Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marilyn88Avatar border
TS
marilyn88
Dentingan Misterius Suara Gamelan: Fenomena Suara Misterius
Pada akhir bulan November 2020 lalu tepatnya pada tanggal 24 ada sebuah video yang di upload oleh akun TikTok @thx.rk ramai diperbincangkan. Video yang memperlihatkan keindahan puncak di Gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat ini suasananya mendadak menjadi horror. Dalam rekaman tersebut terdengar sayup-sayup dentingan misterius suara gamelan yang entah darimana asalnya.

Yang pasti tempat tersebut sangat jauh dari pemukiman penduduk. Fenomena suara gamelan ditempat yang tidak seharusnya seperti di hutan atau pegunungan memang kerap kita dengar ceritanya. Tapi apakah suara tersebut hanya pantulan semata atau ada misteri dibaliknya yang hingga kini belum terungkap.

1. Fenomena Suara Misterius



Tidak hanya dialami oleh seorang pemilik akun TikTok @thx.rk, suara misterius juga pernah terjadi hampir diseluruh belahan dunia dalam berbagai macam bentuknya. Misalnya pada awal bulan Juli 2020, banyak warga di China yang berbondong-bondong mendatangi pegunungan Weining di Provinsi Guizhou, China.

Mereka sengaja datang untuk mendengar suara terompet misterius yang terdengar kencang selama beberapa hari. Bahkan setelah diusut oleh para pakar dan Pemerintah China tetap tidak ditemukan alasan logis penyebab suara terompet misterius tersebut.

{thread_title}


2. Suara Gamelan Misterius Di Malaysia



Tidak hanya di Indonesia, suara gamelan misterius juga terdengar disebuah ruang gamelan disalah satu sekolah di daerah Keningau, Sabah, Malaysia. Satu set alat musik gamelan yang selesai digunakan sengaja ditinggalkan disekolah untuk satu malam guna diambil keesokan paginya. Tapi dimalam itu security sekolah justru mendengar suara misterius dari ruangan yang berisi gamelan pinjaman tersebut.

Saat si security memasuki ruangan dimana terdengar suara gamelan tidak ada seorang pun disana selain dirinya. Memang tidak bisa disangkal suara gamelan yang kerap terdengar secara misterius membuat bergidik banyak orang, apalagi gamelan sering di identikkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

{thread_title}


3. Asal Muasal Gamelan



Gamelan Merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari tanah Jawa dan Bali, gamelan dipercaya sudah ada sebelum Hindu dan Budha mendominasi nusantara. Berdasarkan mitologi Jawa, gamelan diciptakan pada tahun 230 M oleh Batara Guru dewa yang memerintah seluruh raja yang ada di tanah Jawa.

Pada awalnya Batara Guru menciptakan hanya satu gong gamelan untuk memanggil para dewa. Dalam perjalanan waktu Batara Guru kemudian membuat dua gong tambahan, sehingga menjadi satu set gamelan untuk memberikan pesan lebih spesifik kepada para dewa.

4. Ritual-Ritual Gamelan



Tidak seperti alat musik lain, gamelan yang memiliki arti spiritual sejak dahulu dianggap sebagai benda pusaka. Hal ini karena langkanya logam di tanah Jawa pada jaman dahulu, sehingga keberadaan logam begitu disakralkan oleh masyarakat Jawa kuno. Seperti halnya keris, pembuatan gamelan tidak sembarangan.

Sang empu pembuat harus menjalani puasa, tirakat, begadang, hingga melakukan selametan dengan menyajikan sesaji agar berhasil dalam proses pembuatan gamelan. Selain pembuatannya yang dianggap sakral, alat musik gamelan juga wajib dimandikan pada hari-hari tertentu, salah satunya adalah menjelang upacara suro.

Walau dimasa kini ritual-ritual terhadap gamelan sudah mulai ditinggalkan, tapi bagi para pengrajin gamelan serta para pelaku spritual dan budaya, ritual terhadap gamelan adalah hal yang wajib dilakukan.

5. Suara Gamelan Di Gunung

Dalam budaya Jawa, gamelan adalah alat musik yang sakral yang dapat menyentuh dan meliputi dimensi atau dunia lain. Sehingga ketika suara gamelan terdengar di tempat-tempat yang tidak seharusnya, misalnya di hutan atau pegunungan, maka itu dipercaya jika dunia lain telah meresonasi bunyi gamelan ke alam nyata.

Selain untuk menjukkan eksistensi juga diyakini sebagai pertanda atau pesan dari para leluhur tentang adanya sebuah kejadian atau peristiwa, bahkan musibah bagi masyarakat sekitar.

6. Suara Gong Gamelan Berbunyi Sendiri



Tidak hanya terdengar di hutan atau pegunungan, suara gamelan misterius juga kerap terjadi ditempat gamelan itu tersimpan, walau tidak ada manusia yang menabuhnya. Banyak cerita terdengar gamelan kerap berbunyi dengan sendirinya, dan biasanya dari satu set alat musik gamelan, gong lah yang paling sering berbunyi.

Hal ini karena sosok astral yang mendiami gong tersebut ingin menunjukkan eksistensinya. Itu sebabnya musik gamelan terutama gong selalu diberikan sesajen setiap malam jumat kliwon agar sang penghuni astral tidak mengganggu.

Meski identik dengan berbau mistis, kita tidak perlu takut dengan alat musik gamelan. Bagaimana pun gamelan merupakan alat musik tradisional nusantara warisan leluhur yang harus dilestarikan.








arhaab
ziont
anton2019827
anton2019827 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
9.4K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan