tantarareviewAvatar border
TS
tantarareview
Selamat Hari Kartini
Hari Kartini, hari kelahiran seorang Pahlawan Kemerdekaan Nasional bernama Raden Ayu Kartini (RA Kartini).
Hari Kartini dilaksanakan tanggal 21 April setiap tahunnya semenjak tahun 1964
Hari Kartini, tujuannya adalah untuk menghormati dan menghargai perjuangan R.A

Siapa Itu Raden Ayu Kartini?



Raden Ayu Kartini lahir tanggal 21 April 1879 di negara Jepara, Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Beliau memiliki seorang ayah bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan seorang ibu bernama M.A. Ngasirah, beliau menikah dengan seorang laki-laki bernama Raden Adipati Joyodiningrat, beliau juga memiliki Anak-anak bernama Soesalit Djojoadhiningrat.

Beliau adalah seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik(mencakup kemampuan dalam mengolah kata, atau kemampuan menggunakan kata secara efektif baik secara lisan maupun tertulis), jelas dari artikelnya dan korespondensi yang diterbitkan dengan teman-temannya.

Meskipun ia harus meninggalkan sekolah dan diasingkan saat berusia 12 tahun, mengikuti tradisi Jawa bagi perempuan muda bangsawan di awal abad ke-20, ia tidak berhenti menimba ilmu. Tidak seperti teman-temannya, ayahnya mengizinkan dia memiliki buku dan majalah.

Kecintaannya pada buku dan sastra modern mengasah keterampilan menulisnya. Surat kepada teman-temannya mengungkapkan perasaan, pikiran, dan aspirasinya. Belakangan, ia juga menuliskan pemikirannya tentang pentingnya mendidik perempuan dan masalah sosial lainnya serta mengirimkan tulisannya ke beberapa media cetak seperti De Locomotief dan De Hollandsche Lelie.

Dia juga tertarik untuk belajar bahasa seperti Belanda, Inggris, Prancis, dan Jerman. Dalam suratnya kepada temannya Stella Zeehandelaar, dia berkata bahwa dia akan dengan antusias mempelajari lebih banyak bahasa sehingga dia bisa membaca dan mempelajari lebih banyak literatur. Dalam surat lainnya kepada Zeehandelaar, Kartini mengatakan dia mulai belajar bahasa Prancis dengan membaca buku dan koran bahasa Prancis yang ramping. Dia berjanji dia akan belajar bahasa Inggris dan Jerman selanjutnya.

Orang yang benar-benar cerdas adalah pemecah masalah, pemikir kreatif, dan pekerja yang kontribusinya bermanfaat bagi komunitasnya.

Beliau dikenal/terkenal karena perjuangannya menyangkut emansipasi wanita, emansipasi wanita memiliki arti proses pelepasan diri para wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju.

Beliau meninggal tanggal 17 September 1904 (umur 25)

Seperti yang diketahui bahwa zaman dahulu wanita sangat sulit untuk mencapai pendidikan yang layak, wanita pada zaman dahulu juga selalu di diskriminasi, hanya dianggap sebagai pemuas kaum pria.

Beliau aktif dalam menyuarakan dan berjuang untuk membela hak kaum wanita karena beliau ingin para wanita bisa memiliki kebebasan dan mandiri dalam pendidikan atau menjalani biduk rumah tangga.

Beliau selalu berjuang untuk menyamakan hak antara kaum wanita dengan kaum laki – laki, salah satunya dalam hal pendidikan. Ia berusaha mengajarkan cara membaca dan menulis bagi kaum wanita dari usia anak – anak hingga dewasa. Meskipun banyak yang menentang usahanya, R.A. Kartini tidak pernah patah semangat.


Semenjak tahun 2020, ada virus pandemi bernama Covid-19, semenjak virus Covid-19, semua orang diharuskan untuk diam dirumah, kita juga harus belajar online dirumah.

Nah karena pandemi ini, yang pastinya Hari Kartini tidak akan seperti biasanya jadi saya akan memberi tahu beberapa cara merayakan Hari Kartini dirumah

Cara Merayakan Hari Kartini

1.Donasi

Donasi adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kartini, salah satu website yang bisa digunakan untuk mendonasi adalah website Kitabisa.com

Kitabisa.com merupakan situs penggalangan dana serta donasi secara online, atau biasa disebut dengan crowdfunding. Sebab nila setitik, rusak susu sebelanga. ... Melalui situsnya sendiri, Kitabisa hanyalah platform yang digunakan untuk menggalang dana serta berdonasi secara online, atau istilah lainnya adalah crowdfunding

2.Membaca Ulang Kisah Kartini

Membaca ulang kisah kartini dan mendalaminya

3.Mengikuti Lomba 

Mengikuti lomba Spesial Hari Kartini seperti lomba puisi

4.Memakai Baju Batik

Saat beraktivitas diluar rumah pakailah baju batik, lebih bagus lagi jika perempuan memakai kebaya dengan tatanan rambut layakanya Kartini

5.Menonton Talkshow Hari Kartini

Kementrian Keuangan (Kemenkeu) akan mengadakan talkshow di youtube bernama "Kartini Pendobrak Perubahan" Jam 15:30

Link Channel Kemenkeu

6.Quality Time Bersama Ibu

Ibu adalah sosok Kartini masa kini untuk kita, misalnya makan bersama, nonton film bersama, dan lain-lain

Quote Inspiratif Kartini

1. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi!
Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

2. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

3. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba.
Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.
Diubah oleh tantarareview 20-04-2021 22:59
Rainbow555
orgbekasi67
orgbekasi67 dan Rainbow555 memberi reputasi
2
803
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan