Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AniesmakantomatAvatar border
TS
Aniesmakantomat
Anggota DPRD DKI: Program Rumah Panggung Gagasan Anies Hanya Lelucon!


Jakarta - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth mengkritisi pembangunan 40 unit rumah panggung di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Kenneth menilai program rumah panggung gagasan Gubernur DKI Anies Baswedan hanya lelucon.

"Program rumah panggung yang digagas oleh Pak Anies, menurut saya, itu hanya sebuah lelucon. Itu hanya untuk menghindar dari masalah saja," kata Kenneth melalui keterangan tertulis, Jumat (30/4/2021).

Buktinya saja wilayah Kebon Pala dan rumah panggung tersebut masih kebanjiran kok. Pemimpin yang baik itu tidak akan lari masalah, hadapi masalah dan segera selesaikan," imbuhnya.

Kenneth memandang perlu solusi yang realistis dalam menangani banjir di Kampung Melayu. Menurutnya, Ibu Kota kerap kebanjiran akibat air kiriman dari wilayah lain.

"Jika Pak Anies benar-benar mau menyelesaikan masalah banjir ini akan 1.000 cara untuk menyelesaikannya, dan jika Pak Anies memang tidak mempunyai niat, akan juga ada 1.000 alasan untuk menghindarinya. Jadi menurut kami, jika seorang pemimpin mempunyai nawaitu yang baik, saya yakin semuanya akan berakhir dengan baik, tetapi jika nawaitu-nya tidak baik ya tidak akan baik juga hasilnya," ujarnya.

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP itu menyarankan agar Pemprov DKI memasang sheet pile di sepanjang Kali Ciliwung secara integral. Kemudian, merelokasi penduduk yang bermukim di bantaran Kali Ciliwung.

"Kunci paling penting dalam pengendalian banjir di wilayah Kebon Pala adalah pemasangan sheet pile di wilayah bantaran Kali Ciliwung, jangan malah dibuatkan rumah panggung disana," jelas Kenneth.

Selain itu, Kenneth juga mendesak agar Pemprov DKI segera merampungkan pembebasan lahan warga yang ada di sekitar kali Ciliwung. Pemprov DKI, sebut dia, dapat berkoordinasi bersama aparat setempat untuk berkomunikasi dengan warga.

"Lurah setempat harus melakukan sosialisasi secara intens kepada warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung, tentang bahaya banjir dan apa saja program Pemprov DKI dalam penanggulangannya, permasalahan yang selama ini terjadi di lapangan yang sering saya temui bahwa kurangnya edukasi dan pengetahuan warga mengenai program Pemprov DKI tentang penanggulangan banjir," ucapnya.

"Harus di susun strategi komunikasi yang baik supaya tercapai win win solution, agar supaya masyarakat bisa memahami dan mau mengalah jika pembebasan lahan sudah dilaksanakan dengan tujuan menormalisasi bantaran Kali Ciliwung agar ke depannya tidak terjadi banjir terus menerus," sambungnya.

Terakhir, Kenneth juga mengingatkan agar Pemprov DKI dapat menjalin komunikasi yang baik dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Hal ini berguna dalam menentukan penetapan lokasi, dan peta bidang rumah warga yang berada di bantaran Kali Ciliwung yang akan di bebaskan.

"Kalau mau sukses tangani banjir, buang jauh-jauh ego sektoral, harus bisa membedakan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan masyarakat. Jangan malah mendahulukan kepentingan pribadi di banding kepentingan masyarakat. Pemprov DKI harus benar-benar serius dan realistis dalam membuat program penanganan banjir ini," imbuhnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu, Jakarta Timur, menjadi model panggung. Puluhan rumah tersebut berada di kawasan yang menjadi langganan banjir.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menerangkan ada 40 rumah di RT 13 RW 04, Kampung Melayu, yang akan direnovasi berkonsep kampung vertikal. Nantinya, tiap rumah memiliki 3 lantai, dan bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha.

Pada Rabu (28/4) lalu, kawasan Kampung Melayu kembali terendam banjir. Dari foto yang diterima, genangan terjadi di Jalan Haji Amsir, Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jaktim.

https://news.detik.com/berita/d-5553...lucon?single=1
Diubah oleh Aniesmakantomat 02-05-2021 19:17
anu.ku.l
scorpiolama
asurizal
asurizal dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan