goal481Avatar border
TS
goal481
Mungkin Kita Mulai Menuhankan Agama tapi Tak Menuhankan Tuhan
Tanggapi Polemik Saat Ini, Sujiwo Tejo: Mungkin Kita Mulai Menuhankan Agama tapi Tak Menuhankan Tuhan



Terkini.id, Jakarta – Budayawan, Sujiwo Tejo, belum lama ini diduga menyentil ‘keributan’ orang Indonesia pendukung Israel dan Palestina.

Pasalnya, tampak setiap hari masyarakat sebangsa Tanah Air ‘bertikai’ hanya karena perbedaan pandangan dalam keberpihakan.

Itulah yang membuat Sujiwo Tejo beranggapan bahwasanya masyarakat Indonesia mulai menuhankan agama, tapi tak menuhankan Tuhan. 

Padahal, seperti diketahui, agama yang berlaku di Indonesia tak pernah mengajarkan manusia untuk berkonflik dengan sesama, meskipun berbeda keyakinan. 

Namun, fakta yang terjadi di lapangan memang sebaliknya sehingga Sujiwo Tejo beropini bahwa ternyata beragama justru membuat kita bertengkar.

Dalam hal ini, tampaknya pertikaian yang dimaksud lebih kepada ‘perang’ opini, utamanya di media sosial antara pendukung Palestina maupun pendukung Israel.

Terlebih, melihat cuitan Sujiwo Tejo sebelumnya, ia memang melayangkan opininya terkait Hendropriyono yang sikapnya banyak disayangkan oleh pihak-pihak tertentu. 

Sebagai informasi, Hendropriyono mengungkapkan bahwasanya konflik Israel-Palestina bukanlah urusan Indonesia, yang kemudian membuatnya banyak diserang oleh pendukung Palestina.

“Banyak yang menyayangkan pernyataan Pak Hendro. Ini keliru. Yang bisa menyayangkan cuma manusia. Banyak bisanya mencintai dan membentuk tanda cinta,” tulis Sujiwo Tejo pada Rabu, 19 Mei 2021.

Lalu keseokan harinya, sang budayawan tiba-tiba mengunggah cuitan perihal beragama yang justru membuat kita bertikai.

“Jika beragama ternyata malah membuat kita berantem terus ndak uwis-uwis,” buka Sujiwo Tejo, seperti dikutip terkini.id pada Jumat, 21 Mei 2021, via Twitter.

“Mungkin salah satu penyebabnya karena kita mulai menuhankan agama,” sambungnya.

“Dan mulai tidak menuhankan Tuhan,” pungkas Sujiwo Tejo.

Tak lama setelahnya, ia pun tampak me-retweet celotehan salah satu netizen yang membagikan cuitan miliknya (Sujiwo Tejo) yang berbunyi:

“Makanya kalau abis ditolong bilang makasih dulu, walau yg menolong beda agama.”

Sumber

Tamparan buat penggemar pallywood

emoticon-Wkwkwk
knoopy
ariel1910
arya_bro
arya_bro dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.3K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan