Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matt.gaperAvatar border
TS
matt.gaper
Geram dengan Israel, Iwan Fals Kembali Nyanyikan Lagu Palestina


Geram dengan serangan militer Israel kepada warga Palestina, Iwan Fals kembali menyanyikan lagu berjudul Palestina. Lagu tersebut diunggah di akun Youtube resminya.

Dia mengatakan lagu tersebut bukanlah baru, melainkan sudah tercipta sekitar 6 tahun lalu. Namun, Iwan Fals merasa bahwa saat ini merupakan momen yang pas untuk dinyanyikan mengingat warga Palestina kembali diserang di Gaza dalam sepekan terakhir.


"Enam tahun yang lalu saya buat lagu ini, dan hari ini saya ingin menyanyikan lagi sebagai bentuk keprihatinan saya terhadap yang terjadi di Gaza akhir-akhir ini, Palestina," ujar Iwan di akun YouTube-nya.

Dia menuturkan lagu tersebut berisi kesedihan serta kemarahan dirinya terhadap serangan yang terus-menerus dilemparkan ke Palestina. Mengingat kasus tersebut sudah lama terjadi namun tak kunjung usai.


"Iya berduka, tapi rasanya sudah bosan ya kita berduka. Saya sudah mau marah, ini di atas marah, mau sedih, ini pun juga sudah di atas sedih," kata Iwan Fals usai menyanyikan lagu Palestina.

Menurutnya, perang yang terjadi antara Israel dan Palestina akibat pengaruh nafsu, amarah, dan dendam. Namun, jika terus-menerus memiliki sifat seperti itu, tentu perang tak akan bisa usai.

"Ya susah, emosi, nafsu, panas, tapi ya itu mereka harus memutuskan. Berani tidak memutuskan itu? Karena dendam kalau diikut-ikuti kan tidak selesai. Sampai kapan? Ya intinya, rasa damai ingin berperang itu kan manusia, ya sudah hentikan saja," ujarnya.


Selain itu, Iwan Fals juga memberi masukan bahwa nafsu, amarah, dan dendam sebetulnya dapat disalurkan ke hal-hal yang lebih positif. Di sisi lain, Iwan juga mengingatkan dampak perang sejatinya juga mengintai di dekat Indonesia, yaitu melalui konflik Laut China Selatan.

"Sekarang isu terakhir, kita pun terancam perang di Laut China Selatan, entah karena stres, karena Covid-19 tidak selesai-selesai, sehingga ini mencetuskan, meluapkan. Tapi ada juga yang bilang perang sekarang bukan dar der dor, bang, tapi perangnya di cuci otak, di media massa, dan segala macam," katanya.

https://www.inews.id/lifestyle/music...gu-palestina/2

Bung Iwan pun sedih dan marah
LordFaries4.0
NCovid19
NCovid19 dan LordFaries4.0 memberi reputasi
0
557
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan