Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Kenapa Truk Dan Bus Sering Ngebul Berasap Hitam?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar kenapa truk dan bus sering ngebul asap hitam nih.



Jika melihat truk dan bus sedang digeber di RPM yang cukup tinggi, mungkin Gansis akan melihat bahwa truk atau bus tersebut mengeluarkan asap hitam yang seringkali cukup tebal. 

Sedangkan, ketika Gansis menggeber mobil-mobil penumpang dan pikap yang bermesin bensin, tak ada asap hitam yang keluar dari knalpot mobil atau pikap bermesin bensin tersebut.




Lantas, mengapa? Nah, di thread ini, ane bakal bahas seputar mengapa truk dan bus sering ngebul berasap hitam nih Gansis.

1. Kualitas Solar





Semua pasti pada udah tau lah ya, kualitas solar bersubsidi di negara kita itu tergolong rendah. Sampai-sampai, seringkali disebut dengan "solbus" atau "solar busuk". 

Perlu diketahui bahwa tingkat cetane solar di negara kita adalah 48 dan kandungan sulfurnya mencapai 3500 parts per million. Dengan kualitas solar yang begini, tentu akan membuat truk lebih banyak asap hitamnya.




Memang, harganya hanyalah 5150 dan disubsidi pemerintah. Kalau istilah kerennya, you get what you pay. You pay for Pertadex you got Pertadex, you pay for solar bersubsidi you got solar bersubsidi. 

2. Pembakaran Yang Tak Sempurna





Membakar BBM diesel itu tak semudah membakar BBM bensin. Pembakaran BBM di ruang bakar perlu ke-presisian yang tepat untuk menghasilkan emisi yang baik dan asap knalpot yang baik.

Jika pencampuran antara BBM dan udara tak presisi, akan sangat berpotensi untuk menghasilkan asap emisi hasil pembakaran berwarna hitam yang seperti biasa kita lihat di jalanan. 




Terlebih pada truk-truk dan bus zaman dahulu, yang dikeluarkan pada tahun 1990an dengan teknologi yang masih jadul. Sering sekali terlihat ngebul, karena memang belum mengadopsi teknologi yang membuat pembakarannya sempurna. Sementara, truk-truk zaman now yang sudah mengadopsi teknologi ECU, commonrail dan segala teknologi canggih lainnya, relatif lebih minim akan "asap ngebul". 

Nah, jadi itu alasan mengapa truk dan bus sering terlihat ngebul. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 1
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

hayolongaku
primzlegacy666
kontetilization
kontetilization dan 40 lainnya memberi reputasi
41
7.3K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan