AgamanyaapaAvatar border
TS
Agamanyaapa
Heboh Umroh Virtual Bertarif Rp 175 Ribu
Jakarta - Sebuah travel haji dan umroh membuka perjalanan umroh secara virtual. Penawaran itu menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Pandemi virus Corona membuat banyak perjalanan wisata virtual ke berbagai negara. Di antaranya, ke Turki, Jepang, Korea Selatan, hingga negara-negara di Eropa.

Belakangan muncul tawaran perjalanan umroh virtual pun ditawarkan. Apa sih maksudnya?

"Tidak ada pahalanya. Kami tekankan sekali lagi bahwa ini bukan praktik ibadah umroh secara virtual, tetapi kita akan menyaksikan rangkaian perjalanan umroh sehingga akan menjadi edukasi dan simulasi bagi peserta yang ingin mengetahui proses perjalanan umroh." kata salah satu tim kreatif Travel Al Dawood Barokah Utama, Sufyan Aris Saputra, kepada detikcom.



Saat dipublikasikan, banyak masyarakat yang salah mengartikan perjalanan umroh virtual. Tapi, menurut Aris, inovasi ini hanya bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta untuk berangkat ke Baitullah ketika perbatasan telah dibuka.

"Program ini dikemas dengan harapan bisa menjadi obat rindu bagi umat islam yang saat ini menanti dibukanya kembali Masjidil Haram untuk ibadah umroh secara resmi," kata Aris.

"Tentunya di dalam pemberian nama umroh virtual sudah berdasarkan latar belakang dibuatnya acara ini tanpa ada niat jelek untuk membohongi peserta. Namun, memang masih ada masyarakat yang kurang teliti membaca caption atau deskripsi yang telah kami tulis pada postingan." kata Aris.

Dalam perjalanan umroh virtual ini, peserta akan dipandu langsung oleh Tour Leader dan muthawwif yang menjelaskan rangkaian kegiatan, manasik umrah tata cara umrah hingga sejarah dari tempat-tempat yang dikunjung

"Peserta akan menyaksikan proses perjalanan umroh mulai dari keberangkatan di Jakarta, kemudian dilanjutkan city tour ke beberapa tempat di kota Madinah dan Mekkah, lalu menyaksikan praktek ibadah umroh hingga kembali lagi ke Jakarta," dia menambahkani.



Berdasarkan banner yang dipublikasikan, untuk perjalanan umroh virtual, peserta perlu membayar Rp 175 ribu dan sebagian uang pendaftaran akan didonasikan ke BAZNAS. Acara ini akan berlangsung kurang lebih selama 2,5 jam via Zoom dan dijadwalkan pada 11, 18, dan 25 April 2021.

"Biaya 175 ribu itu untuk biaya internet wifi, perlengkapan acara umroh virtual, biaya mutowif, biaya tim media yang membantu mengemas seluruh video, dan pelaksanaan teknis, UPZ," Aris menjelaskan.

https://travel.detik.com/travel-news...if-rp-175-ribu

rizqifr17
rinandya
tepsuzot
tepsuzot dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.7K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan