Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Wisata Bukit Jaddih Salah Satu Mahakarya Yang Luar biasa Indah Di Madura


Assalamualaikum wr.wb

Berwisata di daerah Madura memang banyak pilihannya, baik wisata laut maupun wisata gunung, ada juga di daerah Madura yang terkenal dengan Bukitnya, yaitu Bukit Jaddih, bisa dijadikan sebuah referensi, bagi Agan Sista semua yang ingin melepas penat, menikmati keindahan pemandangan, bukit kapur nan elok laksana bangunan yang ada di Turki. Tentunya bersama orang-orang tercinta.

Salah satu bentang alam Jawa Timur merupakan pegunungan kapur. Di Madura, pegunungan kapur ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber ekonomi. Masyarakat menambang kapur untuk mendapat pundi-pundi rupiah demi menghidupi keluarga. Sebuah usaha yang secara tidak langsung aka menghasilkan sebuah karya seni yang indah. Karena pada saat para penambang Kapur itu menjalankan pekerjaannya, mungkin saja tidak terbersit dibenak mereka, apa yang mereka kerjakan akan menghasilkan karya yang indah, karena tujuan mereka menambang adalah untuk menghidupi keluarga mereka, tapi ternyata dari jerih payah mereka menambang bisa menghasilkan sebuah tempat yang nantinya akan dijadikan tempat wisata.

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat perubahan-perubahan terjadi. Salah satunya mengenai keberadaan penambangan kapur yang saat ini populer dikunjungi wisatawan. Di Bangkalan, Madura, Jawa Timur ada sebuah bukit kapur. Bukit ini menjadi andalan wisatawan baik domestik maupun dari luar. Bukit Jaddih yang diberitakan semakin hari semakin ramai dikunjungi wisatawan. Menjadikan bukit Jaddih ini sebagai pilihan tempat wisata.




Sedikit menengok sejarah Bukit Jaddih, tahu nggak Gan Sis, rupanya Bukit Jaddih itu merupakan bungker bekas peninggalan Belanda. Bungker ini dahulu dijadikan sebagai tempat penyimpanan senjata. Kemudian, Bukit Jaddih menjadi lokasi penambangan kapur. Karena keindahannya, tempat ini kini difungsikan juga sebagai lokasi wisata. Wah ternyata bermanfaat juga ya peninggalan Belanda ini. Apalagi setelah ditata sedemikian rupa menjadikan Bukit Jaddih semakin elok dipandang, tempat berfoto yang eksotis ketika kita berwisata.

Banyak juga yang mengatakan kalau lokasi wisata ini hampir mirip tempat wisata Turki. Wow luar biasa tentunya, nggak perlu ngeluarin biaya banyak bisa menikmati keindahan alamnya yang seperti di Luar Negeri. Kapan lagi nih, wisata Dalam negeri rasa Luar Negeri? Ya di Bukit Jaddih adanya.



Kawasan Bukit Jaddih terdapat juga sebuah kolam renang bernama Goa Pote. Kolam ini berada di sebelah utara Bukit Jaddih. Uniknya, kolam ini terbentuk secara alami. Goa Pote berada di tengah-tengah bukit kapur yang mengelilinginya. Sebuah kolam renang dengan air yang sangat jernih. Kolam renang sampai saat ini masih menjadi tempat favorit untuk keluarga terutama anak-anak. Karena begitu melihat kolam yang airnya jernih, bawaanya pengen nyebut aja deh. Berenang di air yang jernih tentu sangat menyenangkan.

Masyarakat sekitar Desa Jaddih memberi nama kolam ini dengan sebutan Aeng Goweh Poteyang berasal dari Bahasa Madura. Artinya Air Gua Putih, yang berada di antara bukit-bukit kapur putih. Air di kolam alami ini memang berwarna putih jernih.
Wah asyik banget kalau bisa berenang bersama keluarga tercinta.






Terdapat juga pahatan dan ukiran unik di Bukit Jaddih, semua itu berasal dari aktivitas penambangan kapur di masa silam. Di Bukit Jaddih ditemukan gua-gua kecil sisa penambangan. Pahatan dan ukiran unik itu terdapat di bongkahan batu-batu besar maupun kecil. Sebuah tempat wisata yang luar biasa indah, tempat yang cocok banget untuk menghilangkan rasa penat, untuk mengambil berbagai macam jepretan, sebagai kenang-kenangan.






Bukit kapur yang letaknya sekitar 10 kilometer dari pusat Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur ini memiliki dinding-dinding yang luar biasa indah. Keindahan itu tercipta berkat aktivitas penambangan kapur yang dilakukan oleh para penambang. Dinding-dinding itu memiliki bentuk yang berbeda-beda. Sungguh luar biasa, sebuah mahakarya yang tercipta seperti sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Dari hasil penambangan menghasilkan tempat wisata yang sangat indah.






Berwisata ke Bukit Jaddih Gansis tak perlu takut kehilangan akses. Karena provider keren kesayangan Smartfren Unlimited MAXI bisa membantu akses internet Anda.

Smartfren memang juaranya signal di area pedalaman. Jaringan bagus, kuat dan akses cepat. Sehingga Agan sista bisa mengupload gambar, jeprat-jepret sesuka hati di Bukit Jaddih ini langsung di saat itu juga. Atau bikin siaran langsung bareng rombongan. Menjadikan liburan makin seru bersama Smartfren unlimited MAXI

Smartfren Unlimited Maxi sekarang ada benefit tambahan, Extra Unlimited Malam Full Speed. Benefit tambahan yang bisa dinikmati mulai jam 01.00-05.00 WIB di jaringan Smartfren 4G. Wow luar biasa bukan, Agan Sista bisa menikmati nonton Drakor pada malam hari dengan enjoy dong. Makin mataps nih Smartfren Unlimited MAXI.


Quote:


Jadi menurut Ane, kalau Agan Sista kepingin ke Turki tapi duit masih cepak, atau kantong masih tipis, ya ke Bukit Jaddih dulu gak apalah, melihat KW nya dulu, entar kalau duitnya udah banyak bisa deh Wisata ke Turki beneran, lihat yang asli dan bandingkan.

Okey deh Agan Sista semuanya, sekian Thread dari Ane, sampai jumpa di Thread selanjutnya, selamat menikmati liburan, jangan lupa bahagia bersama keluarga tercinta.

Opini pribadi
Sumber
Klik
klik
Diubah oleh trifatoyah 23-05-2021 23:41
fandyr.fr
suciasdhan
yukabidazahra
yukabidazahra dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.2K
838
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan