Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
WAO, Digger Finger Diklaim Lebih Akurat Dari Radar Untuk Mendeteksi Benda Terkubur
Foto: therobotreport.com

Para peneliti secara terus menerus mengembangkan teknologi "Digger Finger" yang dapat digunakan untuk mendeteksi objek yang terkubur di dalam tanah dan jari robotik ini di klaim lebih akurat daripada radar deteksi benda.

Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dikabarkan telah merancang sebuah alat teknologi mutakhir dalam bentuk jari robotik penggali atau Digger Finger yang dilengkapi dengan teknologi sensorik sentuh.



Sensorik sentuh ini dapat mengidentifikasi objek yang terkubur di dalam tanah, lebih akurat daripada sistem radar dan ultrasound.Kenapa radar dan ultrasound tidak akurat? Karena kedua alat ini hanya bisa mendeteksi tetapi tidak bisa membedakan objek yang terkubur misalnya, tidak bisa membedakan antara bebatuan, tulang-belulang dan besi.

Para peneliti MIT mengatakan, bahwa tim telah mengembangkan Robot Digger Finger dengan menggunakan sensor sentuh bernama GelSigh yang sebelumnya mereka buat dengan algoritma computer vision. GelSigh dapat menghasilkan bentuk gambaran tiga dimensi di setiap area yang disentuh oleh sensorik Digger Finger, dimana sensor sentuh ini terdiri dari gel transparan yang dilapisi dengan membran, reflektif, berubah bentuk saat ditekan.

Kemudian para peneliti mengubah sensor tersebut menjadi silinder berujung tipis dan peneliti juga mengganti komponennya menjadi campuran LED biru dan cairan fluoresen berwarna, untuk membuat sensor jari robotik menjadi cukup tipis, meskipun tipis pelindung sensorik sangat kuat sehingga tidak rusak saat menembus tanah.

Tim peneliti menambahkan getaran untuk menjatuhkan sisa tanah yang menempel pada bagian sensor, teknologi jari robotik atau Digger Finger, dapat membantu para arkeolog dalam menggali situs prasejarah dan juga kebutuhan lainnya yang bertujuan mendeteksi benda yang terkubur.

Foto: therobotreport.com

Para peneliti dari MIT juga sudah melakukan eksperimen, dan hasilnya menunjukkan bahwa Digger Finger cukup sensitif untuk menerawang bentuk benda yang terkubur didalam tanah, para peneliti MIT sudah melakukan eksperimen menggunakan media seperti pasir dan beras sebagai pengganti tanah.

Sementara itu Edward Adelson, seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, tujuan untuk merancang Digger Finger ini sangat bagus dimana alat ini akan sangat berguna untuk menemukan benda-benda yang terkubur.

Edward Adelson juga mengatakan, Digger Finger dapat digunakan untuk mendeteksi ranjau, senjata yang terkubur, bom yang terkubur, lokasi pipa gas dan juga dapat mencari kabel yang ditanam di dalam tanah. Tim peneliti berencana akan terus mengeksplorasi dan mengembangkan Digger Finger guna meningkatkan kemampuannya untuk menganalisa bentuk benda yang berbeda-beda di dalam tanah.



Referensi: engadget.com - Robotic 'digger finger' could search for buried land mines
Diubah oleh Sambelterasi052 27-05-2021 03:57
galigulagalu
siapika
hoorray
hoorray dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan