Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Dramblek, Tradisi Unik Bangunkan Sahur dari Dusun Destan, Ini Keseruannya!




Marahaban ya Ramadhan.

Hai Gansist, ramadhan telah tiba, sambut dengan suka cita.

Setiap ramadhan pasti ada tradisi unik yang ada hanya di bulan puasa. Salah satu adalah membangunkan sahur.

Moment sahur menjadi moment yang paling seru sekaligus mengasyikan. Kenapa? Karena di saat menjelang sahur terjadilah sebuah keseruan tradisi yang unik dalam membangunkan sahur bagi warga kampung. Yakni dengan tetabuhan dramblek.



Dramblek adalah tetabuhan membangunkan sahur dengan benda atau barang-barang seadanya. Mulai dari kentongan, galon air, ember bekas, atau malah menggunakan kaleng bekas roti. Maka dari itulah dinamakan dramblek.

Dramblek dilakukan para warga masyarakat khususnya para pemuda. Ditambah dengan anggota siskamling atau anggota perondaan. Di kampung ane masih ada jadwal ronda Gansist, ane dapat jadwal setiap malem Selasa.

Biasanya, dramblek keliling kampung ane, Destan menjelang sahur tiba, sekitar jam dua pagi. Keliling kampung sambil membunyikan atau memukul barang ala kadarnya yang dibawa tadi. Meskipun bukan alat musik pada umumnya tetapi mampu menghasilkan harmonisasi nada yang apik.



Kira-kira keliling kampung membutuhkan waktu satu jam-an. Setelah selesai barulah pulang ke rumah masing-masing untuk melakukan makan sahur sendiri-sendiri di rumah.

Itulah sebuah keseruan yang tak mungkin ditemukan di hari atau bulan lain selain bulan Ramadhan. Kegiatan yang sederhana tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. Tentunya menjadi kegiatan #BerkahRamadhan, karena hanya ada di bulan Ramadhan.

Tidak bisa dipungkiri di dalam sebuah kegiatan selalu ada yang pro dan kontra. Ada yang bilang berisik tetapi ada yang merasa diuntungkan akan kegiatan dramblek tersebut.



Gansist coba bayangkan bila telat makan sahur karena keenakan tidur, pasti puasanya menjadi kurang kusyuk dan tidak bergairah dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Tentunya, banyak momentum yang unik dan berkesan di bulan Ramadan ini. Meskipun kegiatan yang dibilang sepele tetapi ada manfaatnya dan pasti mendapat pahala dan tentunya menjadi #BerkahRamadhanyang sulit terlupakan. Gansist ada kegiatan atau tradisi unik di kampung kalian? Yuk, sharing, tentunya di kolom komentar. Aku tunggu, ya!

Spoiler for :


Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi. Sampai ketemu pada thread ane selanjutnya.

Sumber tulisan opini pribadi.
Ilustrasi, dokumentasi pribadi.


Cahayahalimah
trifatoyah
Rainbow555
Rainbow555 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
589
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan