hamdan.zoelvaAvatar border
TS
hamdan.zoelva
2021 Masih Ada Yang Terlilit Pinjaman Online? Masuk Sini!
Halo semuanya. Disini gw cuma mau sharing tentang terlilit Pinjaman Online dan bagaimana cara gw menyelesaikannya menurut versi gw pribadi.

Tahun 2015 adalah pengalaman gw merantau ke Jakarta untuk kerja, gw kerja di sebuah perusahaan yang gajinya ngga gede-gede amat. Gw ini orangnya terlalu baik, jadi kalo ada temen kerja minjem duit ke gw dengan muka memelas gitu pasti gw pinjemin meski konsekuensinya duit gw gak balik. Nah, karena sifat terlalu baik gw inilah lama kelamaan gw ga ada cukup dana buat nunjang kehidupan gw di rantau karena duit yg dipinjem sama temen kerja gw yg super bangs*t itu ga balik. 

Yaelah, bangs*t bangs*t yg pinjem duit ke gw ini padahal kehidupannya cukup hedon, kerja bawa mobil tapi pinjem duit kagak mau balikin, ditagih bolak balik juga selalu dengan wajah memelas seperti gelandangan kolong jembatan yang lagi kelaperan memohon-mohon dan gw yang dulu masih polos lugu dan juga bodoh tentunya ya tetep aja memberi belas kasihan ke mereka. Bahkan mereka minjem lagi ttp gw kasih, duh bodohnya gw. Hahaha. 

Dari cerita diataslah untuk menunjang kebutuhan gw, akhirnya gw mulai nyoba-nyoba pinjol di bulan April 2016. Gw inget betul nama aplikasi dulu itu Pinjam Uang yg sekarang kalo ga salah berubah jadi KTA Kilat. Awalnya gw pinjem 1jt dan balikinnya 1,2jt dalam waktu sebulan, masih cukup reasonable menurut gw.

Mungkin lo pade bakal bertanya, ngapa kagak pinjem ke keluarga aja?, as you know, keluarga gw bukan orang yang berkecukupan, bahkan gw merantaupun harapan mereka gw bakal bisa bantu kehidupan ortu gw. 

Oke lanjut, akhirnya gw jadi ketergantungan sama aplikasi itu, tiap gajian gw lunasin itu aplikasi, tapi ga lama gw pinjem lagi gitu terus sampe tahun 2017. Belum lagi kadang kalo gw balik ke kampung pasti gw pasti ninggalin duit buat ortu. Oke gw disini bukan bermaksud melibatkan ortu ke cerita gw ya, udah tanggungjawab gw ngebahagiain mereka meskipun gw harus sekarat. 

2017 sampai 2019 adalah masa kelam gw, karena saat itu ga cuma 1 pinjol aja yg gw apply, tapi 2 pinjol, dan terus bertambah sampai awal 2019 akhirnya udah lebih dari 30 Pinjol yg gw apply. Gajian gw bayar tapi gw pinjem lagi, begitu terus siklusnya. Apakah gajian gw cukup buat bayar segitu banyak pinjol. NO!!. Gw nyambi kerja yang lain, Ojek Online sama reparasi elektronik. Gw masih rajin bayar sampe Februari 2019, dan akhirnya dibulan itu juga gw nyerah. Gaji gw, duit dari hasil kerja sampingan gw ngga pernah juga cukup buat bayar Pinjol. Bahkan segala aset yg gw punya pun banyak yg udh terjual buat bayar pinjol, dan belum cukup juga. 

Meskipun gw bayar itu pinjol, akhirnya gw ttp pinjem lagi ke itu pinjol karena kepentok kebutuhan. Disini buat lo para perantau yg gajinya masih pas-pasan dan cuma cukup buat hidup saran gw nih, kalo temen lo pinjem uang JANGAN DIKASIH! Lo harus paham, ketika lo minjemin duit ke temen lo, lo harus udh siap konsekuensinya kalo dia bakal kagak bayar! Se-memohon apapun mereka sama lo tetep JANGAN KASIH! dan buat lo yang udah terlanjur ngutangin temen lo dan sampe skrng blm bayar, tagih aja terus jangan bosen-bosen. Lebih baik kehilangan temen yang kagak pernah ngehargain bantuan lo, atau lo jerumusin aja temen lo yang tukang ngutang itu ke Pinjol. Hahahaha.

Oke lanjut... Akhir Februari gw putuskan untuk Gagal bayar di lebih dari 30 aplikasi, gw kagak sanggup lagi bayar, karena bunganya juga begitu besar. Sehari dua hari masih aman, ya paling WA dari Dept Collector (DC) internal aja dan masih sopan. Lewat dari 3 hari kontak-kontak gw mulai di teror lewat WA, SMS, dan telepon, karena aplikasi Pinjol itu menyadap semua kontak kita, jadi buat lo nih yang sengaja mau minjol, usahakan semua kontak-kontak lo itu fake semua. Dalam satu hari ada ratusan bahkan pernah nyampe ribuan panggilan masuk ke HP gw. Stress.? Tentu saja! Tapi gw ttp berusaha untuk gak ganti nomor dan matikan telepon bahkan sampai sekarang. 

Disini mental gw agak down, karena temen-temen gw dan keluarga gw pada nanyain soal teror yang masuk ke mereka. Bahkan temen yang sampe benci ke gw pun ada karena gara-gara gw dia jadi di teror, tapi ya gw bodo amatlah, ngebantu juga kagak dia itu, bisanya cuma komentar nyinyir aja, temen-temen macem itu juga layak disingkirkan, deket cuma kalo pas butuh aja, pas temen kesulitan malah dinyinyirin.

Akhirnya semua kontak-kontak gw, gw kasih pengertian ke mereka semua dan gw WA blast ke kontak-kontak gw, kurang lebih kata-kata yang gw sampein seperti ini ke mereka "Jika ada teror soal pinjaman online mohon abaikan saja dan blok saja dan bilang saja tidak kenal dengan saya data saya telah disalahgunakan sama seseorang yang awalnya menawarkan bisnis dan meminta foto KTP dan Foto Diri saya tapi nyatanya untuk pinjaman online" alasan saya ini memang agak sedikit berbohong, tapi cukup efektif untuk cuci tangan dan gw pun ngomong ke bos gw kalo kasus ini gw sendiri yang akan hadapi dan gw jamin tidak akan berpengaruh dengan perusahaan. 

Apakah perusahaan Pinjol akan mendatangkan Debt Collector (DC) ke rumah kita.? Jika Pinjol Legal maka IYA! mereka akan mengunjungi rumah lo dan tempat lo bekerja jika rumah dan tempat kerja kalian masih dalam satu wilayah kerja mereka, biasanya hanya area Jabodetabek. Jika Pinjol Ilegal, atau yang tidak terdaftar di OJK maka tidak ada DC lapangan yang ke rumah atau tempat kerja kalian. Trust Me! tapi tenang aja DC pinjol legal itu baik-baik kok. Gw sendiri pernah ngadpein mereka pas dateng ke tempat kerja gw dan kontrakan gw. Buat kalian yang di luar jabodetabek mngkn kalian bisa bernafas lega karena sangat kecil kemungkinan mereka dateng ke rumah kalian, berat di ongkos. Hahahaha.

Perusahaan tempat gw kerja pun akhirnya ngertiin gw sih dan tiap ada DC dateng ke tempat kerja sama satpam langsung dibilang "orangnya sudah pindah ke Palembang" dan tiap mereka dateng ke kontrakan yg punya kontrakan juga bilang hal yang sama. Semuanya udah gw setting. Hahahaha. Tapi, pertengahan 2019 tepatnya bulan Mei akhirnya gw mutusin buat resign dan balik kampung. Allhamdulilah ada tawaran kerja yg lebih menguntungkan juga di kampung halaman dan gw mulai menjadikan kisah Pinjol itu menjadi sebuah kenangan yang lucu dan menghibur. 

Pesen gw disini buat kalian yang bener-bener kepepet pengen pinjem duit secara online, carilah aplikasi yang bunganya ringan, gw ngga mau rekomendasiin aplikasi Pinjol apapun karena gw sangat gak merekomendasikan pinjam uang melalui Pinjol. Bunga Pinjol itu variatif, berkisar 10-20% per 14 hari. Inget ya 14 hari! karena jangka waktu pinjaman di pinjol itu sangat pendek, bahkan ada yang jangka waktunya hanya 7 hari. Sampai sebelum COVID-19 (Maret 2020) gw iseng minjem duit di pinjol ilegal tapi sengaja gagal bayar, jadi total ada hampir 50 pinjol yang gw gagal bayar (gw kagak inget persisnya) dan sekarang gw bener-bener berhenti minjol. 

Janganlah kalian contoh kesalahan gw ini. Sebisa mungkin hindari Pinjol, jaga gaya hidup kalian, mulai atur pengeluaran, dan jauhi teman-teman parasit yang masih menempel di kehidupan kalian. Tegas sama temen-temen parasit itu perlu, jangan lemah dan jangan mudah dimanfaatkan teman parasit yang cuma merugikan hidup kalian.

Oh iya sampai saat ini masih ada sekitar 3 aplikasi pinjol dari sekitar 50 aplikasi yang DC nya masih setia nagih gw lewat WA, SMS, dan telepon dari 2019. Tapi ya gw abaikan semua. Sisanya udah pada tiarap semua. 

Btw kalian mau komentar apapun terserah, gw dah bosen dapet wejangan dari polisi moral dan para munafikun yang hobi komen sumpah serapah. Gw cuma akan ngakak doang. Hahaha.... emoticon-Ngacir

Sekian cerita dari gw. Terimakasih.
Diubah oleh hamdan.zoelva 24-05-2021 17:37
feyglosshe
ebureg
julljul
julljul dan 5 lainnya memberi reputasi
6
9K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan