Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rojabmaulanaAvatar border
TS
rojabmaulana
'Dodobreng' Tradisi Membangunkan Sahur di Kampung Ane, Ditempatmu Namanya Apa?


Tradisi bangunin sahur di kampungku namanya Dodobreng, ditempat gansist diberi nama apa?





Tidak terasa Ramadhan sudah kembali tiba, kita selaku umat muslim mesti gembira menyambutnya. Karena bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, bahkan amalan-amalan yang kita kerjakan pahalanya akan dilipat gandakan.

Bulan ramadhan tentunya tidak lepas dari istilah "Sahur", seperti yang kita tahu bersama sahur adalah kegiatan makan, minum dll di sepertiga malam atau sebelum adzan shubuh, sahur dilaksanakan sebagai sunnah dan upaya pembekalan agar kita sanggup melaksanakan puasa satu hari penuh.

Mengingat waktunya yang dilaksanakan di sepertiga malam tentunya untuk melaksanakan sahur perlu adanya petugas yang membangunkannya.

Tradisi membangunkan sahur sudah umum dikalangan masyarakat kita, kegiatan ini sudah menjadi rutinitas turun temurun selama bulan ramadhan.

Kegiatan membangunkan sahur ini tentunya disetiap daerah berbeda-beda caranya.

Nah, pada thread kali ini ane mau memperkenalkan tradisi bangunin sahur di kampung ane.

Gansist, jadi di kampung ane desa Sigong Kec. Lemahabang Kab Cirebon ada yang namanya Dodobreng, apa tuh?

Dodobrengadalah kesenian yang biasa dimainkan ketika tradisi membangunkan sahur. Dodobreng merupakan seni musik yang alat musiknya terdiri dari Dog-dog, simbal, kecrek, genjring dll.

Dog-dog adalah alat musik dari kulit hewan seperti sapi ataupun kerbau, alat ini mirip seperti bedug hanya saja ukurannya yang lebih kecil.

Simbal adalah alat musik modern yang mempunyai bunyi keras yang dipadukan dengan kesenian tradisional ini.

Kecrek adalah alat yang terbuat dari seng yang dibunyikan beriringan dengan simbal dan sebagai pelengkap musik.

dan genjring, genjring dalam kesenian ini berbeda dengan genjring rebana, yang membedakan adalah bunyi/variasinya lebih sederhana dan sekedar menjadi pelengkap.

Nama Dodobreng ini sendiri diambil dari bunyi dari alat musik dog-dog yang berbunyi "Dodo..dodo" dan bunyi simbal "breng..breng" sehingga jadilah bunyi dodobreng.

Dodobreng di kampung ane biasanya dimainkan oleh anak muda, walaupun ada juga orangtua yang ikut meramaikan tradisi ini.



Sumber Gambar

Dodobreng dizaman now ini tak berpaku kepada alat musik tradisional yang ane sebutkan diatas, tetapi sudah dicampur dengan alat musik modern seperti piano, gitar, dan dipadukan dengan sound.



Sumber Gambar

Kalau di tempat gansist namanya apa nih?

Oh ya, biasanya upah untuk para pemain Dodobreng adalah berupa beras atau uang alakadarnya dari masyarakat, biasanya setiap dua minggu sekali dibulan ramadhan, para pemain akan berkeliling kampung di siang hari untuk menagih jatah upah mereka.

Tradisi Dodobreng dikampungku masih terjaga dan masih dilaksanakan sebagai pelengkap bulan ramadhan.

Ditempat lain, Dodobreng juga disebut obrog-obrog, tetapi praktiknya tetap sama. Tradisi ini juga menjadi ciri khas warga masyarakat Cirebon.

Itulah sedikit cerita tradisi dibulan ramadhan versi ane, pastinya ane menunggu cerita khas ramadhan versi gansist semua, #RamdhanBerkah berlimbah ampunan.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga amal ibadah kita dapat diterima oleh Allah SWT.




Penulis : @rojabmaulana
Sumber pembahasan : pribadi
Diubah oleh rojabmaulana 16-04-2021 06:32
0
425
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan