Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Ternyata Puasa Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit, Lho!

Gimana nih Sista ibadah puasanya? Pastinya lancar dan semangat terus dong! Puasa sendiri gak cuma menahan nafsu makan aja tapi juga menjaga sikap untuk menjadi individu yang lebih baik. Banyak kejadian dimana ketika sakit yang tidak terlalu berat, dijadikan alasan untuk gak berpuasa padahal sebenarnya secara fisik dan mental ia sanggup.


Photo By Minews.com

Kalau kata orang zaman dulu, sebenarnya puasa itu banyak manfaatnya bagi kesehatan. Walaupun memang selama 12 jam tubuh kita tidak menerima konsumsi makanan atau minuman yang masuk, tapi puasa bisa menjadi salah satu aktivitas untuk mendetox tubuh. Ketika hari biasa kita makan apa aja gak pake ngeliat ini sehat atau nggak, pas puasa kita jadi bisa lebih menahan, apalagi yang mau diet hahaha bener gak nih, Sist?

Banyak permasalahan kulit yang datang karena apa yang kita konsumsi untuk tubuh kita sendiri dan bahayanya kadang kita gak sadar loh, sist! Mungkin kulit kita berjerawat karena terlalu banyak konsumsi junk food atau fast food atau apapun jenis makanannya yang ternyata berdampak kepada kulit kita. 

Mungkin terlalu banyak kopi membuat kulit kusam karena terlalu banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh. Faktanya nih Sist, kafein emang bisa bikin penyempitan di pembuluh darah kita. Penyempitan ini bisa terjadi di pembuluh darah kulit dan terjadi nutrisi dan pembuatan antioksidan yang sulit, jadi akan membuat kolagen sulit diproduksi.

Dengan berpuasa, Sista semua di sini bisa mengontrol semua itu! Permasalahan kulit mulai dari kulit berjerawat, kering, kusam, bisa secara perlahan dikontrol dengan berpuasa. Maintain makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka menjadi kewajiban pastinya. Kulit berjerawat bisa sembuh atau berkurang saat berpuasa kalau kalian mau ikut berusaha merawat.


Photo By CNNIndonesia.com

Mengurangi kopi di bulan Ramadhan pasti bisa deh buat Sista yang addict sama kopi. Kopi emang ngebantu banget nambah energi, tapi ternyata ada efek buruknya buat kulit kayak yang tadi ane kasih tau di atas. Jadi kalau gak mau kulit cepet kusam dan keriput, bisa puasa kopi dulu deh hehehe

Beberapa jenis kulit sering mengalami iritasi saking sensitifnya dan sulit untuk sembuh atau selalu kembali lagi. Nah, ternyata puasa ini bisa mengurangi iritasi yang terjadi sama kulit kita, sist. Jika terjadi hubungan atau kontak antara kulit dan zat berbahaya, puasa bisa menyembuhkannya bahkan kurang dari 2 hari.

Dominan masalah yang dialamin di kulit sama para wanita saat berpuasa pasti kulit kering! Ternyata sista gak usah panik nih kalau kejadian kulit kering, bisa jadi ini adalah efek penggantian sel kulit yang ada di tubuh kita. Kalau kulit kita lagi mengelupas, jangan terlalu banyak dipegang karena tangan kalian bisa mengandung banyak bakteri.


Photo By Kompas.com

Mengkonsumsi makanan bernutrisi bisa banget mempercepat penggantian sel kulit ini, jadi daripada dipegang atau diambil kulit yang kering, mending makan buah, sayur dan protein, yuk! Pas puasa, badan emang suka kerasa lemes dan gak bergairah buat melakukan aktivitas apapun. Tapi, coba deh diubah mindset yang kalian punya! Puasa itu bukan berarti menghalangi aktivitas yang kalian punya.

Puasa juga bisa menjadi ajang detoksifikasi untuk tubuh kita dan ketika kita berbuka dan sahur, tubuh jadi gampang nyerap nutrisi yang dikasih nih karena selama 12 jam udah berpuasa. Agan & Sista sadar gak sih kalau apa yang kita konsumsi ini berpengaruh banget sama apa yang keliatan di luar? 

Penuaan yang terjadi di kulit kita juga bisa karena kadar kolesterol yang tinggi. Mengurangi makanan yang gak sehat emang susah banget dilakuin kalau lagi hari biasa, rasanya pengen makan enak terussssss! Semuanya bisa terkontrol kalau lagi puasa! Tapi, jangan pas buka langsung kalap makan apa aja ya.


Photo by Jane D.  from Pexels

Liat kan, ternyata puasa bawa banyak manfaat banget buat kesehatan tubuh kita, bahkan sampai ke kulit. Ada baiknya, jangan terlalu kalap pas buka puasa. Kalau terlalu kalap yang tadinya udah dijaga, malah jadi hancur lagi deh pondasinya. Semangat terus puasanya Sista! Kenikmatan Ramadhan terbungkus dalam #RamadhanBerkah.

rorines13
cheria021
aygilagility
aygilagility dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan