk menyiasatinya para pemuda Aceh biasanya menabung emas sedari awal bagian dari persiapan pernikahan dengan gadis pujaan.

Tidak bisa dipungkiri jumlah maskimpoi menjadi ujian terakhir pria sebelum meminang gadis pujaannya yang menunjukkan keseriusan dalam membina rumah tangga, juga komitmen jangan sampai mudah bercerai.

Tidak ada ketentuan untuk menentukan berapa jumlah mahar untuk meminang gadis Aceh. Namun sebagian masyarakat percaya, jumlah mahar ditentukan dari berbagai sisi. Mulai dari paras, keturunan, pendidikan hingga status sosial.

Jumlah mahar berupa emas juga berbeda di tiap kabupaten/kota di provinsi itu. Bahkan beberapa wilayah sudah memiliki patokan tersendiri. Namun, rata-rata dalam sebuah pernikahan, jumlah mahar yang diberikan berkisar 10 - 25 mayam emas.

Ini belum termasuk kebutuhan lainnya termasuk untuk keperluan guna mengadakan pesta.

Budayawan Aceh Tarmizi A Hamid menjelaskan perkara mahar di Aceh sudah tergolong tinggi sejak masa kerajaan Aceh ratusan tahun lalu. Mahar berupa emas digunakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pria terhadap muruah kaum wanita.

Itulah sekelumit info tentang Agan Ingin Menikahi Gadis Aceh? Siapkan Mahar Seberat 10 Mayam Emas.

Saat browsing tiba-tiba jaringan internet loadingnya lama kan sebel banget, Nah biar lancar jaya gansis bisa baca berita dengan menggunakan kartu smartfren yang jaringannya sudah luas di seluruh Indonesia tidak terkecuali di Aceh.

Jika agan sista sedang berada di Aceh menggunakan paket internet smartfren yang murah dan unlimited kini jaringannya sudah luas loh, berikut gambaran sinyal disana.



Quote:


Berikit gambaran jelasnya gansis dibawah ini:

sumber

Sekian thread ane kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kaskuser semua. Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan dan jaga jarak. See u.

©mukakinclong 2021
Opini pribadi
Referensi: 1, 2,
Diubah oleh mukakinclong 03-06-2021 21:27
Alfan.Frink
sinaraura
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.5K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan