Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PaPi.GaGaAvatar border
TS
PaPi.GaGa
Tips paling jitu buat bikin HRD terkesan nih, gan!
Melamar kerja itu emang susah-susah gampang, gan. Gampang kalo agan tau triknya, dan udah pastinya susah kalo agan clueless. 

Nah, ane punya tips paling jitu yang bisa bikin HRD jatuh cinta sama agan sampe lolos interview!




1. Do some research!

Melakukan riset tentang perusahaan yang agan lamar sebelum agan datang wawancara, bisa menjadi poin plus loh di mata HRD dan user. Dengan melakukan riset, agan bisa mengetahui lebih banyak terkait perusahaan yang agan lamar, mulai dari bisnis model perusahaan hingga kontribusi yang bisa agan lakuin bagi perusahan tersebut.

2. Pastikan cover letter sudah dibuat dengan tepat

Dalam proses melamar kerja, cover letter adalah hal yang krusial. Karena cover letter merupakan cerminan dari diri agan, mulai dari personality sampai skill yang agan miliki.

Pastikan agan sudah memasukan pengalaman-pengalaman yang relevan dengan posisi yang agan lamar.

3. Perhatikan profil sosial media agan



Di zaman yang serba digital ini, media  sosial merupakan hal yang sangat krusial karena media sosial dianggap sebagai cerminan karakter dan personality diri seseorang. Tidak jarang bagi seorang HRD untuk nge”kepo”in akun media sosial agan dalam proses rekrutmen.

Pastikan agan sudah mempercantik profil media sosial agan, khususnya Linkedin!

4. Pilih bidang yang sesuai

Pastikan dalam melamar pekerjaan, agan telah memilih yang sesuai dengan posisi dan experience agan selama ini. Hal tersebut bisa menjadi poin plus agan di mata HRD.

Kalau agan seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, agan bisa jadikan blog dan tulisan agan sebagai portofolio guna memperkuat posisi agan sebagai kandidat.

5. Pakai jargon di bidang agan

Dalam proses melamar kerja, baik dalam CV maupun wawancara kerja, ada baiknya agan coba pakai istilah teknis yang terdapat di bidang agan. Hal tersebut dapat meyakinkan HRD bahwa agan emang cocok dan layak pada posisi yang agan lamar.

6. Sertakan foto yang professional



Pastikan foto yang terlampir pada CV agan adalah foto yang proper dan professional. Cobalah lampirkan foto agan yang menggunakan pakaian formal.

Jangan sampai, agan malah pakai filter beauty untuk menutupi imperfection agan karena hal tersebut malah bisa membuat HRD tidak tertarik pada profil agan.

Baca poin lengkap dan contohnya melalui sumber artikel ini.  
Diubah oleh PaPi.GaGa 15-04-2021 08:58
0
334
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan