Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Jangan Jadiin Covid 19 Alasan Buat Males-Malesan!

Pemuda dan pemudi Indonesia tidak asing lagi dengan yang namanya kegiatan berkuliah. Jika 1 dekade yang lalu sarjana menjadi gelar yang jarang dimiliki oleh warga Indonesia, sekarang ini sudah menjadi salah satu dasar persyaratan untuk melamar kerja bahkan gak di Ibu Kota Jakarta aja, melainkan juga kota-kota besar di Indonesia lainnya. Keadaan ini memaksa anak muda untuk terus giat belajar karena persaingan dalam industri kerja semakin berat. 

Di tengah pandemi covid 19, mencari pekerjaan bukan perkara mudah. Perusahaan di Indonesia banyak yang melakukan pemecatan kepada karyawan mereka, tetapi lulusan di masa pandemi malah harus mencari pekerjaan. Ini menjadi alasan mengapa anak muda harus mulai merintis karir mereka, bukan untuk gengsi atau dipamerin, Gan & Sist. tapi, buat nabung juga nih di masa depan. Serasa udah jadi rahasia umum banget kalau universitas juga gak ngejamin gampang dapet kerja atau nggak, jurusan juga bukan jadi penentu kalau nanti kita akan kerja di tempat yang sejalan.


Photo by energepic.com  from Pexels

Lulusan tahun 2020 & 2021 ngerasain yang namanya sidang online, wawancara kerja online, bahkan momen yang paling ditunggu-tunggu pas kuliah juga dilaksanain secara online yaitu wisuda. Pandemi ini bisa menjadi salah satu wake up call untuk mahasiswa baik yang sekarang masih mengemban ilmu atau lagi nyari pekerjaan, kalau soft skill dan hard skill itu gak kalah pentingnya. Beberapa orang masih berpikiran kalau mereka punya hard skill yang bagus, attitude mereka gak akan diperhatiin. Padahal, pada dunia kerja, dibutuhin banget yang namanya attitude bagus.

Attitude atau perilaku ini bisa jadi salah satu kunci kelancaran kita di dunia kerja, Gan & Sist. Saling menghargai orang lain dan bersikap sopan menjadi 2 dasar sikap yang harus banget diterapin. Mungkin bagi sebagian orang ini gak penting dan lebih penting isi otak, itu gak salah kok. Hard skill gak kalah penting, tapi coba deh dipikir, apa susahnya menjadi pribadi yang lebih baik dengan ilmu yang terus dikembangin? Bersikap baik ke orang lain gak pernah ada ruginya malah bawa banyak banget keuntungan dan ketenangan di hidup kita.

Walaupun attitude penting, tapi jangan jadiin ini alesan juga buat gak belajar lebih lagi. “Ah, ane kan udah baik ke orang-orang, nanti kerjaan juga dateng sendiri.” terus pada akhirnya gak sama sekali menambah ilmu yang dipunya, itu salah banget! Kalau kata pepatah usaha gak akan mengkhianati hasil, berarti harus ada usahanya. Masa iya cuma tidur-tiduran, nonton film, belanja ini itu, tapi dapet kerja? Lucu juga kan.

Faktanya, di era pandemi ini, bagi sebagian orang bukan jadi gebrakan atau bom. Banyak banget yang malah ngerasa ini takdir mereka untuk nikmatin dulu hidup tanpa kerjaan atau kegiatan. “Ya, kan sekarang lagi pandemi nyari kerja juga susah” tanpa sama sekali usaha ngelamar atau nambah skill yang dipunya. Setiap orang pasti punya prinsip mereka masing-masing gimana mau ngejalanin hidup yang mereka jalanin dan itu juga hak yang diklaim setiap individu.

Bekerja gak harus dimulai dari hal yang susah kok. Kalau Agan & Sista ngerasa jenuh gini-gini aja di rumah, udah ngelakuin usaha ngelamar kesana kemari tetep aja belum ada panggilan, mungkin bisa dicoba dari hobi atau hal yang kalian suka. Misalnya kalian suka memasak, coba deh dipikir kira-kira apa ya makanan yang lagi hype banget zaman sekarang ini, terus mungkin bisa dicoba masak dan kalau rasanya udah enak boleh dijual. Apalagi kalau udah masak berkali-kali pasti bisa nambahin variasi menu baru. 

Berjualan ini juga gak perlu dalam skala besar apalagi sampe mikir “Aduh gak mau ah nanti gak laku atau gak balik modal ane yang pusing sendiri.” Bisa dimulai dari jualan ke orang terdeket, seperti temen dan bikin sosial media buat dagangan kalian. Salah satu pasar yang paling mudah dijangkau dan gak ngabisin modal untuk iklan ya, sosial media. Udah gak bisa dibohongin lagi kalau jualan secara online gak kalah sama offline. Dari foto atau video, para konsumer juga udah bisa nilai kok mau beli atau nggak.


Photo By Howtostartanllc.com

Untuk Agan & Sista yang mau kerja di kantoran atau punya target mau di kerja di spesifik perusahaan tapi belum ada titik terang, coba deh buat ngisi kesibukan yang berguna nambah hard skill kalian. Ini penting banget untuk dicantumin di curiculum vitae, tapi jangan pernah mengada-ngada sama apa yang kalian tulis di CV! Ini bakalan jadi bumerang banget buat kalian ketika dipanggil interview sama suatu perusahaan.

Pertanyaan yang dilontarin ke calon pekerja pasti gak jauh-jauh dari CV yang kita punya, tapi kalau kita aja gak ngerti apa yang kita tulis, gimana mau jawab pertanyaannya dengan baik & benar? Ada bagusnya nih kalau kalian mau nulis sesuatu usahain tau tentang apa yang ditulis, gak perlu terlalu dalem kok yang penting tau prakteknya dan jangan bohong. Lebih baik apa adanya & maksimal daripada harus cv seramai mungkin tapi pas interview kelabakan sendiri. Kita tau banget kalau sekarang ini persaingan cari kerja bukan lagi ketat tapi dempet hahaha. Siapa di masa covid 19 yang gak mau buat kerja dan dapet pemasukan?


Photo by cottonbro  from Pexels

Yang terakhir terapin mindset “Kalau gak dapet, emang bukan rezeki ane. Pasti masih ada kesempatan lainnya.” Lingkungan ane pribadi, ngajarin banget buat belajar ngeliat mana energi yang positif dan negatif. Mungkin buat sebagian orang, ditolak sana sini bisa jadi alasan buat gak berusaha lagi. Yang lebih baik adalah kalau kalian ngerasa capek dan usaha gak membuahkan hasil, coba buat istirahat dulu dan kilas balik apa yang salah dan apa yang kurang. Pelajaran apa yang harus diambil di tiap kegagalannya bukan malah nyerah apalagi nyalahin diri sendiri.

Mindset itu bukan cuma bisa diterapin di ngelamar kerja aja, tapi juga bisa di kegiatan berjualan. Gak mungkin ada yang langsung berhasil. Bahkan, tiap orang sukses juga gak mulai dari apapun yang mudah kok. Pekerja yang nyari kerja dari 0, tau banget rasanya ditolak sana sini, pergi kesana sini cuma buat dapet kerjaan. Pedagang? Gak kalah susahnya, nentuin pasar, konsumen, dan gimana cara dagangan mereka bisa laku di tengah banyak pedagang lainnya.

Yang terakhir, orang yang udah dilahirin dari keluarga mampu? Gak kalah susahnya kok buat mereka. Dari kecil pasti udah diajarin banget terus belajar biar bisa ngelanjutin usaha orang tua mereka dan harus sama berhasilnya atau bahkan lebih berhasil. Kebukti kan gak ada yang gampang? Makanya semangat terus dan jangan lupa buat berdoa dan ibadah! Kalau Agan & Sista sendiri gimana kehidupannya di masa pandemi ini? Boleh ceritain di kolom komen ya!


iskrim
c4punk1950...
c4punk1950... dan iskrim memberi reputasi
2
267
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan