cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Vendor HP Lokal Ini Kalah Bersaing, No. 2 Malah Jualan Mesin Cuci
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Sebagaimana diketahui jika sekarang ini produsen ponsel yang merajai Indonesia di antaranya ada Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme,Infinix, dan juga ditambah dengan Apple. Persaingan yang sangat ketat tersebut sudah berlangsung sejak lama bahkan sudah memakan korban di mana ada vendor luar negeri yang tak mampu bersaing di pasar Indonesia, sebut saja ada Sony. Sedangkan untuk tingkat dunia ada LG yang akhirnya bertekuk letut dan berhenti membuat smartphone.

Bagaimana dengan vendor atau produsen HP lokal? Lebih parah lagi. Karena vendor lokal sempat berjaya ketika awal 2010an dan akhirnya tergerus oleh komplotan brand China plus Samsung yang mampu memberikan harga yang murah dengan kualitas yang mumpuni.

Dari sekian banyak brand hp lokal yang tak mampu bersaing dengan brand global, berikutnini adalah beberapa di antaranya.

1. Evercoss (Cross)

Dulu namanya Cross dan iklan produknya cukup sering wara-wiri di layar kaca dengan ciri khas model iklan yang selalu para bule. Evercoss cukup diminati ketika era qwerty kemudian turut meluncurkan Android. Sayangnya pamor Evercoss redup sejak terakhir merilis ponsel Android One pada 2015. Evervoss masih ada di pasaran tapi sangat jarang terdengar dan mungkin hanya menyasar orang-orang yang benar-benar gaptek. Pada akhirnya Evercoss pun gagal bersaing.

2. Mito


Ketika masih berjaya, Mito memiliki brand ambasador sekelas Deddy Corbuzier, Limbad, Romy Rafael, hingga si keren Afgan. Mito populer karena produknya unik-unik dan konsumen menyukainya. Namun makin ke sini ketika era Android, Mito semakin tidak tedengar dan kalah saing di dunia smartphone. Mungkin karena tak mampu menghadirkan teknologi mumpuni. Akan tetapi setelah ditelusuri, kini Mito sudah banting setir dengan menjual produk elektronik lainnya termasuk mesin cuci dan oven listrik.

3. Nexian


Nama Nexian sudah terkenal lebih dulu sebelum Evercoss dan Mito sebagai brand hp lokal. Dulunya Nexian sering meluncurkan hp bertema tertentu dan mengendorse artis papan atas. Contohnya Rhoma Irama, Slank, hingga Anang Hermansyah. Nexian pun tenggelam ketika era Android datang. Sempat kembali muncul saat merilis Nexian Journey Android One, setelah itu Nexian seolah hilang ditelan bumi. Ane sendiri enggak tahu apakah Nexian masih ada atau benar-benar sudah lenyap.

4.Imo


Sama dengan ketiga brand lokal di atas, Imo juga dikenal sebagai produsen hp Blackberry wannabe di era awal 2010an. Namun ketika era Android datang, Imo sempat memproduksi hp dan tablet Android dengan nama seri Imo Discovery. Sudah jelas, Imo pastinya gagal bersaing dan kini entah kemana.

5. Advan


Nah, kalau yang satu ini adalah vendor hp lokal yang masih ada sampai sekarang dan tetap memprodksi Android walaupun sambil ngos-ngosan dengan sisa nafas yang ada. Itupun mereka harus rela mendengar kritikan dan roasting dari para reviewer di Youtube. Dulu Advan sempat mampu bersaing bersana dengan vendor lokal lainnya. Advan pernah menggunakan JKT48 sebagai brand ambassador. Jika dibandingkan dengan brand lokal lainnya nasib Advan masih lebih baik tapi tetap saja gagal bersaing dengan brand global seperti Xiaomi dan Samsung.

Nah gan, ada yang mau nambahin brand lokal lainnya enggak? emoticon-Ngakak

Kalau Mito sih masih mending ya mereka bisa banting setir bikin dan jualan mesin cuci. emoticon-Big Grin



Quote:
galigulagalu
gt04
Daniswara92
Daniswara92 dan 32 lainnya memberi reputasi
31
16.8K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan