Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hoax BBM Langka karena Terbakarnya Kilang Minyak Balongan Indramayu, Ini Faktanya!
Benarkah BBM akan langka karena kilang minyak Balongan Indramayu terbakar?
Ini dia fakta berdasarkan penjelasan pihak PERTAMINA!


Hoax, adalah sebuah kabar atau berita bohong yang dibuat seolah-olah benar dengan berbagai opini yang menggiring publik untuk mempercayai berita tersebut. Adapun tujuannya yaitu untuk membuat keributan, menyebarkan rasa takut, membuat masyarakat bingung, tidak nyaman dan menciptakan keresahan.

Berita-berita yang semacam ini di era modern dengan kecanggihan teknologi dan media sosial, sangat mudah sekali tersebar di masyarakat.
Informasi yang simpang siur sering dipelintir oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan sebuah keuntungan pribadi. Bahkan oknum-oknum pembuat berita hoax tersebut dengan sengaja menciptakan keributan dengan menyebar luaskan kebohongan mereka di masyarakat!

Membahas tentang berita hoax, tentu kita sebagai netizen yang baik dan bijak harus tahu bagaimana cara memfilter berita-berita yang beredar di masyarakat atau media sosial dengan menjadikan diri kita sendiri sebagai #hansip hoaxagar tidak mudah termakan dan terhasut oleh berita bohong.
Dengan menjadi hansip hoax, maka kita akan ikut menjadi Pahlawan Pertahanan Fakta yang mempunyai peran penting dalam menyampaikan berita yang benar dan dapat dipercaya oleh masyarakat luas!




Masih berbicara mengenai berita Hoax, ternyata muncul berita bohong yang tersebar setelah terbakarnya kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada tanggal 29 Maret 2021 lalu GanSis.
Berita tersebut tersebar melalui pesan berantai, berisi sebuah informasi yang salah dan menakut-nakuti masyarakat akan kenaikan harga pangan sembako, kelangkaan bahan pangan serta menghasut masyarakat bahwa kebakaran kilang minyak terbesar di Asia Tenggara tersebut adalah ulah dari teroris.

Di bawah ini isi kabar hoax dari pesan berantai tersebut!


Quote:




Menjawab pesan berantai yang menakut-nakuti serta menyebabkan kegaduhan di tengah masyarakat tersebut pihak Pertamina melalui perwakilannya yaitu Bapak Agus Supriyanto selaku SVP Communication and Investor Relation PT Pertamina membantah tentang kabar tersebut.
Beliau menjelaskan bahwa stok BBM Nasional dijamin aman dan cukup.
Bapak Agus juga menjelaskan bahwa berita tersebut hoax, tidak ada korban jiwa, ledakan ataupun dampak-dampak mengerikan seperti pada pesan berantai yang tersebar di masyarakat!




Seperti yang kita lihat sekarang GanSis, nampaknya berita atau pesan berantai tersebut memang benar-benar hoax.
Sebab setelah sekitar satu minggu setelah kejadian kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, sama sekali tidak terbukti atas apa yang disampaikan dari pesan bohong yang telah tersebar di masyarakattersebut.

Jika kita membaca dengan teliti dan seksama sebenarnya dari setiap berita yang menyebarkan informasi tidak benar itu selalu ada kejanggalan GanSis.
Seperti halnya dalam pesan berantai di atas, kita dapat melihat apa tujuan di balik dibuatnya berita hoax tersebut, yaitu untuk menakut-nakuti dan juga secara tidak langsung menggiring masyarakat untuk membeli bahan bakar minyak sebanyak mungkin dan itu sudah sangat jelas memiliki tujuan untuk mencari keuntungan.
Jadi saat Agan dan Sista melihat sebuah berita dan menangkap sebuah kejanggalan dari informasi yang ada di dalamnya jangan langsung di-shareya GanSis.
Alangkah lebih baiknya Agan dan Sista mencari tahu dulu kebenaran dari berita tersebut setelah yakin baru boleh dibagikan dan di-share ke orang sekitar!

Semoga thread ini menjadi informasi yang memberikan kejelasan atas berita hoax yang beberapa waktu lalu tersebar ya GanSis.
Mudah-mudahan kita semua tidak lagi gampang termakan dengan berita bohong dan ikut berpartisipasi menjadi pahlawan pertahanan fakta 2021!

Oke, terima kasih telah singgah dan see you next thread



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi: Klik dan Klik

muyasy
s3r4hf3
NovellaHikmiHas
NovellaHikmiHas dan 22 lainnya memberi reputasi
23
3.4K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan