Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kris24Avatar border
TS
Kris24
5 Cara Mudah Membuat Masker di Rumah Tanpa Ribet

Cara membuat masker. Saat diumumkan mengenai virus Corona di Indonesia, masyarakat langsung panik dan memborong perlengkapan APD seperti masker dan hand sanitizer.

Padahal cara membuat masker dapat dilakukan dengan mudah di rumah tanpa harus membeli.

Ketika kepanikan melanda dan memborong segala macam perangkat APD, mengakibatkan kelangkaan di tengah masyarakat. Sehingga masyarakat lainnya sulit mendapatkan masker untuk dipakai sehari-hari.

Tentu hal ini tidak kita inginkan bukan, sebab masker dan hand sanitizer untuk saat ini masih menjadi alat perlindungan awal seseorang tidak tertular virus corona,



Illustrasi (Image:  Engin Akyurt on Unsplash)

Untuk mengakali hal tersebut, tentu kita tidak boleh menyerah, hanya karena tidak mendapatkan masker dan hand sanitizer, lantas kita tidak memakainya untuk perlindungan diri.

Berikut ini kami sampaikan cara membuat masker sendiri dengan mudah. Adapun beberapa bahan yang dapat dipakai adalah seperti berikut ini:

1. Membuat sendiri masker bedah dari kain tidak terpakai

Masker bedah dari kain tidak terpakai (Image: Shutterstock)


Kita bisa membuat sendiri masker bedah dengan mudah menggunakan kain tidak terpakai loh! Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut.

- Kain bekas
- Pola masker (bisa dari masker bedah bekas atau merancang di kertas sendiri)
- Tali elastis
- Mesin jahit/alat jahit

Untuk membuatnya, kita perlu membuat pola desain masker serupa dengan masker bedah. Potong kain berukuran 17,5 cm x 17 cm, kemudian buat lipatan kecil berukuran 1 cm dibagian tengah dengan jarak sekitar 2 cm. 

Setelah selesai, sia jahit bersamaan dengan tali. Masker siap untuk dipakai!



pkan tali elastis kemudian letakkan di ujung kiri dan kanan masker. Lipat ujung masker dan
2. Membuat masker bedah dari kain kasa

Masker bedah dari kain kasa (Image: Istimewa)




Masker sederhana berikut ini bisa kita buat dengan bahan kain kasa. Bahan-bahan pembuatnya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

- Kain kasa
- Tali elastis
- Peniti
- Mesin jahit atau alat jahit

Untuk membuatnya, potong kain kasa dan tali elastis sesuai dengan kebutuhan. Lipat kasa menjadi dua bagian, kemudian jahit di ujung kanan dan kiri kain (membentuk lubang).

Kemudian, pasang tali elastis dengan peniti di lubang masker kemudian ikat ujungnya. Gerakkan tali elastis ke dalam untuk menyembunyikan simpul tali. Masker siap dipakai!

3. Membuat masker sendiri dari tisu dan hand kertas tanpa dijahit

Membuat masker sendiri dari tisu dan hand kertas tanpa dijahit (Image: Business Insider)



Langkah membuat masker ini sangat mudah dan tidak memerlukan mesin jahit! Bahan yang perlu dipersiapkan adalah:

- Handuk kertas
- Kertas tisu
- Karet
- Pembolong kertas
- Selotip

Untuk membuat masker ini, caranya letakkanlah kertas tisu dan handuk kertas sekitar dua lapis. Kemudian, potong tumpukan kertas tersebut menjadi dua.

Rekatkanlah ujung kertas dengan selotip, lalu bolongi ujung kertas dengan alat pelubang kertas. Setelahnya, pasang karet plastik di setiap lubang kertas.

4. Membuat masker model N95 model ikat

Illustrasi (Image: entrepreneur.com)



Masker N95 ini, memang sedang banyak dicari karena dinilai paling aman untuk menghalau virus Corona. Jangan kuatir, kita dapat membuatnya sendiri loh!

- Kain
- Jarum pentul
- Gunting
- Template masker (bisa dibuat dari kertas)
- Mesin jahit (atau alat jahit lainnya)

Untuk membuat masker ini, kita hanya perlu membuat pola masker yang bisa dirancang di kertas. Setelah itu, potong kain sesuai dengan ukuran pola. Agar potongan lebih rapi, kita bisa merekatkan kain dan pola dengan jarum pentul.
Buatlah menjadi 2 potongan kain.

Setelah dua potongan kain siap, susun potongan menyerupai cermin lalu rekatkan bagian tengah dengan mesin jahit (atau alat jahit lainnya).

5. Membuat sendiri masker N95 dari kain neoprane

Masker N95 dari kain neoprane (Image: youtube.com/AssunDIY)



Masih membuat masker N95, kali ini kita bisa memanfaatkan kain neoprane yang cukup elastis. Untuk membuatnya, kita membutuhkan bahan-bahan seperti berikut ini:

- Kain neoprane
- Jarum pentul
- Kertas pola
- Mesin jahit

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat pola masker dari kertas yang sesuai dengan ukuran kita. Selanjutnya, buat dua potongan kain sesuai dengan pola yang sudah dibuat, lalu potong dengan rapi.

Kita juga bisa menggunakan jarum pentul agar memudahkan pemotongan. Setelah dua potongan kain selesai, susun potongan kain menyerupai pantulan cermin. Satukan kedua kain dengan dijahit. Masker siap digunakan.

Itu tadi, cara mudah membuat masker untuk menanggulangi penyebaran virus Corona. Jadi, jika kita kehabisan masker di apotek atau supermarket, kita sudah tidak khawatir karena bisa membuatnya sendiri di rumah.

Selamat mencoba!

Artikel: Rumah Migran 












macaulay
wisudajuni
a.w.a.w.a.w
a.w.a.w.a.w dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan