Lupa.WaktuAvatar border
TS
Lupa.Waktu
Ngeri! Ada Bahaya Besar Hantui RI dalam Covid-19



Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan Indonesia perlu mewaspadai kenaikan kasus Covid-19 secara global. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pembelajaran bagi RI agar tidak mengalami kasus serupa.

"Jumlah kumulatif kasus positif di seluruh dunia mencapai 144,43 juta dengan jumlah meninggal 3 juta. Meski jumlah kesembuhan tinggi yakni 122 juta yang perlu diwaspadai dalam beberapa waktu terakhir adalah kasus positif harian di global naik signifikan," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Lebih rinci dia menjelaskan bahwa kasus Covid-19, sebelumnya sempat turun pada Januari hingga awal Maret. Terjadi penurunan 83% dari sebelumnya, penambahan kasus mencapai 800 ribu pada 1 Maret jadi 144 ribu. "Tetapi ini tidak bertahan lama, Minggu kedua Maret," ujarnya

Menurut dia, perjuangan menghadapi virus ini masih belum berakhir dan beberapa negara kewalahan seperti di India jumlah kasus dalam 2 bulan terakhir meningkat sangat tajam.

"Awalnya India berhasil menjaga kasus terus turun dan stabil rendah, tetapi sejak pertengahan Februari hingga hari ini kasus positif melonjak tajam dari 9000 kasus baru jadi 300 ribu kasus baru perhari, kenaikannya 30 x lipat," tegas Wiku.

Hal yang sama terjadi di Turki, dari 5000 kasus baru perhari dan melonjak pada April menjadi 60 ribu kasus baru per hari. "Sedikit berbeda dengan Brasil angka positif di Brasil belum menujukan perbaikan sejak Oktober 2020 hingga April 2021 karena kasus positif masih 50-70 rb kasus baru per hari," jelas Wiku.

Diulas lebih cermat dari data bahwa setengah dari kasus harian dunia disumbang oleh ketiga negara ini. Bahkan pada 21 April ada lonjakan 880 ribu kasus dan 450 ribu kasus disumbangkan dari India, Brasil dan Turki.

"Tren perkembangan kasus global penting diperhatikan sebagai bahan refleksi. Brasil jumlah penduduknya hampir sama dengan Indonesia. Di Indonesia sendiri sebanyak 4.000-5.000 kasus harian baru. Kalau tidak hati-hati tak menutup kemungkinan kita bisa menghadapi lonjakan kasus signifikan dan tajam. Kenaikan kasus di Indonesia berpengaruh pada kasus global," jelas Wiku.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...dalam-covid-19




Ngeri betul emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
nomorelies
G.Spot.Orgasm
samsol...
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan