Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Siapa Saja Sih Pembuat Body Bus Paling Terkenal Di Indonesia?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar siapa saja pembuat body bus paling terkenal di Indonesia.



Ketika melihat sebuah bus di jalanan dan terminal, mungkin yang terlihat pertama adalah model bodynya terlebih dahulu. Model bodynya mungkin begini, modelnya seksi, modelnya sangar sekali, modelnya ke-eropaan sekali.

Mungkin Gansis bingung, siapa saja sih pembuat body bus tersebut? Apakah pembuat body bus tersebut adalah produsen asal luar negeri? Apakah pembuat body bus tersebut adalah produsen Indonesia sendiri?



Nah, kali ini, di thread ini ane bakal bahas seputar siapa saja sih pembuat body bus paling terkenal di Indonesia dan desain-desain khasnya untuk memuaskan rasa penasaran Agan dan Sista nih.

1. Adiputro




Karoseri Adiputro. Yup, PT Adiputro Wirasejati. Berdiri pada tahun 1973 sebagai perusahaan pembuat body mobil penumpang dan tahun 1990an sebagai pembuat body bus, kini Adiputro telah menjadi trendsetter dunia bus Indonesia.

Desain seperti gambar diataslah yang menjadi signature Adiputro. Yup, Jetbus. Jetbus generasi pertama, kedua, ketiga. Jetbus adalah lineup andalan karoseri Adiputro, tersedia berbagai macam model mulai dari Jetbus MC untuk Isuzu Elf NLR Series hingga Jetbus SDD, bus tingkat untuk sasis bus tronton.



Kini sudah sangat mudah menemukan produk Adiputro dimana-mana. Di jalan tol, di jalan raya, sangat mudah untuk menemukan bus dengan body buatan karoseri Kuda Jingkrak asal Malang satu ini.

2. Laksana




Geser sedikit ke Ungaran, Jawa Tengah, ada karoseri Laksana yang sudah berdiri sejak 1967 sebagai bengkel mobil, 1977 sebagai pembuat body mobil dan 1980-1990an sebagai pembuat body bus dan 2009an mulai mengekspor produk bus. Baru-baru ini, Laksana juga telah melakukan uji guling berstandar E.C.E R66.

Desain busnya seperti ini. Desainnya sangar, inilah desain khas Laksana. Ane sebenarnya suka sekali dengan desain karoseri asal Ungaran ini. Sangar, cenderung lebih membulat bodynya, dan seksi sekali. Lineup produk utamanya adalah SR-2 Series, mulai dari SR-2 Sky hingga SR-2 XDD untuk bus tingkat yang dipasangkan ke sasis bus tronton.



Gampang sekali menemukan bus dengan body buatan karoseri asal Ungaran ini. Tinggal ke jalan tol Transjawa, pasti ketemu deh. Produk Laksana telah merambah kemana-mana, mulai dari Jakarta sampai ke Bangladesh.

3. Morodadi Prima




Bus dengan desain paling "Eropa" di Indonesia? Tentunya, bus dengan body buatan Morodadi Prima. Morodadi Prima sendiri didirikan sejak tahun 1964 sebagai pembuat body bus di Malang, Jawa Timur (CMIIW). 

Desainnya sebenarnya beragam sekali, tetapi kebanyakan mengambil desain Setra dan membeli lisensinya. Setra sendiri merupakan karoseri asal Jerman yang cukup terkenal di negeri asalnya. Ke-eropaan sekali. Morodadi juga terkenal akan bodynya yang tebal dan kuat.



Sebenarnya, jika jeli, lumayan gampang kok menemukan bus berbody Morodadi Prima. DAMRI, ANS, dan OBL banyak menggunakan bus dengan body besutan karoseri tertua asal Malang ini.

4. Tentrem




Tentrem, yup. Agak unik mungkin mendengar namanya. Tentrem sendiri merupakan karoseri asal Malang pula yang sudah berdiri sejak tahun 1986 sebagai bengkel untuk PO Tentrem, 1988 sebagai bengkel umum. Ane kurang tahu kapan Tentrem mulai memproduksi body bus.

Desainnya seperti ini. Kacanya jenong, khas Avante zaman sekarang yang juga meningkatkan aerodinamika pula. Keren, gagah dan sexy desainnya. Headlampnya juga gagah.



Mudah kok menemukan bus berbody Tentrem di jalanan. Banyak sekali PO yang pakai Tentrem, mulai dari ALS, Sudiro Tungga Jaya, Harapan Jaya, Mtrans, dan lainnya banyak yang pakai bus berbody Tentrem.

Yup, itulah 4 pembuat body bus yang menurut ane paling terkenal di Indonesia saat ini Gansis. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

tukangparkirgan
davecchio
secer
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
3
2.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan