ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Kenapa Sih Bus Zaman Now Mulai Tidak Memakai Pintu Driver Di Sisi Kanan?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar kenapa sih bus zaman now mulai tidak memakai pintu driver di sisi kanan nih Gansis.


Ketika melihat sebuah bus model terbaru, mungkin Gansis akan sadar bahwa kadang bus tersebut terlihat tak memakai pintu di sisi driver sama sekali dan driver hanya bisa keluar lewat pintu bagian penumpang.

Sementara, bus-bus yang sudah lawas, hampir semuanya memakai pintu driver sehingga driver akan lebih mudah untuk akses keluar-masuknya, dan gak perlu repot-repot geser ke pintu penumpang.


Lalu, mengapa? Kalau mungkin menyulitkan driver, mengapa bus model terbaru mulai meninggalkan pintu driver di sisi kanan ya? Semua pasti ada alasannya, nah oleh karena itu ane buatkan thread ini untuk membahas hal tersebut.

1. Pertanggungjawaban Driver



Sudah banyak kejadian kecelakaan bus dimana driver kabur dan tak mau bertanggung jawab dan itu kaburnya melewati pintu driver sebelah kanan, dimana biasanya kabur lalu bersembunyi, tidak mau bertanggung jawab atas kecelakaan yang sudah terjadi.

Tentu, siapa sih yang mau ditinggal begitu saja di bus setelah kecelakaan dengan driver yang sudah kabur melewati pintu bus? Pasti Gansis gak mau dong kalau misalnya terjadi kecelakaan lalu drivernya kabur begitu saja.


Nah, oleh karena itu, dibuatlah himbauan dari Dirjen Perhubungan Darat sejak tahun 2007 untuk meniadakan pintu di bagian driver dan disosialisasikan ke karoseri-karoseri pembuat body bus. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan pertanggungjawaban driver. Beberapa tahun lalu, juga ada peraturan untuk meniadakan pintu pengemudi ini untuk bus bermesin belakang.

2. Safety



Gak mau dong tiba-tiba ada orang dari luar yang buka pintu mobil. Sama seperti bus. Pasti gak mau kan tiba-tiba orang dari luar bus membuka pintu driver tanpa izin? Hal ini tentu dapat membahayakan driver bus Gansis.

Selain itu, saat kecelakaan, bus tanpa pintu pengemudi akan lebih safety dibanding yang punya pintu di bagian pengemudi karena hampir tak ada risk akan terbuka lalu berpotensi membuat pengemudi jatuh, lain halnya dengan yang punya pintu pengemudi, pintu tersebut berpotensi terbuka tanpa sengaja lalu membuat driver jatuh, yang akan membahayakan pengemudi itu sendiri.


Oleh sebab safety, selain juga meningkatkan pertanggungjawaban pengemudi. dibuatlah bus tanpa pintu pengemudi. Hal ini selain bertujuan untuk meningkatkan pertanggungjawaban pengemudi, mungkin juga bertujuan untuk meningkatkan safety.

3. Efisiensi



Yup, efisiensi. Tentunya, komponen di pintu pengemudi jauh lebih banyak daripada yang tanpa pintu pengemudi. Hendel pintu, engsel, komponen untuk mengunci pintu sehingga berada di tempatnya, dan lainnya tentu lebih mahal.

Jika biayanya lebih mahal, otomatis investasi yang diperlukan juga akan lebih banyak. Dompet perlu dirogoh lebih dalam. Balik modal pun akan jadi lebih lama karena investasi yang lebih mahal.


Tentunya, dengan tidak menggunakan pintu di bagian sisi pengemudi, biaya bisa ditekan. Investasi menjadi lebih murah pula. Sehingga, balik modal akan lebih cepat Gansis.

Juga, tanpa menggunakan pintu pengemudi, dinding bus di bagian kanan dapat dengan mudah dipasangi aksesoris seperti cup holder, bottle holder, tempat koin, asbak, card holder, dan lainnya. Akan lebih efisien dan praktis tentunya, hehehe.


Nah, jadi itulah 3 alasan mengapa bus zaman now mulai meninggalkan pintu di bagian sisi pengemudi. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun. 
Note: Dengan adanya thread ini, ane resmi memiliki pangkat Kaskus Geek. Tentunya, mungkin diantara 10 ribu postingan yang sudah ane buat, ada diantaranya yang mungkin menyakiti hati Agan dan Sista. Ane memohon maaf yang sebesar-besarnya untuk itu. Mohon maaf lahir dan batin!
Original Writtten By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast
Diubah oleh ulungrinjani 31-05-2021 10:49
screamo37
hoorray
davecchio
davecchio dan 37 lainnya memberi reputasi
36
10.9K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan