Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

InaSendryAvatar border
TS
InaSendry
Saat Perjuangan Belum Juga Membuahkan Hasil, Apa yang Mesti Dilakukan?


Perjuangan memang tidak mudah untuk dilakukan. Kita seolah sedang menapaki jalan menanjak tanpa ujung.
Begitu melelahkan.


emoticon-Hai

Hai, Agan Sista. Mungkinkah ada di antara kalian ada yang saat ini sedang berada pada posisi "sedang lelah" memperjuangkan sesuatu yang tak kunjung membuahkan hasil? Lantas, apa yang mesti dilakukan?

Yang namanya berjuang, wajar kok, jika terbentur dengan kegagalan dan kegagalan lagi. Toh, bukan hanya kita yang mengalami. Orang lain pasti juga merasakannya.

Mungkin mereka hanya menampakkan kebahagiaannya saja. Sementara bagian yang pahit-pahit disembunyikan. Atau kitalah yang sebenarnya melihat mereka saat sedang sukses saja, tanpa tahu jatuh-bangunnya mereka saat berjuang.

emoticon-Malu

Merasa lelah itu manusiawi. Manusia bukanlah mesin yang dirancang untuk sekian mengerjakan target yang nggak masuk akal. Bahkan mesin/robot saja bisa eror jika kerjanya berlebihan.

Lantas, apa yang mesti kita lakukan di saat-saat seperti ini? Mungkin 3 hal yang ane sarankan ini bisa memberikan sedikit penghiburan/pencerahan buat Agan dan Sista.

1. Legowo dengan semua hal yang terjadi

sumber

Sebagai manusia, kita hanya mampu merancang dan berusaha yang terbaik. Namun hasilnya nanti, menjadi wewenang Sang Pencipta yang memberikan takdir pada kita.

Terlalu menyesali yang sudah terjadi hanya akan menghambat kita untuk maju. Maka legowo adalah sikap yang paling tepat kita terapkan. Berusaha menyadari bahwa kelak pasti ada saatnya buat kita untuk tersenyum, melihat pencapaian yang telah diperjuangkan.

2. Istirahat

Mengistirahatkan jiwa dan raga sangat penting dilakukan. Ibarat ponsel/laptop yang dihajar terus pastilah menjadi panas komponennya. Istirahatlah demi kesehatan, karena kesehatan adalah modal pertama ketika Gansis berusaha mewujudkan impian.

sumber

Istirahat yang cukup akan membuat otak kita cukup energi untuk "bertarung" lagi. Hingga bisa memunculkan ide-ide segar yang sebelumnya tidak terlintas.

3. Memelihara harapan

Lelah boleh. Sedih silakan. Asal jangan sampai kehilangan harapan. Harapan ibarat pelita yang kita pegang saat melalui jalan gelap. Harapan akan memandu kita untuk terus berada di rel yang benar.

Selama kita masih memegang erat harapan, satu jalan buntu tak akan membuat kita mundur. Selalu ada jalan lain yang bisa kita tempuh. Selama masih memegang harapan, kita juga masih bisa meminta pada Tuhan, agar senantiasa diberikan kemudahan dalam setiap urusan.

Menuliskan hal ini bukan berarti ane sudah mahir mengatasi segala kesulitan yang datang. Ane pun sama dengan Agan dan Sista, sama-sama belajar untuk terus maju dan tidak menyerah dalam memperjuangkan impian. Setidaknya, dengan melakukan tiga hal tersebut, bisa membuat kita bangkit lagi dari kesedihan.

:terimakasih

Sekian thread ane kali ini. Terima kasih buat Gansis yang sudah berkenan membaca. Silakan juga apabila ada tambahan, bisa saling berbagi motivasi di kolom komentar.

Malang, 4 Juni 2021

Narasi opini pribadi

referensi
caduceus22
caduceus22 memberi reputasi
1
438
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan