Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kokbasi.co.idAvatar border
TS
kokbasi.co.id
Viral Jadi Sulit Ereksi karena Vaksin Sinovac, Ini Penjelasan Dokter
Jakarta - Di media sosial viral kabar penerima vaksin COVID-19 Sinovac mengalami efek samping tidak bisa ereksi alias disfungsi ereksi. Hal ini diklaim terjadi setelah pemberian dosis kedua vaksin Sinovac.

"Saya juga mengalaminya. Vaksin pertama aman. Pas vaksin kedua baru kelamin saya enggak bisa ng---ng. Kirain bukan efek dari vaksin," tulis tangkapan layar percakapan yang dibagikan salah satu pengguna Instagram.

Akun yang sama beberapa kali membagikan tangkapan layar komentar atau percakapan netizen dengan masalah serupa. Satu unggahan hingga Kamis (15/4/2021), sudah mendapat lebih dari 46.000 likes dan mengundang ribuan komentar.

Baca juga: Hoax Seputar Efek Vaksin COVID-19, Memperbesar Mr P hingga Jadi Buaya

Spesialis urologi dr Yudi Amiarno, SpU, dari RS Tarakan menjelaskan efek samping yang bisa terjadi usai vaksinasi adalah reaksi lokal dan sistemik. Artinya efek samping terjadi pada tempat penyuntikkan atau seluruh tubuh karena respons imun.

"Setahu saya tidak ada hubungannya (dengan disfungsi ereksi -red). Akibat vaksin kalau terjadi akan ke sistemik atau seluruh tubuh, tidak hanya ke satu organ," kata dr Yudi pada detikcom, Kamis (15/4/2021).

dr Yudi sendiri mengaku sampai saat ini belum pernah mendapatkan pasien dengan keluhan disfungsi ereksi akibat efek samping vaksin.

"Iya enggak ada," pungkasnya.

Penyebab disfungsi ereksi bisa berbagai hal mulai dari masalah fisik sampai psikis. Oleh karena itu bila merasa memiliki masalah ereksi sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa dicari tahu penyebabnya dan segera diobati.

"Perlu ditelusuri lebih lagi untuk memastikan. Sarankan dia ke dokter aja sambil diobati," pungkasnya.

Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Profesor Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari juga mengonfirmasi hingga saat ini tidak ada laporan efek samping disfungsi ereksi karena vaksin Sinovac.

"Tidak ada laporan gangguan ereksi yang masuk ke komnas KIPI sampai dengan hari ini," kata Prof Hinky saat dihubungi terpisah.

https://health.detik.com/berita-deti...jelasan-dokter
selldomba
scorpiolama
nomorelies
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.5K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan