Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ElviHusnaAvatar border
TS
ElviHusna
Bandana Silang Ala Olshop! Bikin Sendiri Dari Kain Sisa Hasilnya Cantik Banget!


Bagi para sista, terkadang bandana menjadi sebuah koleksi yang unik dan penting banget untuk menambah pesona diri. Bisa jadi dipakai untuk asesoris saat di rumah bagi para hijabers, atau asesoris saat keluar rumah bagi yang gak hijaban.

Kira-kira sista di posisi mana nih?

Kalau ane sih pakai bandana saat maskeran biar maskernya gak kecolek di rambut, dan cemong ke mana-mana, wkwk.

Hai, Agansis dari Sabang sampai Merauke! Welcome back to my thread. Gimana kabarnya nih Agansis sekaskus raya? Semoga tetap sehat dan semangat ya. Tetap jaga kesehatan sebagai kepentingan nomor wahid dalam kehidupan, karena sehat itu bukan mahal, tapi memang hak bisa kebeli dengan uang, gan!

Well, kali ini ane akan menulis tentang life hacks yang bisa Gansis praktekin sendiri di rumah. Ane akan membuat tutorial cara membuat bandana silang ala olshop, yang kalau dipakai bisa nambah cantik nih, Gansis. Percaya deh, setiap asesoris itu kalau dipakai kitanya jadi tambah cantik.

Lah, jadi ini threadnya khusus untuk para sista? Eitss, siapa bilang?

Memang sih, bandana itu pakaiannya para sista. Namun, untuk para Agan yang ingin menyimak thread ini sampai habis boleh banget. Kapan lagi bisa jadi suami atau sosok romantis yang bisa menghadiahkan sebuah bandana cantik untuk istri tercinta? Nah, untuk para Agan bisa banget nih praktekin cara buat bandana silang untuk dikasih ke istri, hitung-hitung nyenengin hati istri lah. Yakin banget deh ane, istri bakalan seneng banget dikasih bandana, apalagi memang sering dipake misal pas maskeran atau skincare-an kayak ane.

Tenang Agansis, cara bikinnya gak ribet kok. Kita main gampang dan hemat aja yak. Bandana ini ane bikinnya dari sisa kain baju, ya biar gak terbuang percuma. Selaku penjahit, ane punya banyak kain sisa yang ragam motifnya. So, ane manfaatkan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

Langsung saja tutorialnya, cekidot!

Bahan-bahan yang diperlukan

1. Potong kain sisa sebanyak dua lembar dengan ukuran panjang 40 cm, dan lebar 11 cm



2. Potong satu lembar kain sisa dengan panjang 30 cm, dan lebar 5 cm.



3. Karet/elastis ukuran 1,5 cm sepanjang 16 cm

Cara membuat

1. Lipat kain, dan jahitlah sebesar 0,5 cm potongan kain pertama dari arah dalam. Ingat ya dari arah dalam, karena nanti kainnya dibalik, jadi biar yang nampak pas dipakai adalah bagian luar, karena serat kain bagian dalam dan luar itu berbeda. Jahit kedua kain itu dengan ukuran jahitan yang sama.



Ane jahit pakai mesin jahit manual Gansis. Ya, pakai apa aja yang penting kejahit dah.

2. Lipat kain, dan jahitlah kain satunya lagi sebesar 0,5 cm juga. Lalu dibalik pakai peniti biar mudah.



Setelah dua jahitan ini dibalik, kemudian silangkan keduanya hingga membentuk seperti pada gambar.




Jahitan yang sudah dibalik, dan dimasukkan karet/elastis.

3. Setelah itu, untuk jahitan kain paling kecil, masukkan karet pakai peniti, lalu jahit pinggirnya, masukkan karet sampai ujung satunya lagi, lalu jahit.



Setelah karet selesai dimasukkan, kemudian pasangkan jahitan kain yang ada karetnya ke jahitan pola bandana silang tadi, cara memasangnya lihat di gambar. Lipat sisi kanan dan kiri agar tidak mudah lepas saat dipakai, lalu jahit di pinggirnya, bila perlu jahit berulang kali, karena di situ adalah penahan saat bandana di pakai biar gak mudah copot atau putus. Jahit di kedua sisinya. Setelah itu baru di balik, di tempat ujung jahitan karet tadi, agar terlihat rapi dan benang jahitan tidak terlihat keluar saat dipakai.



Setelah itu, bandana siap dipakai. Tinggal rapikan silangnya.



Nah, gimana Agansis, mudah kan? Bikin bandana sendiri tuh bisa menghemat pengeluaran. Kalau di online shop biasanya bandana silang ini ane lihat dijual sekitar 5-10k, kalau bisa bikin sendiri kan lumayan bisa hemat, bisa buat jajan cilok atau mie rebus ya, Gansis, wkwk. Boleh juga lho, bandana silang ini dijadikan bisnis kecil-kecilan, apalagi kalau kainnya itu bagus-bagus motifnya, kan imut gitu pas dipake.



Oke, sekian dulu thread ane kali ini. Semoga bermanfaat, dan semangat mencoba ya Gansis! Jangan lupa tinggalkan jejak berupa cendol, komen, rate dan share ya. See you :terimakasihemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Ditulis oleh @ElviHusna
Opini pribadi
Dokumentasi pribadi
Diubah oleh ElviHusna 31-05-2021 05:49
juzie.wowwowwow
siangpenat
Baarish
Baarish dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.5K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan