Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

s3chamdaniAvatar border
TS
s3chamdani
Tradisi Nyekar Sebelum Ramadan Tiba, Saatnya Berbagi Rizki Pada Penjual Bunga



Tradisi Nyekar Sambut Ramadan


Jumpa kembali dengan thread ane gansis. Semoga gansis baik-baik, sehat dan penuh semangat juga kebahagiaan, sebelum memasuki Bulan Ramadan. Hari ini sudah masuk bulan mulia dan bulan penuh ampunan.

Berharap bulan ini adalah bulan yang benar-benar dapat menyucikan jiwa.Tentu saja semua kaum muslimin berharap Ramadannya sukses dan #RamadanBerkah, hanya saja, agar Ramadan kita bisa sukses, perlu persiapan jauh-jauh sebelumnya.

Ada tiga hal yang perlu kita miliki sebelum menjalaninya. Perlu persiapan badan supaya kuat berpuasa, persiapan jiwa yang suci dan persiapan materi supaya dapat berinfaq yang terbaik di bulan mulia.

Ada tradisi di Indonesia menjelang Ramadan yaitu nyekar. Tradisi ini sebagai salah satu bentuk persiapan untuk menyucikan hati.

Nyekar, kegiatan anggota keluarga berziarah ke makam keluarga yang sudah berpulang menghadap kepada sang kuasa. Biasanya mereka membawa bunga-bunga yang ditabur di atas makam.

Di saat seperti ini biasanya banyak penjual bunga yang berikhtiar mengais rizki di depan gerbang-gerbang makam.
Sehingga saat itu juga bisa menkadi ladang berbagi dan tebar kasih untuk para penjual bunga.

Dengan tradisi nyekar seperti ini menjadikan orang atau keluarga yang masih hidup, teringat akan kematian.


Setiap yang hidup pasti akan menghadapi kematian. Jadi, ketika ziarah seperti inilah seseorang akan berusaha bagaima bisa bersyukur masih dapat menemui #RamadanBerkah. Sehingga berusaha mengisi Ramadan dengan amalan baik sebanyak-banyaknya.

Para peziarah, selain nyekar dengan menabur bunga-bunga, mereka juga akan berdo'a, baik mendo'akan para mendiang, kadang pula berdo'a untuk dirinya. Adakalanya juga mereka membaca Al qur'an di sekitar makam.

Tradisi ini tidak hanya dilakukan sebelum Ramadan, tetapi juga dilakukan saat idul fitri tiba. Tetapi tradisi ini sebenarnya hanya dari negeri ini, bukan ajaran agama yang disyariatkan. Bahkan dahulu nabi melarangnya. Karena orang dahulu, saat berziarah kubur, mereka selalu menangis, meratap dan bersedih.

Baiklah gansis ini dulu thread tradisi Ramadan di daerah ane, apakah daerah gansis juga ada? Dengan nama yang sama ataukah berbeda? Dan dengan kegiatan yang samakah? Gansis bisa berbagi dan komentar di bawah ya ....

Wassalam, sampai jumpa di thread berikutnya.

Penulis : s3chamdani
Narasi : Oppri
Sumber gbr: google & sdh tercantum
gustiarny
triwinarti
64m64n9s
64m64n9s dan 3 lainnya memberi reputasi
4
584
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan